KENALAN DENGAN DOUBLE CLEANSING

Tuesday, May 28, 2019

Assalaamu'alaikum. Hi, everyone!

Ketika kita sudah mulai berkomitmen untuk menyentuhkan makeup ke wajah, menurutku, setiap dari kita perlu banget menerapkan double cleansing. Masih asing dengan istilah double cleansing? Tenang, aku akan bikin section khusus untuk membahas tuntas tentang double cleansing. Nah, untuk postingan kali ini, masih sekedar perkenalan, meliputi definisi, rekomendasi produk dan juga cara untuk mempraktikkan double cleansing.

APA ITU DOUBLE CLEANSING?
Double cleansing merupakan ritual membersihkan makeup dengan dua tahap, dimana tahap pertamanya adalah menggunakan pembersih makeup berbahan dasar minyak/oil atau balm. Selanjutnya, diikuti dengan tahap kedua menggunakan pembersih seperti facial wash.

Hmm, masih bingung tentang double cleansing? Ayo, lanjutkan bacanya ;)
Pembersih oil-based berfungsi untuk mengangkat kotoran berbasis minyak seperti sebum, SPF, dan polutan. Selain itu, dengan menggunakan oil-based cleansers ini akan sangat memudahkan untuk melunturkan makeup waterproof. Sebagaimana namanya, "waterproof", makeup seperti ini tidak akan bisa dibersihkan secara sempurna hanya dengan air atau pembersih yang water based (seperti facial foam biasa).

Oil-based cleansers umumnya akan memberikan rasa licin ketika dibilas dengan air. Ada beberapa orang yang merasa tidak nyaman dengan ini. Termasuk aku. Rasa licin-berminyak ini wajar karena yang namanya minyak dan air kan memang tidak bisa menyatu, sehingga air yang kita gunakan untuk membilas tidak bisa maksimal mengikat minyak dari oil-based cleansers. Oleh karena itu, tahap pembersihan berikutnya adalah dengan menggunakan bantuan water-based cleansers.

Water-based cleansers seperti facial foam atau face wash dapat mengurangi minyak berlebih, inilah prinsip dasar yang digunakan dalam peranannya sebagai second cleansers. Sisa minyak dan sedikit sisa makeup akan sangat mudah dibilas dengan air apabila sebelumnya kita menggunakan water-based cleansers. Dan nantinya, tidak akan ada lagi rasa licin berminyak di kulit wajah, karena semuanya sudah bersih terangkat sempurna ;)

REKOMENDASI PRODUK DOUBLE CLEANSING
Berdasarkan pengalaman ku setelah mencoba beberapa cleansing oil dan face wash, dua produk ternyaman dan memberikan efek yang sangaaaat bagus untuk kulitku adalah Biore Cleansing Oil dan Cetaphil gentle cleansers.
Biore Cleansing Oil untuk double cleansing

cetaphil gentle cleanser untuk double cleansing
Menurutku, kedua produk ini cocok untuk semua jenis kulit karena keduanya tidak memberikan efek kulit semakin kering atau semakin berminyak. Jadi, kelembapan kulit ada di tingkat yang pas!

Untuk review lengkap tentang produk yang aku rekomendasikan dapat dibaca di postingan blog aku sebelumnya, atau bisa langsung klik link di bawah ini.
Dan kalau kalian berminat untuk membeli produk-produk tersebut, aku merekomendasikan beli di Sociolla.com karena kalian bisa hemat Rp 50.000 dengan menggunakan kode voucher ku, yaitu SBNLAW9H saat check out (untuk transaksi min. Rp 250.000).

BAGAIMANA LANGKAH DOUBLE CLEANSING
Dua tahap utamanya, seperti yang sudah disinggung sedikit di atas, adalah aplikasikan oil-based cleansers terlebih dahulu dan selanjutnya diikuti dengan water-based cleansers. Nah, untuk detailnya adalah sebagai berikut.
  1. Pada wajah yang kering, oleskan oil-based cleansers sambil dipijat perlahan. Biasanya, bagian utama yang akan aku bersihkan adalah bagian pipi, hidung, dagu dan kening. Selanjutnya bagian mata dan terakhir bibir. Kenapa bagian mata dan bibir aku bersihkan terakhir, karena kalau lagi pakai heavy makeup bagian ini yang sangat berwarna dan aku merasa risih kalau muka ku jadi super belepotan warna hitam (dari eyeliner atau mascara) dan merah (dari lipstick). Urutan mana yang dibersihkan terlebih dahulu, dapat disesuaikan dengan kenyamanan kalian, nggak harus mengikuti urutanku, ya!
  2. Bilas dengan air sampai mayoritas minyak sudah luruh.
  3. Pada wajah yang telah dibasahi, aplikasikan water-based cleansers. Karena water-based cleansers bermacam-macam tipenya maka silahkan aplikasikan sesuai dengan aturan cara pakai yang tertera pada kemasan cleanser yang kalian gunakan. Kalau facial foam, umumnya dibusakan terlebih dahulu lalu busanya dipijatkan ke wajah. Sedangkan untuk gentle wash yang tidak ada busa/foam-nya, dapat langsung dipijatkan ke wajah.
  4. Bilas dengan air hingga bersih.
Mungkin awalnya akan terasa ribet, apalagi bagi teman-teman yang terbiasa hanya membersihkan dengan micellar water lalu tidur hehe. Tapi, cobain deh, rasanya beda banget loh. Kulit menjadi lebih terlihat sehat, kenyal, lembap, dan pastinya ketika kulit sudah benar-benar bersih, skin care yang kita pakai berikutnya akan lebih bisa bekerja maksimal, sehingga masalah-masalah kulit yang sedang dihadapi dapat lebih cepat terselesaikan.

Nah, kalau dari teman-teman ada yang mau ditanyakan tentang double cleansing, boleh banget untuk meninggalkan pertanyaan di kolom komentar. Nanti, pertanyaan teman-teman akan aku bahas di section berikutnya.
***
Well, this is the end of my blog post today. Thank you so much for reading until the end and see you in my next post!

Oh! Don't forget to follow my blog:
GFC (you can click "join this site")
Instagram: @vidazenitha
Facebook: Vida Zenitha

Thank you!
Wassalam.

You Might Also Like

1 comments

  1. Step skincare favorit aku banget double cleansing tuh <3 Rasanya satisfying banget lihat kotoran luruh semua hihi

    ReplyDelete

PART OF INDONESIAN HIJAB BLOGGER

PART OF INDONESIAN FEMALE BLOGGERS

https://www.facebook.com/groups/1949767178581022/

PART OF BLOGGER PEREMPUAN

Blogger Perempuan

Subscribe