Review Garnier Body Lotion Sakura White Whitening Serum Milk UV

Saturday, July 31, 2021

Hi everyone! Pekerjaan rumah seperti mencuci pakaian dan mencuci piring merupakan faktor utama kulit tanganku kering. Belum lagi penggunaan gloves selama kurang lebih 7 jam karena pekerjaan laboratorium. Kulit tanganku bukan hanya kering, tapi sampai tampak dan terasa kisut (mengkerut). Masalah kulit inilah yang mengantarkanku untuk mencoba dan menuliskan review Garnier Body Lotion Sakura White Whitening Serum Milk UV sekarang.

Review Garnier Body Lotion Sakura White Whitening Serum Milk UV

***
Harga normal: IDR 85.000 (netto 400 mL) bundle with hand cream 50 mL
Harga beli saat diskon: IDR 50.940 (netto 400 mL) bundle with hand cream 50 mL
Beli di official store di Tokopedia 
Didistribusi oleh: PT L'Oreal Indonesia
Official website: garnier.co.id | Instagram: @garnierindonesia

***

Kemasan Body Lotion Garnier

Garnier Body Lotion Sakura White Whitening Serum Milk UV dikemas dalam botol besar berukuran 400 mL yang didominasi dengan warna soft pink, seperti strawberry milk. My favourite color! Ukuran kemasan yang besar, isi produk yang banyak, dan terdapat pump untuk mengeluarkan produknya membuat body lotion Garnier ini sangat cocok untuk stok di kamar. Dengan begitu, aku selalu ingat untuk pakai body lotion setelah mandi!

Untuk bepergian, tentunya kemasan body lotion yang 400 mL ini sangat tidak travel friendly karena akan sangat makan tempat! Tapi, kalau mau bepergian dalam waktu yang lama, misal 2 minggu atau sebulan, kemasan body lotion Garnier ini bisa aman ikut dibawa karena ada fitur lock pada pump.

Untuk kegiatan sehari-hari aku hanya akan membawa hand cream yang aku dapatkan sebagai bundling dengan si body lotion Garnier Sakura White ini. Kemasan Garnier Sakura White Moisturizing Hand Cream (50 mL) walaupun kecil tetapi menurutku agak bulky karena bagian tutupnya besar. Aku lebih suka kemasan tube yang ramping karena akan lebih ringkas saat dibawa bepergian.

Pada blogpost ini, aku hanya akan fokus membahas body lotion ya! Review singkat hand cream: berfungsi melembabkan dengan baik kok, dan memang tidak ada klaim lain selain tentang melembabkan.

Ingredients (body lotion): Aqua/water, glycerin, alcohol denat., paraffinum liquidium/mineral oil, cetearyl  alcohol, PEG-100 stearate, CI 14700 / Red 4, CI 77891 / Titanium dioxide, stearic acid, geraniol, carbomer, glyceryl stearate, dimethicone, parfum/fragrance, sodium hydroxide, myristic acid, palmitic acid, phenoxyethanol, prunus yedoensis leaf extract, octocrylene, limonene, tetrasodium EDTA, capryloyl salicylic acid, citronellol, anise alcohol, butyl methoxydibenzoylmethane, butylene glycol, hexyl cinnamal, benzyl alcohol (F.I.L C222684/1).

*prunus yedoensis leaf extract merupakan ekstrak dari daun bunga sakura. For know more about this ingredients, check the article from Ichimaru Pharcos Co., Ltd. and you'll find in introduction section.

Deskripsi Produk

  • Whitening Serum Milk UV Body Lotion pertama dari Garnier yang diperkaya dengan ekstrak sakura dari Jepang untuk kulit yang cerah, halus & glowing.
  • Aksi mencerahkan kulit tampak dalam 1 minggu!* (*Whitening Serum Milk UV Body Lotion pertama dari Garnier yang cerahkan kulitmu dalam 1 minggu!)
  • Formulanya cepat meresap & tidak lengket, kulit terasa halus, lembut & lembab/terawat sepanjang hari.
  • Dilengkapi dengan UVA/UVB Filters yang dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari.
Cara pemakaian: Aplikasikan di seluruh tubuh dengan merata, tidak untuk dipakai di kulit wajah.

Aroma dan Tekstur

Aroma bunga-bungaan yang sangat lembut membuat experience selama pemakaian jadi menyenangkan dan menenangkan. Warna produk body lotion ini adalah soft pink. Baik body lotion maupun hand cream sama-sama merupakan lotion yang terasa thick, namun tetap mudah diserap oleh kulit.

Review Garnier Body Lotion Sakura White

Sayangnya, ketika kulit terkena air maka akan terasa licin bahkan setelah 4 jam pemakaian. Hal ini dikarenakan pada keduanya sama-sama mengandung paraffinum liquidium/mineral oil pada ingredients. Paraffinum liquidium merupakan mineral oil yang terkenal dapat membuat kulit menjadi halus dan lembab.

Mineral oil sering dipertanyakan keamanannya dalam sebuah beauty product. Untuk hal ini L'Oreal telah memberikan penjelasan bahwa kandungan mineral oil yang ada dalam produk-produk L'Oreal adalah aman. L'Oreal hanya menggunakan mineral oil berkualitas tinggi yang sesuai dengan pharmaceutical and food grade. Mineral oil ini memiliki tingkat kemurnian yang tinggi dan aman untuk kulit [1].

Paraffinum liquidium juga memiliki peran sebagai skin conditioning agent-occlusive [2]. Fungsinya yaitu, memberikan lapisan pelindung untuk mencegah berkurangnya kadar air atau dengan kata lain sebagai "pengunci kelembaban". Occlusive umumnya memiliki tekstur yang berat dan greasy sehingga akan memberikan kesan yang kurang nyaman [3]. Namun, dalam body lotion Garnier Sakura White ini occlusive dikombinasikan dengan emollient non-occlusive sehingga tidak terasa greasy, tetap nyaman. Tapi, tidak bisa dipungkiri bahwa apabila terkena air, kulit akan terasa licin. Bisa dibayangkan kalau habis makan gorengan langsung dengan tangan, saat mencuci tangan pasti akan terasa licin. Yap, begitu juga ketika mineral oil terkena air.

Apakah Garnier Body Lotion Sakura White terbukti mencerahkan kulit dalam 1 minggu?

Tidak, berdasarkan pengalamanku pribadi ya! Tapi, produk ini dapat dengan baik memperbaiki tekstur kulit kering dalam waktu 1 minggu. Kulit terlihat menjadi sehat dan segar. Nggak ada kisut! Oia, biar nggak salah tafsir, kisut yang aku maksud bukan keriput seperti kulit wanita di usia 70an ya! Kisutnya itu disebabkan mencuci pakaian dengan tangan. Air cucian yang mengandung deterjen inilah yang akan bikin kulit ku kisut-mengkerut. (Fyi, selama di kost aku merendam cucianku terlebih dahulu sebelum digiling dan dikeringkan dalam mesin cuci. Ini kasusnya mesin cuci teknologi lama ya, beda sama yang di rumah tinggal pencet tombol doang. iyaah, malah curhat hahahaha).

Efek mencerahkan akan terlihat setelah lebih dari satu bulan pemakaian, aku nggak teliti tepatnya. Intinya ya harus mau telaten pakai dan jangan terlalu lama terpapar matahari langsung!

Apakah UV Protectionnya cukup melindungi dari paparan sinar matahari?

Agak sulit untuk bilang, iya! Karena kulitku tetap belang ketika terkena matahari langsung. Padahal hanya jalan kaki selama 10 menit bolak-balik kost-warung untuk beli sayur atau beli lauk (keliatan kayak anak kost yg lagi berhemat banget ya hahahaha), dan sudah ada cap belang dari sandal walaupun samar.  Jadi, tetap disarankan menggunakan pelindung seperti kaos kaki atau kaos tangan semisal menyetir motor di siang hari. Ohiya, pada deskripsi produk memang tidak tertulis nilai SPF-nya ya. Berikut ini profil ingredients yang berfungsi sebagai sunscreen (dari analisis ingredients di cosdna.com)

Penilaian Akhir

Secara keseluruhan, walaupun Garnier Body Lotion memiliki kekurangan seperti terasa licin ketika kulit terkena air,  tetap menyebabkan belang ketika terpapar matahari langsung dalam waktu singkat, namun aku tetap suka dan kemungkinan besar akan repurchase.

Harga Garnier Body Lotion Sakura White relatif murah untuk produk sebanyak 400 mL, yaitu Rp. 50.000 (kalau dapat harga promo dan gratis ongkos kirim). Kemasannya yang besar dan dilengkapi dengan pump membuat aku yang sering lupa pakai body lotion jadi teringat dan nggak malas karena sangat praktis mengeluarkan produknya.

Anyway, aku masih bisa mentolerir rasa licin di kulit ketika terkena air, karena kebanyakan body lotion juga begitu, dan aku lebih mengutamakan efek melembabkannya, harga yang terjangkau, kemasan besar dengan pump, dan juga kemudahan untuk didapat. Aku pernah pakai body lotion Scarlett namun sayangnya tidak ampuh melembabkan kulit kisut akibat terkena air deterjen.

Baca juga:
Body Care Routine

Aku belum terpikir untuk ganti ke brand lain karena Garnier Sakura White Whitening Serum Milk UV Body Lotion merupakan produk ideal standar untuk body lotion menurutku. Tapi, sebagai beauty blogger, tentunya aku akan berusaha untuk menyajikan review body lotion dari brand lain juga! Mungkin teman-teman punya rekomendasi body lotion dengan harga terjangkau dan kemasan pump? Please, let me know :)

***
Yes! Finally, this is the end of my blog post today. Thank you so much for reading until the end and see you in my next post!

Oh! Don't forget to follow my blog:
GFC (you can click "join this site")

Instagram: @vidazenitha
Facebook: Vida Zenitha

Thank you!

You Might Also Like

0 comments

PART OF INDONESIAN HIJAB BLOGGER

PART OF INDONESIAN FEMALE BLOGGERS

https://www.facebook.com/groups/1949767178581022/

PART OF BLOGGER PEREMPUAN

Blogger Perempuan

Subscribe