REVIEW SCARLETT SERUM RETINOL DAN NIACINAMIDE 5% | MASIH TAKUT PAKAI SERUM RETINOL ? WAJIB BACA INI !

Monday, June 26, 2023

 Hi everyone! Menjelang usia 30 tahun basic skincare saja tuh nggak cukup. Tapi jujur, selalu maju mundur untuk mencoba skincare dengan kandungan retinol yang dianggap ampuh untuk mencegah tanda-tanda penuaan dini. Hempas keraguan dan akhirnya memberanikan diri untuk cobain! Serum retinol pertama yang aku coba ada dari Scarlett. Nggak cuma itu, sebagai pendampingnya, aku juga pakai Serum Niacinamide dari Scarlett.

Review Scarlett Serum Retinol dan Serum Niacinamide

Sebelum ke Review Serum Retinol Scarlett dan Review Serum Niacinamide Scarlett, aku mau ngobrolin tentang bagaimana cara kerja retinol pada kulit beserta manfaatnya. Seenggaknya, teman-teman juga jadi tau, kenapa sih perlu mempertimbangkan pemakaian serum retinol?!

Apa itu RETINOL dan manfaatnya.

Retinol (vitamin A1) merupakan senyawa turunan vitamin A. Retinol dapat memberikan tampilan kulit yang halus, pori-pori tersamarkan, mencegah munculnya flek hitam, dan membuat kulit terasa kenyal atau plumpy.

Bagaimana cara kerja Retinol

Sebenarnya, senyawa aktif yang berperan bukanlah retinolnya, tapi asam retinoat!

Retinol yang diserap oleh sel kulit akan diubah menjadi asam retinoat oleh enzim. Nah, asam retinoat inilah yang akan berperan dalam penipisan lapisan atas sel kulit mati. Sel kulit mati yang sudah menipis dan terangkat akan membuat tampilan pori-pori menjadi lebih samar dan tekstur kulit pun menjadi lebih halus. Nggak hanya itu, penipisan lapisan sel kulit mati juga dapat mencegah penyumbatan pada pori-pori wajah sehingga akan mencegah munculnya jerawat.

Masih ada lagi keunggulan dari retinol, yaitu dapat menghambat pembentukan enzim tirosinase. Kenapa perlu dihambat? Karena enzim ini berperan dalam pembentukan pigmen (melanin) kulit. Apabila produksi melanin meningkat kemudian kulit terkena paparan sinar UV, maka akan mudah muncul noda hitam (flek) pada kulit wajah. Jadi, kandungan retinol pada skincare dapat mencegah munculnya flek atau noda hitam dengan cara menghambat pembentukan melanin.

Oke, paragraf terakhir tentang perkenalan retinol :p

Tau nggak sih, kalau retinol ternyata punya hubungan dengan kolagen? Well, kolagen sebenarnya protein alami yang sudah ada dalam tubuh. Pada kulit, kolagen berperan dalam memberikan kelembapan dan menjaga elastisitas kulit sehingga tidak mudah kendur, muncul garis halus, atau keriput. Namun, seiring bertambahnya usia dan juga dampak buruk dari sinar UV, produksi kolagen akan menurun (apalagi kalau usia sudah di atas 25 tahun), disinilah peran retinol diperlukan. Retinol akan mencegah rusaknya kolagen karena paparan sinar UV dan juga meningkatkan produksi kolagen melalui peningkatan produksi glikosaminoglikan (polisakarida kompleks yang memelihara protein struktural kulit seperti kolagen). Jadi, jangan kaget kalau kulit akan terasa lebih kenyal atau plumpy, ya!

Gimana nih, sudah kenal dengan retinol? Jadi tau dong ya, kenapa sih kulit kita butuh retinol terutama yang usianya sudah 25 tahun ke atas.

REVIEW SCARLETT SKIN SMOOTHING RETINOL SERUM

Penuaan pada kulit tidak hanya terjadi bagi yang sering berkegiatan outdoor. Tanpa disadari, teman-teman yang kerjanya dari rumah pun, seperti aku dan ibu rumah tangga lainnya, sebetulnya tetap bisa terkena masalah ini. Selain faktor usia yang bertambah dan mempengaruhi produksi kolagen, kita juga tetap saja terkena paparan sinar UV.

Coba ingat-ingat deh, saat menjemur pakaian, saat sapu teras, saat siram tanaman, belanja sayuran ke pasar, pasti terkena paparan sinar UV dong. Belum lagi langsung buru-buru masuk ke dalam rumah, ngadem sambil nyalain AC, kulit bisa jadi kering, deh!

That's why, udahlah fix banget, aku mau cobain Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum untuk stepping up skincare game aku di malam hari 💕

Review Scarlett Retinol Serum


Kemasan Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum

Kemasan box dan botol Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum identik dengan warna tosca. Dikemas dalam botol 15 mL dan PAO (period after opening) selama enam bulan, menurutku cukup oke karena serum retinol ini nggak mungkin habis dalam 1-2 bulan. Dengan estimasi PAO 6 bulan, kita jadi punya waktu yang cukup untuk menghabiskan serumnya. 


Deskripsi Produk Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum dan Ingredients

Berdasarkan klaimnya, Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum dapat membantu mencegah tanda-tanda penuaan dini serta membantu menghidrasi kulit wajah dan membantu menghaluskan kulit.

Active ingredients serum retinol Scarlett:

  • encapsulated retinol (membantu menyamarkan garis-garis halus, membantu mengangkat sel kulit mati, membantu merawat kekencangan kulit)
  • pomegranate extract (membantu melindungi kulit dari efek buruk sinar UV dan membantu  melawan bakteri penyebab jerawat)
  • hexapeptide-8 (membantu mencegah tanda-tanda penuaan dini, membantu menghidrasi kulit, dan membantu menyejukkan kulit yang teriritasi ringan)
  • allantoin (membantu menghidrasi kulit dan membantu menghaluskan kulit)

Cara pemakaian Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum

Teteskan serum secara merata dan pijat perlahan, biarkan beberapa saat sebelum menggunakan tahapan skincare berikutnya.

Gunakan hanya pada malam hari. Retinol sifatnya sangat sensitif dengan matahari. Pemakaian di siang hari dapat menyebabkan dampak negatif seperti kemerahan, gatal atau iritasi pada kulit. Selama menggunakan skincare dengan kandungan retinol, wajib banget pakai sunscreen dan reapply sunscreen di siang harinya.

Adapun bagi yang baru memulai pakai retinol, coba dulu 3 hari sekali. Perlahan tingkatkan ke 2 hari sekali. Saat sedang tidak menggunakan serum retinol, ada baiknya menggunakan serum dengan kandungan niacinamide, ya!

Precaution: Tidak disarankan untuk ibu hamil.

Kenapa ibu hamil tidak dianjurkan menggunakan skincare dengan kandungan retinol? Sebagaimana deskripsi awal, retinol merupakan senyawa turunan vitamin A. Pada ibu hamil, konsumsi vitamin A harus dalam pengawasan dokter karena kelebihan vitamin A selama masa kehamilan dapat berdampak buruk pada janin (menyebabkan cacat pada janin bahkan bisa sampai keguguran).

Tekstur dan Aroma Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum

Memiliki tekstur kental namun mudah untuk diserap oleh kulit sehingga terasa ringan dan tidak lengket. Untuk aroma, aku tidak mencium aroma menyengat yang mengganggu, jadi aku nyaman banget pakai serum retinol Scarlett. Aku rekomendasikan juga bagi yang sensitif terhadap parfum dalam skincare.

Tekstur Scarlett Retinol Serum

HASIL PEMAKAIAN SCARLETT RETINOL SERUM SELAMA 2 MINGGU

Yess, finally we talk about the result! Selama dua minggu pemakaian, aku hanya menggunakan serum retinol dengan jarak 3 hari sekali. Tentunya karena ini adalah serum retinol pertama aku. Jadi, harus dimulai dengan konsentrasi rendah atau pemakaian yang berjarak.

Walaupun tidak tertulis berapa persen kandungan retinol dalam serum Scarlett ini, bagi aku yang baru pertama kali coba retinol, Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum aman banget untuk dicoba. Tidak ada efek negatif apapun bahkan saat masa-masa penyesuaian.

FYI, serum dengan kandungan retinol butuh masa penyesuaian, selama fase ini bisa saja menyebabkan kulit kering, kemerahan, atau clekit-clekit rasa perih (sedikit). Nah, di aku, tidak ada efek itu sedikit pun. Makanya, aku rekomendasikan banget, bagi yang baru mau cobain serum retinol. Coba pakai Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum deh! Gentle banget di kulit!

Bukan cuma karena proses penyesuaiannya yang aman dan gentle di kulit, tapi memang terasa hasilnya tuh ada! Kulit menjadi lembab dan halus, menjaga kulit tetap cerah, dan yang aku paling suka, kulitku terasa plumpy. Gemes banget! Tentunya ini karena Scarlett punya formulasi yang bagus banget yaitu mengkombinasikan manfaat retinol dengan active ingredients lain (pomegranate extract, hexapeptide-8, dan allantoin). Jadi, hasil dari Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum tuh bisa maksimal bikin kulit sehat dan #SamarkanGarisHalus !

Hasil Pemakaian Scarlett Retinol Serum selama 2 minggu


REVIEW SCARLETT NIACINAMIDE 5% + BETA GLUCAN & 7 PHYTO EXTRACT SERUM

Ketika mencoba serum dengan kandungan retinol, baiknya menggunakan serum Niacinamide sebagai pendampingnya. Jadi pemakaian serum niacinamide dan serum retinol tuh selang seling, ya! Serum dengan kandungan Niacinamide membantu kulit untuk mentoleransi kehadiran retinol. Jadi, selama fase penyesuaian dengan retinol, kulit kita tuh nggak kaget.

Aku pakai Scarlett Niacinamide 5% Serum setiap hari pada pagi dan malam. Kandungan niacinamide bagus banget untuk kulit karena dapat membantu skin barrier bekerja secara optimal dalam menjaga kadar air dan kelembapan pada kulit.

Review Scarlett Niacinamide 5% Serum


Kemasan 
Scarlett Niacinamide 5% Serum

Kemasan Scarlett Niacinamide 5% Serum didominasi dengan warna ungu. Terdapat penjelasan yang lengkap mulai dari manfaat produk, cara pemakaian, cara penyimpanan, PAO, dan ingredients. Ada juga barcode untuk cek autentikasi produk yang kita dapat.


Deskripsi Produk Scarlett Niacinamide 5% Serum dan Ingredients

Scarlett Niacinamide 5% Serum merupakan serum dengan manfaat membantu merawat skin barrier dan mencerahkan kulit wajah.

Active ingredients Scarlett Niacinamide 5% Serum:

  • Niacinamide 5% (merawat skin barrier, mencerahkan kulit secara merata, dan membantu menyamarkan noda gelap pada kulit wajah)
  • Beta Glucan (membantu melindungi kulit dari penuaan dini yang disebabkan oleh efek buruk sinar UV)
  • Creatine (membantu menyejukkan dan melembapkan kulit)
  • Allantoin (membantu melembapkan kulit dan membantu menyejukkan kulit yang teriritasi ringan)
  • Triple Ceramide Complex (membantu melembapkan kulit dan membantu merawat kekencangan kulit)
  • 7 Phyto Extract: moringa extract, mugwort extract, chamomile extract, brida fermant extract, pomegranate extract, lotus extract, dan centella asiatica extract

Cara pakai Scarlett Niacinamide 5% Serum

Teteskan serum secara merata pada wajah dan pijat perlahan. Biarkan beberapa saat sebelum menggunakan tahapan skincare berikutnya.

urutan pemakaian :(1) facial wash (2) hydrating toner (3) serum Scarlett (4) pelembab

simulasi jadwal pemakaian combo Scarlett Niacinamide 5% Serum dan Serum Retinol Scarlett :

Jadwal pemakaian serum retinol dan niacinamide scarlett

Tekstur dan Aroma Scarlett Niacinamide 5% Serum

Tekstur kental dan tidak berwarna namun mudah diserap oleh kulit dan terasa ringan. Tidak ada aroma khusus ataupun menyengat.

Tekstur Scarlett Serum Niacinamide 5%

HASIL PEMAKAIAN SERUM NIACINAMIDE 5% SCARLETT SELAMA 2 MINGGU

Menjaga kecerahan kulit tuh penting bagi aku yang kadang malas pakai makeup. Nah, Scarlett Niacinamide 5% Serum benar-benar membantu aku banget untuk mendapatkan tampilan kulit yang cerah dan sehat.

Hasil Pemakaian Scarlett Niacinamide 5% Serum


Menurutku, ini tuh serum paling anti ribet karena bisa dipakai setiap hari, pagi dan malam tanpa khawatir kulit iritasi. Apalagi perpaduan active ingredients yang cakeep banget! Saat kulitku lagi sensitive, aku tetap pakai Scarlett Niacinamide 5% Serum karena ada manfaat calming-nya. Bisa dibilang Scarlett Niacinamide 5% Serum jadi serum andalanku apapun kondisi kulit ku.

Selama dua minggu pemakaian Scarlett Niacinamide 5% Serum, aku suka banget experince-nya. Walaupun nggak pakai makeup, kulitku terlihat cerah dan sehat. Kalau sedang pakai makeup, cuma bedakan doang nih, makeup nempel flawless!

Harga Serum Scarlett

Kulit cerah, sehat, dan plumpy bisa didapatkan dengan rutin pakai Scarlett Niacinamide 5% Serum dan Scarlett Retinol Serum. Tenang aja, harga Scarlett Niacinamide 5% Serum dan Scarlett Retinol Serum tuh terjangkau banget, cuma Rp 75.000 untuk 1 botol serum 15 mL. Aku happy banget deh kalau kasih rekomendasi skincare yang harganya terjangkau kayak Scarlett ini, tapi active ingredients-nya nggak pelit makanya bisa kasih hasil yang optimal untuk kulit! Fix #KilauTanpaKerutan 💕

Bagi yang baru mau mulai pakai retinol, duo combo Scarlett Niacinamide 5% Serum dan Scarlett Retinol Serum sangat aku rekomendasikan! Untuk mendapatkan semua produknya juga gampang karena tersedia online di Official Store Scarlett, cek di sini ya! Jadi, buat yang masih ragu, udah deh buruan checkout di Official Store Scarlett, aku sudah buktikan duo combo serum Scarlett ini gentle dan aman untuk pemula! Kalau paket Scarlett-nya sudah datang, cek keaslian produk di sini, ya!

You Might Also Like

0 comments

PART OF BLOGGER PEREMPUAN

Blogger Perempuan

Subscribe