REVIEW DEAR ME BEAUTY 30 SECONDS MELTAWAY BALM

Sunday, July 11, 2021

Hi, everyone! Sudah bertahun-tahun aku selalu melakukan double cleansing. Metode ini benar-benar membuat kulit wajah ku selalu terawat dengan baik karena wajah yang bersih akan maksimal untuk menyerap skincare. Masih belum tertarik mencoba double cleansing? Coba deh lirik Dear Me Beauty 30 Seconds Meltaway Balm. Salah satu produk first cleanser yang sangat aku rekomendasikan. Packaging terbaik, konsistensi balm terbaik, isi produk banyak, harga sering diskon di Sociolla, kualitas membersihkan pun oke banget! Eh, kok jadi bocor di awal nih reviewnya?! Nah, lebih lengkapnya yuk kupas bareng-bareng di review kali ini ;)


***
Dear Me Beauty 30 Seconds Meltaway Balm
Harga normal: IDR 149.000 (netto 100 g)
Harga beli saat diskon: IDR 89.400 s/d IDR 104.300 (netto 100 g)
Diproduksi oleh Shanghai Ayara Cosmetics Co., Ltd. Prc, untuk PT. Garland Cantik Indonesia
Official website | Instagram: dearmebeauty.com | @dearmebeauty
***

KEMASAN
Cleansing balm Dear Me Beauty dilengkapi dengan kartun box yang bernuansa pink-peach. Kemasan luar ini dilengkapi dengan seal sebagai tanda bahwa produk belum pernah dibuka. Pada kemasan kartun box terdapat informasi tentang cara pemakaian, ingredients, klaim produk dan juga nama varian. Nah, untuk varian yang aku pilih adalah Peach. Selain itu, ada juga varian Honey.

Di dalam kemasan karton, kita akan mendapatkan kemasan utama yang berupa jar berbahan plastik berwarna peachy-orange. Aku suka dengan konsep jar yang diterapkan oleh Dear Me Beauty karena dirancang dengan mengutamakan "fungsi" dan ternyata dari segi estetika pun nggak kalah elegan, kok! Coba deh perhatikan bagian tutup jar dari cleansing balm Dear Me Beauty.

cleansing balm dear me beauty

Satu tutup untuk dua fungsi. Fungsi pertama sebagai tempat menyimpan spatula, supaya nggak gampang tercecer atau hilang nantinya, dan bisa menjaga kehigienisan spatula juga. Kemudian fungsi kedua sebagai pelindung produk utamanya, dapat dibuka dengan cara diputar. Kemasan jar yang fungsional dan elegan ini tentunya menjadi nilai lebih saat digunakan sehari-hari maupun dibawa bepergian. Nggak rempong nyari spatula terselip gitu loh?!

TEKSTUR & AROMA
Tekstur. Seperti cleansing balm pada umumnya, Dear Me Beauty juga memiliki tekstur balm yang padat diawal namun mudah meleleh ketika terkena suhu tubuh. Balm yang meleleh akan berubah menjadi oil yang nantinya akan mengikat/ bercampur dengan sisa makeup dan kemudian apabila dibilas dengan air maka sisa makeup dan kotoran yang terperangkap dalam minyak/ oil akan teremulsi (ditandai dengan terbentuknya warna air yang keruh/putih susu yang artinya bahwa sisa makeup dan kotoran ikut luruh bersama air.

texture cleansing balm dear me beauty oil based cleanser

Aroma. Jujur, aku belum pernah makan buah peach sehingga tidak tau persis bagaimana aroma dari buah peach. Jadi, aku nggak bisa mendeskripsikan apakah Cleansing Balm Dear Me Beauty memiliki aroma yang sesuai dengan namanya "peach"?! Well, kalau kalian pernah coba fanbo cleansing balm yang varian pink, nah aromanya mirip banget! Tapi yang dear me memiliki aroma lebih soft. Jadi, tentu aku lebih suka aroma dari cleansing balm Dear Me Beauty.

DESKRIPSI PRODUK
klik pada gambar untuk detail
deskripsi produk cleangsing balm 30 seconds meltaway Dear Me Beauty

REVIEW
1. Uji kemampuan menghapus make up
Pengujian dilakukan dengan mencoba menghapus beberapa produk: Foundation, mascara, eyeliner dan lip cream. Produk-produk ini dipilih karena umumnya sulit untuk dibersihkan oleh micellar water biasa.


Kemampuan menghapus makeup secara keseluruhan sudah sangat baik. Foundation yang claimnya long lasting dan juga  eyeliner yang waterproof dan smudgeproof dapat bersih dengan sempurna. Jadi, tanpa facial foam pun, bekas makeup sudah bersih sempurna. I highly recommend this product. Walaupun begitu, karena sudah terbiasa dengan metode double cleansing, maka tetap saja aku lanjutkan dengan facial foam. Sayang juga kan kalau ada facial foam tapi dianggurin?!

2. Efek blurry
Setiap produk cleansing balm atau cleansing oil akan selalu memiliki kemungkinan menyebabkan efek blurry. Kenapa? Karena semua produk cleansing balm maupun cleansing oil mengandung zat pengemulsi. Pengemulsi (emulsifier) yang tertera pada ingredients  produk ini berupa PEG-12 diisostearate dan PEG-20 glyceryl triisostearate. Pengemulsi merupakan zat/senyawa yang dapat mencampurkan 2 senyawa yang berbeda fase/karakteristiknya seperti minyak (non-polar) dan air (polar). Emulsi berasal dari kata "emulgeo" yang artinya menyerupai susu (warna emulsi memang putih seperti susu). Nah, minyak yang juga mengangkat kotoran makeup apabila dibilas dgn air akan mengalami emulsi, inilah yang menyebabkan selalu ada kemungkinan terjadi efek blurry pada setiap penggunaan produk cleansing balm dan cleansing oil.


Seperti yang selalu aku tulis di setiap review produk cleansing balm atau cleansing oil, efek blurry dapat dihindari dengan cara: tidak membuka mata sebelum benar-benar bagian mata terbilas bersih (tidak terasa ada sisa minyak).

3. Penilaian terhadap klaim dari deskripsi produk
Gently remove dirt and makeup, YES! Lightweight balm-to-liquid texture and easy to rinse off with water, YES! Clean, non-drying formula, YES! Setelah dibilas, kulit terasa fresh, dewy, dan terhidrasi, YA!! Ada perbedaan dari cleansing balm atau cleansing oil lain yang sudah pernah aku coba. Dengan Dear Me Beauty 30 Seconds Meltaway Balm kulit menjadi terasa lebih halus setelah dibilas seolah-olah ada yang melapisi. Awalnya aku was-was apa mungkin efek dari rasa minyak yang masih tertinggal (berarti masih ada kotoran yang tertinggal dong?). Tapi ternyata enggak loh, nggak ada sisa makeup karena saat aku coba bersihkan lagi dengan micellar water, kapas tetap terlihat bersih. Jadi, klaim "...cleanse makeup on your skin without stripping its natural oil..." juga terbukti!

Kulit terasa halus setelah dibilas, seolah-olah menggunakan primer makeup yang silicon based, ini disebabkan karena kandungan Ethylhexyl Palmitate yang merupakan emollient. Dalam ingredients, emollient lain yang juga digunakan adalah tridecyl isononanoate, cetyl ethylhexanoate, dan caprylyl clycol. Emollient merupakan zat yang dapat berfungsi untuk memberikan kelembaban dan melembutkan kulit [1]. Emollient dapat membuat kulit tampak halus dan terasa lembut sehingga sangat baik digunakan oleh pemilik kulit kering, kasar, dan/atau bersisik [2]Ethylhexyl Palmitate yang berada pada urutan pertama dari daftar ingredients, merupakan emollient yang bersifat non-oklusif. Artinya, tidak membentuk lapisan pada permukaan kulit. Bahan ini sering digunakan sebagai pengganti organik untuk silicone, karena memberikan efek halus seperti ketika produk kecantikan mengandung bahan silicone [2].

KESIMPULAN
Secara keseluruhan aku sangat suka dengan produk ini. Ketika semua sisa makeup dan kotoran di wajah hilang, kulit menjadi lebih bersih dan nggak mudah muncul komedo. Skincare berikutnya pun jadi lebih maksimal untuk bekerja.

Aku belum menemukan hal apa yang aku tidak suka. Oh! Mungkin dari segi kemasan, agak bulky karena memuat produk dengan netto 100 g. Sehingga apabila ingin dibawa bepergian akan makan tempat. Tapi di kondisi pandemi covid-19 seperti sekarang yang mana bepergian keluar kota dan mudik pun sulit, maka poin kemasan bulky sangat tidak masalah. Justru menurutku, dengan isi produk yang banyak, aku nggak perlu bolak-balik beli, apalagi produk ini lebih mudah untuk didapatkan secara online.

Harga yang ditawarkan untuk isi 100 g menurutku sudah cukup terjangkau (terutama saat diskon dan ini tuh sering banget loh diskon). Bisa juga menggunakan kode voucher SBNLAW9H untuk mendapatkan potongan harga.


Dear Me Beauty Cleansing Balm ini mungkin akan habis dalam rentang waktu 4-5 bulan lebih. Tapi, sudah 7 bulan pemakaian, cleansing balm-ku belum habis. Karena saat aku mencoba ini di masa pandemi aku jarang dandan atau pakai makeup, jarang keluar rumah dan belakangan ini tidak begitu aktif membuat konten karena sedang fokus untuk persiapan sidang tesis. Jadi memang jarang melakukan double cleansing, hanya pakai facial foam saja. Anyway, Alhamdulillah sekarang studi ku sudah selesai. Semoga setelah ini akan lebih sering bikin konten supaya cleansing balm ini cepat habis dan bisa nyobain cleanser lainnya ya?!

***
Yes! Finally, this is the end of my blog post today. Thank you so much for reading until the end and see you in my next post!

Oh! Don't forget to follow my blog:
GFC (you can click "join this site")

Instagram: @vidazenitha
Facebook: Vida Zenitha

Thank you!

You Might Also Like

3 comments

  1. I'd love to try this, a lip cleanse is a must too.
    You look beautiful!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, thank you for your compliment. Fyi, this is Indonesia's local brand. I don't know if it can worldwide shipping. But this one is my favourite cleansing balm, how about you?

      Delete
  2. I love a cleansing balm and this one sounds wonderful! The packaging is so pretty too!

    Jill - Doused in Pink

    ReplyDelete

PART OF INDONESIAN HIJAB BLOGGER

PART OF INDONESIAN FEMALE BLOGGERS

https://www.facebook.com/groups/1949767178581022/

PART OF BLOGGER PEREMPUAN

Blogger Perempuan

Subscribe