5 Penyebab Wajah Kusam dan Gelap Beserta Cara Ampuh Mengatasinya

Wednesday, October 27, 2021

Hi, everyone! Kulit wajah yang kusam dan gelap berbeda dengan warna kulit yang memang gelap secara alami. Karena kulit gelap alami yang sehat tetap tampak lembab dan bercahaya. Sedangkan kulit kusam dan gelap membuat wajah terlihat tidak cerah dan memiliki tekstur tidak rata.

Apa penyebab wajah kusam dan gelap serta bagaimana mengatasinya? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Image by Freepik

1. Kurang Asupan Air

Kurang asupan air bisa membuat kulit wajah kamu terlihat lebih kusam dan gelap. Sebab air di sini bisa membantu dalam menjaga kelembapan dan kelenturan kulit. Dengan jumlah air yang cukup di tubuh, maka kulit pun akan lebih tahan terhadap keretakan, iritasi, maupun berbagai kerusakan lainnya.

Air yang kita minum setiap harinya dapat menghidrasi kulit dari bawah permukaan, sehingga kurangnya asupan air akan membuat kulit kurang bercahaya, pori-pori semakin terlihat, kulit menjadi kering, dan keriput dapat muncul lebih cepat. Untuk mengatasinya, pastikan selalu mengonsumsi cukup air setiap hari.

2. Penumpukan Sel Kulit Mati

Penyebab wajah kusam dan gelap berikutnya adalah adanya penumpukan sel kulit mati di wajah. Kulit memang secara alami akan melepaskan sel kulit mati, tujuannya adalah untuk memberikan tempat bagi sel-sel baru yang lebih sehat.

Meski terjadi secara alami, namun proses tersebut ada kalanya tidak berjalan sesuai semestinya. Alhasil sel kulit mati yang telah terlepas justru menumpuk pada wajah dan membuatnya tampak kering, berisik, bahkan pecah-pecah. Tentunya permasalahan tersebut bisa membuat wajah menjadi terlihat kusam. Sehingga, perlu eksfoliasi secara rutin untuk mengangkat sel-sel kulit mati tersebut. Lakukan eksfoliasi setidaknya 2-3 kali dalam seminggu, ya!

3. Jarang Menggunakan Pelembab

Bukan hanya kurang asupan air saja yang membuat kulit tidak terhidrasi dengan baik, namun tidak pernah menggunakan pelembab juga bisa membuat kulit wajah kurang terhidrasi.

Sebab kulit membutuhkan kelembapan dari dalam maupun dari luar sehingga penyebab wajah kusam dan gelap bisa diakibatkan oleh jarangnya penggunaan pelembab ini.

Pelembab dapat digunakan sebanyak dua kali dalam sehari untuk melindungi kulit dari berbagai risiko kerusakan. Selain menggunakan produk pelembab, kamu juga bisa mengaplikasikan masker wajah. Bahkan masker wajah ini dapat membuat wajah tampak awet muda dan lebih cerah. Namun pastikan produk yang kamu pilih sesuai dengan tipe kulit.

4. Sering Terpapar Sinar Matahari

Ketika beraktivitas di luar rumah atau di ruang terbuka, kulit pastinya akan terpapar sinar matahari dan polusi dari lingkungan sekitar. Hal tersebut bahkan cukup sulit untuk dihindari, sehingga membuat kulit akan terbakar dan mudah gelap. Terlebih sinar UVA dan UVB dari matahari berisiko merusak kulit dan membuatnya lebih kusam serta hitam.

Sebagai perlindungan dari berbagai risiko kerusakan akibat paparan sinar matahari dan polusi kamu perlu secara rutin mengoleskan tabir surya terutama ketika hendak beraktivitas di luar rumah. Penggunaan sunscreen sendiri perlu diulangi beberapa kali agar manfaatnya optimal, tergantung dari banyaknya aktivitas kamu di luar ruangan.

5. Kebiasaan Buruk Sehari-Hari

Kebiasaan buruk sehari hari seperti begadang dan banyak mengonsumsi makanan manis bisa menjadi penyebab wajah kusam dan gelap. Karena pada saat kamu tidur, sistem imun akan membentuk keratin dan kolagen yang dapat menyehatkan kulit, dan begadang membuat kamu tidak mendapatkannya.

Sementara gula dari makanan manis bisa meningkatkan hormon insulin yang memicu peradangan dan menyebabkan kerusakan pada kolagen. Kulit pun akan terlihat lebih banyak kerutan dan kusam, sehingga untuk mengatasinya kamu perlu mengurangi dan menghilangkan kebiasaan buruk tersebut.

***

Mendapatkan kulit yang sehat dan bercahaya memang gampang gampang susah. Kuncinya adalah konsisten dalam melakukan perawatan kulit dan menghindari berbagai penyebab wajah kusam serta gelap seperti di atas.

Gunakan produk skincare yang sesuai dengan tipe kulit agar manfaatnya bekerja optimal. Salah satu rekomendasi produk skincare yang bisa digunakan yaitu Scarlett Whitening. Ada banyak varian produk mulai dari body lotion, body scrub, facial wash, acne serum, shower scrub, hingga toner yang bisa didapatkan melalui situs https://www.beautyhaul.com/ ❤

***
Yes! Finally, this is the end of my blog post today. Thank you so much for reading until the end and see you in my next post!

Oh! Don't forget to follow my blog:
GFC (you can click "join this site")

Instagram: @vidazenitha
Facebook: Vida Zenitha

Thank you!

You Might Also Like

1 comments

  1. Tipsnya berguna banget! Jaga kelembapan kulit, hindari matahari, pilih skincare sesuai kulit. Good job, Vida! Can't wait for the next post. ✨

    ReplyDelete

PART OF INDONESIAN HIJAB BLOGGER

PART OF INDONESIAN FEMALE BLOGGERS

https://www.facebook.com/groups/1949767178581022/

PART OF BLOGGER PEREMPUAN

Blogger Perempuan

Subscribe