Review Sukin Natural Deodorant Fresh Cotton

Monday, August 09, 2021

Hi, everyone! Kandungan Alumunium dalam deodoran masih merupakan kontroversi hingga saat ini. Hampir di setiap supermarket atau minimarket dan toserba lokal, semua deodoran/antiperspirant yang dijual mengandung alumunium, dan telah memiliki izin BPOM. Nggak apa-apa dan aku yakin memang sudah teruji aman. Tapi, pasti ada sebagian orang yang concern menghindari bahan-bahan kontroversi. Aku pun begitu, setelah membaca rekomendasi natural deodorant. Well, kali ini aku akan review deodorant Sukin yang Fresh Cotton. Adapun dua varian lainnya adalah signature dan ocean mist yang keduanya belum pernah aku coba, jadi dalam review ini aku tidak membandingkan dengan varian lainnya.

review sukin deodorant fresh cotton

Sukin Natural Deodorant - Fresh Cotton
Harga normal: IDR 99.000 (netto 125 mL)
Harga beli saat diskon: IDR 89.000 (netto 125 mL)
Beli di Sociolla.com
Diimpor dan didistribusikan oleh PT. Social Bella Indonesia (Sociolla)

KEMASAN

Deodorant yang harganya relatif tidak affordable ini dikemas secara simple, yaitu berupa botol spray gelap dalam ukuran 125 mL. Tidak ada kemasan box luar, hanya tersegel dengan mika plastik yang menyelimuti botol. Aku tidak ada masalah dengan tampilan yang begitu sederhana, hanya saja kualitas botol spray-nya tidak cukup baik.



Seringkali ketika aku ingin menyemprotkan deodoran, pompa spray gagal untuk mengeluarkan produknya. Oke deh kalau gagal gak keluar produknya, sayangnya, berdasarkan pengalamanku, produknya tetap keluar namun dengan cara "ngerembes" dari leher botol.

Saat botol ditutup, tetap bisa ngerembes karena ternyata bagian leher spraynya itu ada ruang yang tidak rapat, makanya cairan jadi bisa keluar juga apabila posisi botol tidak sengaja terbalik. Kalian bisa lihat bagaimana produknya keluar ngerembes dari leher botol seperti pada gambar.

Hal ini tentu sangat membuatku tidak nyaman. Produknya keluar membasahi tangan dan cenderung akan terbuang sia-sia. Alhasil, deodorannya akan semakin cepat habis. Selain itu, bisa dikatakan bahwa kemasan Sukin Deodorant tidak travel friendly karena rawan bocor, padahal ukuran kemasannya pas, tidak terlalu besar karena hanya berisi 125 mL.

INGREDIENTS

Water (Aqua), Aloe barbadensis leaf juice, alcohol denat., zinc phenolsulfonate, ceteareth-20, urtica dioca (Nettle) leaf extract, Arctium lappa root extract (Burdock), equisetum arvense extract (Horsetail), Vanilla planifolia fruit extract, glycerin, citric acid, phenoxyethanol, benzyl alcohol, fragrance (parfum)*, amyl cinnamal**, citronellol**, limonene**, linalool**.
*natural fragrance, **component of natural fragrance



DESKRIPSI PRODUK

Our Aluminium Free Deodorant provides a natural option for preventing unwanted odour. With a blend of Aloe Vera, Burdock, and Nettle Extracts helps to cool and soothe skin, while Zinc Phenolsulfonate helps to prevent bacteria growth. We combine crisp natural fragrances of powdery Cotton, Lily, Jasmine & Cedarwood to leave you feeling clean and refreshed.

Naturally created with:
No petrolatum / mineral oils
No synthetic fragrances
No animal derivatives
No artificial colours
No harsh detergents
No propylene glycol
No MEA / DEA / TEA
No phthalates
No triclosan
No sulphates
No parabens
No silicones
No EDTA

Application: Spray deodorant onto body and under arms when required. Semprotkan pada ketiak setelah mandi atau setiap saat diperlukan.

Caution: Avoid contact with eyes. Do not use after shaving, on broken or irritated skin. If irritation occurs rinse immediately and discontinue use. We recommend patch testing. For external use only.

Label: Natural ingredients; Vegan; Australian made; Cruelty-free

TEKSTUR DAN AROMA

Teksturnya cair seperti air, karena memang di ingredients utamanya adalah water (aqua). Jadi, pasti ketiak akan terasa sangat basah di awal. Biasanya aku spray 2-3 kali /per ketiak. Untuk menunggu kering butuh waktu 3-5 menit (biar cepat kering aku anginkan pakai mini fan) hahahaha. Varian aroma fresh cotton juga sesuai dengan klaim deskripsi produk, yaitu membuatku merasa clean and refreshed.

REVIEW PEMAKAIAN SUKIN DEODORANT FRESH COTTON

Semenjak memulai waxing ketiak, aku merasakan kekhawatiran jika masih menggunakan deodoran yang mengandung alumunium. Kenapa? Karena ketika waxing seluruh bulu halus akan tercabut hingga akarnya dan tumbuh lagi lebih lama dibandingkan jika shaving biasa. Bulu halus memiliki tugas untuk menghalangi zat asin berbahaya masuk ke tubuh.

Dengan penjelasan dari deskripsi produk dan juga detail ingredients yang terlampir, aku merasa lebih tenang saat menggunakan deodoran. Selain itu, deodoran Sukin juga mampu mencegah timbulnya aroma tidak sedap atau bau badan, sesuai dengan klaimnya. Hal ini karena adanya kandungan Zinc Phenolsulfonate si pencegah pertumbuhan bakteri yang merupakan penyebab bau badan.

Biasanya, deodorant selalu berkaitan juga dengan antiperspirant sebagai klaim bahwa si produk mampu mengurangi keringat berlebih, namun Sukin memberi label produknya sebagai Natural Deodorant. Tidak ada disebut antiperspirant. Jadi, ketika kegiatan sedang rempong atau cuaca gerah, wajar banget kalau ketiak basah. Jujur, agak risih dan malu sih ya kalau sedang interaksi/berkegiatan di luar. Inilah dilema terbesar saat mulai beralih meninggalkan deodorant/antiperspirant yang umum dijual di pasaran selama ini. Padahal keringat berlebih di kondisi tertentu merupakan respon tubuh yang normal loh!

Selain membahas tentang keampuhan mencegah bau badan dan keringat berlebih, aku juga mau membahas tentang PAO (periode after opening). PAO deodoran SUKIN ternyata sangat cepat yaitu 6 bulan. Jadi, setelah 6 bulan dibuka, maka produk ini dianjurkan untuk tidak digunakan lagi. PAO yang sangat cepat ini membuat aku berpikir ulang untuk membeli deodorant Sukin di saat pandemi. Harga relatif mahal tapi jadi jarang dipakai karena banyak kegiatan yang hanya dilakukan secara online. Intinya interaksi dengan orang lain sangat jauh berkurang. Sedangkan kalau di rumah saja, aku tidak menggunakan deodorant karena memang aku bukan orang yang cepat mudah berkeringat dan bau badan.

KESIMPULAN

Aku suka dengan Sukin Deodorant Fresh Cotton karena mampu mencegah bau badan dan memiliki aroma soft yang menyegarkan. Selain itu produk ini didominasi oleh natural ingredients, membuat aku merasa lebih aman untuk menggunakan deodorant. Lebih detail tentang kandungan deodorant akan aku bahas di postingan berbeda ya! Kalian bisa menemukannya di label tag ingredients.

Untuk pembelian deodoran Sukin, bisa melalui Sociolla dan official store Sukin di e-commerce lainnya. Tapi, aku pribadi lebih suka beli di Sociolla karena bisa sekalian belanja produk lain yang beda brand. Maklum, masih perhitungan masalah ongkos kirim hahaha. Sociolla juga sering ada promo gratis ongkos kirim! Kalau tertarik belanja di Sociolla.com bisa pakai kode voucher SBNLAW9H saat check out untuk mendapatkan potongan harga Rp 50.000,-


Yes! Finally, this is the end of my blog post today. Thank you so much for reading until the end and see you in my next post!

Oh! Don't forget to follow my blog:
GFC (you can click "join this site")

Instagram: @vidazenitha
Facebook: Vida Zenitha

Thank you!

You Might Also Like

0 comments

PART OF INDONESIAN HIJAB BLOGGER

PART OF INDONESIAN FEMALE BLOGGERS

https://www.facebook.com/groups/1949767178581022/

PART OF BLOGGER PEREMPUAN

Blogger Perempuan

Subscribe