BAGAIMANA CARA MENDAPATKAN UANG DARI KONTEN ? CARA JADI CONTENT CREATOR | BELAJAR NGONTEN BARENG PART 1

Sunday, June 11, 2023

 Hi everyone! Akan ada 2 blogpost berurutan di hari minggu (sekarang) dan senin (besok). Aku bikin 2 blogpost ini karena idenya masih satu topik yaitu "Bagaimana Cara Mendapatkan Uang Dari Konten?" Tapi sebelum berbicara tentang penghasilan, hal yang paling dasar "Bagaimana Langkah Awal Menjadi Content Creator" harus clear dulu, ya!

belajar ngonten bareng bagaimana cara menjadi content creator mendapatkan uang dari konten

FOKUS UNTUK SATU PLATFORM DULU

Sebelum mikirin ide konten, proses produksi, dan lain-lain, penting banget untuk menentukan platform. Instagram? TikTok? Blog? Youtube? Sebagai pemula, sangat disarankan untuk fokus di satu platform dulu. Tapi, karena Instagram dan Tiktok atau Youtube Shorts punya format/konsep yang mirip, yaitu video pendek, maka bisa tuh di-manage bersamaan.

HAMPIR SEMUA CONTENT CREATOR MEMULAI DARI HAL YANG DIA SUKA

Sama halnya bidang mata pelajaran di sekolah. IPA di dalamnya ada Biologi, Kimia, Fisika. Nah, KONTEN jika dipecah bisa ada tentang beauty, music, story telling, kehidupan rumah tangga, budgeting, food prep, masak-masak, review makanan, dll. Waaah banyak banget deh! Karena apapun yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari bisa banget jadi bahan konten! Agar lebih menikmati dalam proses membuat konten, mulailah dari hal yang disuka!

Suka masak? Coba bikin konten masak sesuatu dan share resepnya.

Suka jajan? Coba bikin konten review jajan yang dibeli.

Lagi isi rumah baru? Coba unboxing barangnya sambil review barangnya bagus atau tidak.

Suka jajan makeup? Coba review warnanya, daya tahannya, harganya, apapun yang bisa diobrolin tentang makeup itu.

Suka baca buku? Coba cerita apa sih yang bikin kamu suka sama buku itu. Ada nggak kutipan yang "ngena" banget?

Pingin share tentang kehidupan rumah tangga? Boleh sih, tapi jujur, harus ada batasnya ya. Aku pribadi cukup risih dengan konten yang pov hubungan pasangan suami istri yang hmmm gitudehh. Memang bisa jadi viewersnya banyak karena (1) banyak yang relate atau (2) kolom komentar dipenuhi hujatan netizen yang risih dengan tipe konten seperti ini. Jadi, kalau mau membuat konten kehidupan rumah tangga, ada baiknya yang punya nilai manfaat, ataupun lucu juga oke, tapi tetap buatlah konten yang ramah untuk semua usia, ya!

Coba dong, tulis kolom komentar tentang apa sih yang kalian suka?

MEMBUAT IDE KONTEN

Kalau sudah tau apa yang disuka, selanjutnya adalah menemukan ide konten. Kalau berkaitan dengan kehidupan atau kegiatan sehari-hari, sebetulnya lebih enak nggak perlu terlalu pakai konsep biar mengalir saja. Coba cek contoh ide konten untuk tema perdapuran berikut, ya!

  • Belanja 200rb* untuk seminggu. Rekam saat bongkar belanjaan. Tunjukin apa aja bahan-bahan yang dibeli (kalau masih ingat harganya lebih baik lagi), beri info estimasi untuk makan berapa hari, jumlah anggota keluarga berapa, dan nominal belanjaannya habis berapa.
  • Food preparation dua mingguan. Rekam saat bahan-bahan sudah dalam wadah penyimpanan yang rapih. Sebutkan bahan tersebut mau disimpan pada bagian kulkas yang mana, chiller/freezer.
  • Food preparation (lanjutan). Simpel banget dan durasi pendek. Rekam saat menata wadah penyimpanan di kulkas dan menata telor. Simpel bangeet, kan?
Coba dong, tulis di kolom komentar, mau dibedahin tentang ide konten apa lagi?

Well, ada kalanya buntu dengan ide konten. Untuk masalah ini, ada tips dan triknya sendiri. Biar nggak mumet, kapan-kapan aku bahas yaaa. Untuk konten-konten pertama jangan terlalu pusing konsepnya, nanti malah nggak ada realisasinya.

IDE SIMPEL BELUM TENTU EKSEKUSINYA SIMPEL

Bagian ini nih yang menentukan seseorang bertahan menjadi content creator atau tidak. Karena sering kali melihat konten orang lain seperti simpel, tapi nggak tau di balik layarnya. Untuk contoh, aku pakai ide konten simpel dari contoh yang terakhit, yaitu menata wadah penyimpanan di kulkas.

Hal yang bisa terjadi di balik layar adalah:

  1. kulkasnya kotor, maka harus dibersihkan dulu. Waktu untuk membersihkan kulkas tergantung seberapa kotornya. Kalau biasa saja, cuma lap sedikit-sedikit, paling 1-2 menit selesai. Kalau lumayan kotor? Naah, bisa jadi ide konten lagi nih, bersih-bersih kulkas.
  2. wadah penyimpanan belum bersih, harus nyuci-nyuci dulu. Butuh waktu untuk menyuci dan mengeringkan wadah.
  3. menyiapkan bahan makanan sebelum ditaruh di wadah penyimpanan. Ada yang harus dicuci dulu, ada yang harus dipotong-potong dulu. Apakah 5 menit selesai? Tentu saja tidak. Apalagi kalau stok bahan makanan untuk sekitar dua minggu. Bahan makanan bervariasi tentu butuh waktu lebih lama.
  4. meja dapur kotor, tentu bersih-bersih dulu doong *ups
Jika memungkinkan, setiap proses itu direkam saja untuk jadi stok konten. Tapi, rentan banget bikin stres bagi pemula. Jadi, konten yang teman-teman nikmati hanya sekian detik itu sebenarnya telah melalui berbagai cerita behind the scene :) Belum lagi proses editing, kan? Belum lagi masalah-masalah tentang proses produksi seperti pencahayaan dan suara yang berisik. Tenang aja, nanti aku bantu jawab juga untuk masalah ini di blogpost lainnya ya. Cek aja di label Belajar Ngonten Bareng .

BELAJAR DENGAN AMATI, TIRU, DAN MODIFIKASI

Ide konten bisa dicari dengan mudah, cek saja hashtag yang umum dari ide teman-teman. Misal, #seblakmamangrafael nanti akan muncul konten-konten orang lain masak seblak dengan bahan kerupuk mawar yang lagi viral. Nah, teman-teman amati dan tiru resepnya, kemudian modifikasi, bisa dalam bentuk kasih review pribadi tentang rasa seblak viral ini atau dengan minta rekan/suami untuk cobain seblak viral mamang rafael ini dan minta pendapat mereka.

APAKAH KONTEN-KONTEN SEPERTI ITU MENGHASILKAN UANG?

Sabar, untuk diawal bikin konten, konten-konten itu tidak menghasilkan uang. Tapi malah membutuhkan uang untuk beli bahan-bahan. Jadi, buatlah konten dari bahan yang memang lagi kamu butuhkan. Contoh, membuat seblak viral mamang rafael. Kalau memang lagi santai pingin cobain, nah baru deh beli bahannya. Misal bikinnya di hari sabtu atau minggu pas banget tuh momen keluarga lagi santai butuh cemilan.

Lipstick pas habis, yaudah beli lipstick baru, kemudian direview saat barang datang. Jangan lipstick habis tapi karena lagi viralnya foundation malah beli foundation, padahal foundation masih ada. Mmm, boleh siih kalau dananya mencukupi. Jadi, sesuaikan dengan dana teman-teman juga, ya!

Aku sudah pernah juga menulis tentang Cara Mengatur Budget Rendah Untuk Kreator Konten Pemula.

LAH? KAPAN DAPAT UANGNYA?

Yuk, lanjutin ke Belajar Ngonten Bareng Part 2 .

Anyway, untuk yang penasaran dengan hasil konten aku selain di blog ini, bisa lihat di instagram @vidazenitha ada tentang konten beauty dan mau bikin segmen belajar ngonten bareng juga di reels ig. Follow untuk mendapatkan konten bermanfaat lainnya, GRATISSS loooh :)

FYI, aku mulai bikin konten dari tahun 2015. Kalau mau diceritakan dari awal prosesnya, mungkin sudah tidak relate dengan jaman sekarang. Jadi, intinya langkah awal menjadi content creator adalah:

  1. menentukan platform. Dulu aku pilih blog saja. sekarang ada instagram juga @vidazenitha. Gunanya adalah agar fokus memahami fitur-fitur yang ada di platform tersebut dan mulai bisa eksplor.
  2. menentukan topik/niche. Boleh dari awal fokus ke satu topik atau mau coba bikin berbagai macam topik kemudian dilihat mana yang lebih mendatangkan views atau engagement.
  3. kumpulkan ide konten. Realisasikan dengan metode ATM (Amati-Tiru-Modifikasi)
  4. jangan malas! Sebelum bikin konten ada tahap preparasi (kayak di lab yaa hehe). Preparasi atau persiapan ini meliputi: (a) baterai hp/kamera harus full, (b) latar atau peralatan yang akan masuk frame harus bersih dan disiapkan (jangan mendadak cari pas lagi bikin konten), (c) pertimbangkan pencahayaan, dll.
Apakah kalian baca sampai sini?? WOW!! Keren, aku spill deh yaa.. bagaimana cara mendapatkan uang dari konten? Aku pribadi sering ada ajakan kerjasama dengan brand.

Bisa melalui email pribadi. Pihak brand langsung kirim email atau DM ke instagram ku dan menanyakan rate card (alias nominal yang harus mereka bayar dan apa saja penawaran yang aku berikan).

Bisa melalui manajemen atau grup komunitas. Biasanya ada tawaran kerjasama dan ada rincian persyaratannya. Kalau memenuhi persyaratan teman-teman bisa ikut mendaftar dan jika terpilih akan dihubungi oleh manajemen/admin komunitas untuk briefnya. Brief ini merupakan paparan tentang detail kerjasamanya.

JANGAN PERCAYA JIKA KERJASAMA DIAWALI DENGAN BRAND/ADMIN KOMUNITAS MEMINTA DEPOSIT!! NO! SELAMA KERJASAMA, KAMU TIDAK PERLU TRANSFER UANG SEDIKIT PUN KE PIHAK BRAND/ADMIN!!!

⚠⚠⚠ APAPUN ALASANNYA, JANGAN MAU TRANSFER UANG KE MEREKA! ⚠⚠⚠

Pembahasan lain tentang bagaimana cara mendapatkan uang dari konten ada di part 2 yaaa. Nanti kita diskusi juga tentang program affiliasi? Masa sih, share link doang dapat duit?? Penasaran??? Follow instagram @vidazenitha supaya tau kalau aku sudah upload tulisan baru. OKAYY ? Aku ucapakan terima kasih untuk yang sudah support follow instagramku ;)

You Might Also Like

0 comments

PART OF INDONESIAN HIJAB BLOGGER

PART OF INDONESIAN FEMALE BLOGGERS

https://www.facebook.com/groups/1949767178581022/

PART OF BLOGGER PEREMPUAN

Blogger Perempuan

Subscribe