3 TIPS BELAJAR TIME MANAGEMENT

Monday, December 03, 2018

Assalaamu'alaikum.
Ada yang pernah menghitung berapa peran yang kita mainkan dalam satu hari? Kalau di hitung-hitung, ternyata banyak looh! Di dalam keluarga saja, aku bisa memainkan tiga peran, yaitu sebagai seorang anak, kakak, dan juga sebagai adik. Di luar rumah, aku berperan sebagai seorang mahasiswa, guru, dan juga blogger. Setiap peran yang kita mainkan tentunya memiliki berbagai tanggung jawab.

Tanggung jawab yang bejibun bisa bikin kepala migrain kalau time management kita berantakkan. Nah, postingan kali ini aku akan membagikan 3 tips utama belajar time management.



1. Declutter

Sadar atau tidak kamar atau meja belajar yang berantakkan akan menyita waktu. Kenapa? Karena beberapa barang yang kamu lihat di depan mata akan mencuri perhatian sehingga pikiran kamu sulit  untuk fokus, alias mudah terpecah!

Contoh sederhananya, ketika ingin mulai belajar materi mata kuliah kimia anorganik, tapi karena kamu meletakkan file atau buku dengan sangat berantakkan maka waktu kamu akan terbuang untuk mencari lembaran tentang materi mata kuliah itu. Belum lagi, waktu akan semakin terbuang jika ada satu atau dua lembar yang ternyata nggak ada. Entah terselip dimana.

Well, actually, that's my personal experience. Tapi, aku sudah capek banget kalau harus seperti itu terus. Sekarang aku sedang mencoba untuk selalu rutin merapihkan file, entah itu cetak atau yang ada di PC sehingga nantinya akan sangat memudahkan aku untuk mencari.

Beberapa waktu yang lalu aku ngeprint cover di GOGOPRINT.co.id
Cover ini tujuannya untuk memperjelas dan menyatukan file-file dengan tema yang sama. Dengan begitu sangat mudah untuk langsung menemukan file yang aku ingin pelajari.

Hasil print cover booklet di Gogoprint.co.id

Aku memilih print di gogoprint.co.id karena aku yakin kualitasnya tidak akan bikin menyesal.

"Belum pernah coba tapi kok sudah yakin?"

Yap! Gogoprint merupakan industri percetakan yang sudah ada di lima negara, yaitu Australia, Malaysia, Singapore, Thailand dan sekarang juga ada di Indonesia. Untuk percetakkan sebesar itu, menurutku kualitasnya nggak perlu diragukan, lah ya?!

Eits, masih ragu? Kalian bisa cek portofolio mereka di www.gogoprint.co.id/portfolio.

Print di Gogoprint cukup mudah. Tips print di gogoprint dari aku, sebelum kalian mendesain, terlebih dahulu cek konfigurasi produk yang akan kamu pesan. Konfigurasi produk ini meliputi ukuran kertas yang disediakan gogoprint dan minimal kualitas gambar/desain yang harus di upload (lebih baik siapkan kualitas 300 ppi).

Gogoprint ini sangat cocok bagi pengusaha-pengusaha muda yang mungkin baru mau memulai bisnisnya. Aku bisa menjamin, kualitas hasil cetak dari gogoprint ini nggak akan bikin kamu menyesal sudah mengeluarkan modal untuk mencetak. Harga yang ditawarkan pun termasuk reasonable untuk kualitas yang ciamik. Selain itu, Gogoprint ini seperti one stop printing. Kamu bisa mencetak berbagai keperluan usaha kamu seperti cetak kartu nama, flyer, brosur, poster, stiker dan masih banyak lagi! Langsung aja kamu cek gogoprint.co.id

Cetak berbagai macam keperluan di gogoprint sangat menghemat waktu, loh! Nggak perlu antri, bisa memperkirakan harga, dan waktu penerimaan paket. Selain itu, nggak perlu takut akan ada kesalahpahaman dalam mencetak. Hal ini karena team gogoprint akan mengirimkan list konfirmasi yang perlu kita baca dengan teliti. Biasanya list konfirmasi atau pemberitahuan ini akan kamu dapatkan sebagai tanda bahwa sebetulnya desain yang kamu buat ada beberapa permasalahan. Misal, kualitasnya rendah, atau belum sesuai dengan layout standar yang disarankan gogoprint. Kemarin, aku sempat mengalami masalah ini, dan alhamdulillah penyelesaiannya gampang banget ♥

Well, kembali ke topik pembicaraan, yuk lanjut simak tips time management berikutnya!

2. Tulis Goals of the day

Ketika tugas menumpuk, rumah atau kamar kos berantakan, dan banyak schedule untuk meeting. Seringkali membuat bingung untuk menentukan prioritas, "yang mana sih yang harus aku kerjakan terlebih dahulu?"


Adakah yang merasakan hal yang sama?
Banyak pekerjaan tapi bingung harus mulai dari mana dulu?!

Nah, untuk masalah ini, penyelesaian yang menurutku cukup bisa membantu adalah dengan menuliskan goals di daily planner. Dalam satu hari, aku hanya menuliskan 3 goals yang ingin aku capai atau selesaikan. Banyaknya jumlah goals yang ingin kamu capai bisa disesuaikan dengan tipe tugas atau pekerjaan yang ingin kamu selesaikan.


3. Be Effective, Focus, and Get Work Done

Setelah menulis goals of the day, aku akan lebih memperinci menjadi langkah-langkah yang harus aku lalui dan menuliskan detail estimasi waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan. Kebiasaan ini memiliki pengaruh positif yaitu, aku merasa menjadi lebih fokus, tidak menunda-nunda pekerjaan, dan hasil pekerjaannya juga bisa lebih maksimal.

Penasaran dengan daily planner ku? Sebenarnya, banyak sekali desain daily planner yang lucu-lucu dijual di stationary store. Tapi, aku merasa sulit mendapatkan yang sesuai keinginanku. Jadi, aku mendesain sendiri daily planner ku.


Nah, kalau kalian tertarik dengan daily planner ini, silahkan download JPG | PDF | PSD dan di print. Semoga bermanfaat ya! ♥

***
Yes! Finally, this is the end of my blog post today. Thank you so much for reading until the end and see you in my next post!

Oh! Don't forget to follow my blog:
GFC (you can click "join this site")
Instagram: @vidazenitha
Facebook: Vida Zenitha

Thank you!
Wassalam.

You Might Also Like

4 comments

  1. "Sadar atau tidak kamar atau meja belajar yang berantakkan akan menyita waktu."

    LANGSUNG TERTOHOK, hahahaha.

    Time management menurutku yang penting "kemauan" sih ya. Aku anaknya lebih suka atau lebih mau kalau tidak membuat "goals of the day". Pengaruh kerjaan juga karena kerja basic proyekan dan banyak timeline split. Pernah bikin "goals of the day" tapi banyak interupsi sana sini dan merusak mood. Jadi sekarang prefer goalnya 1 aja: deadline mendadak di hari itu terselesaikan.

    Salam kenal :)

    ReplyDelete
  2. Salam kenal sebelumnya. Time management ya? pernah bikin jadwal untuk sehari-hari agar teratur dan tidak gampang lupa. Eh, malah berhasilnya sekitar dua bulan saja. Untuk review gogoprintnya menarik. Saya jadi penasaran.

    ReplyDelete
  3. Ah, kena tepat di hatiku... paling sulit nih pr yang satu ini ..management waktu.. pernah coba bikin..tapi baru setengah hari buyarrrrrr hahaha ..

    ReplyDelete
  4. Kalo saya bikin weekly goals Da. Jadi tiap weekend saya ngerinci ada deadline apa aja untuk minggu depan, abis itu disusun berdasarkan mana duluan yg harus dikumpulin. Cara ini lumayan efektif jadi gak kerasa keburu-buru dan meminimalisir stress hihi ��

    ReplyDelete

PART OF INDONESIAN HIJAB BLOGGER

PART OF INDONESIAN FEMALE BLOGGERS

https://www.facebook.com/groups/1949767178581022/

PART OF BLOGGER PEREMPUAN

Blogger Perempuan

Subscribe