Ini Cara agar Tidak Kehabisan Ide | Social Media Content Planner Free Printable

Monday, August 02, 2021

Hi, everyone! Kafein bikin aku nggak bisa tidur semalaman, padahal nggak ada niat untuk begadang. Dan di momen seperti itu biasanya ide satu per-satu bermunculan. Nah, spontan aja langsung bikin template untuk social media content planner. Sebenarnya sudah ada aplikasi seperti Trello, Planoly, dan lain-lain yang bisa digunakan sebagai social media content planner, tapi menurutku aplikasi itu lebih cocok untuk eksekusi ide yang siap dijadwalkan.

ini cara agar tidak kehabisan ide
Image by rawpixel.com

Template yang akan aku bagikan kali ini lebih cenderung untuk mencatat dan mengelompokkan ide-ide yang terkadang suka sekelebat bermunculan. Menggunakan social media content planner merupakan salah satu cara agar tidak kehabisan ide untuk menghasilkan konten-konten yang segar. Oke, langsung saja aku jelaskan bagian-bagian dari template konten sosial media yang aku buat.

1. Content Calendar

Awalnya aku menggunakan Trello (untuk konten blog) dan Planoly (untuk konten instagram), tapi terkadang stuck saat aku belum punya stok foto/konten. Pada content calendar ini manfaat utamanya adalah menyematkan gambar inspirasi. Biasanya aku cari inspirasi dari pinterest.

Selain itu, content calendar ini bertujuan untuk menjadwalkan kira-kira dalam waktu 1-2 minggu bahkan dalam 1 bulan akan bikin konten apa saja dan bagaimana urutan penjadwalannya. Sehingga nanti saat akan take photo/video sudah tau harus apa aja yang disiapkan dan bisa untuk stok konten di beberapa waktu ke depan.

2. Content Ideas

Ide-ide random yang sering bermunculan bisa terarsipkan dengan baik di bagian content ideas dan bisa dituliskan berdasarkan topik atau kategori. Hal ini penting karena untuk menjaga konsistensi niche dan memudahkan untuk mem-breakdown satu ide besar ke hal yang lebih spesifik. Cara ini ampuh banget menghindarkan kita dari buntu sumber inspirasi.

3. Inspiration

Instagram memiliki feature save dan website/blog juga bisa di-bookmark. Namun seringkali ketika kita mau menelusuri ulang, justru kebingungan! Oleh karena itu pada bagian inspiration ini aku buat detail yang mencakup nama akun, URL dan sisa kolom yang luas untuk menuliskan keterangan, seperti "apa sih inspirasi yang ingin di re-create atau diadaptasi atau mungkin dikembangkan lagi".

4. Cover

Last but not least adalah bagian depan yang bisa kalian sesuaikan menulis nama bulan. Jadi, desain template ini akan long lasting, kapan pun dibutuhkan bisa tetap digunakan. Nggak perlu buang waktu lagi untuk mencari template planner  di setiap bulan. Bisa lebih fokus untuk produktif menghasilkan konten menarik dan berkualitas!

Aku membuat dua template yaitu untuk instagram dan blog karena dalam bulan Agustus ini target utamaku adalah meningkatkan insight di dua platform tersebut. Template planner ini sangat memudahkan bagi pemilik tablet android maupun ios karena tersedia dalam file pdf dan jpg. Bagi pengguna tablet android (aku pribadi pengguna Samsung Galaxy Tab S6 Lite) template Social Media Content Planner dapat diakses menggunakan Samsung Note, atau menggunakan aplikasi Xodo.

Setiap planner bersifat personal, maka dari itu aku juga menyertakan file gambar (.jpg) yang terpisah. Namun, jika sudah merasa sangat cocok, bisa langsung download Social Media Content Planner dalam format pdf. Semoga planner yang sederhana ini dapat membantu teman-teman content creator -khususnya pemula- terhindar dari kehabisan ide, ya!


Free Download: Social Media Content Planner size A4      pdf filejpg files

Free Download: Social Media Content Planner size A5      pdf file |  jpg files


Free Digital and Printable Social Media Content Planner Blogging      Free Digital and Printable Instagram Content Planner


Yes! Finally, this is the end of my blog post today. Thank you so much for reading until the end and see you in my next post!

Oh! Don't forget to follow my blog:
GFC (you can click "join this site")

Instagram: @vidazenitha
Facebook: Vida Zenitha

Thank you!

You Might Also Like

0 comments

PART OF INDONESIAN HIJAB BLOGGER

PART OF INDONESIAN FEMALE BLOGGERS

https://www.facebook.com/groups/1949767178581022/

PART OF BLOGGER PEREMPUAN

Blogger Perempuan

Subscribe