5 LANGKAH AWAL MENGHASILKAN UANG DARI KONTEN UNTUK PEMULA | BELAJAR NGONTEN BARENG PART 2

Monday, June 12, 2023

 Hi everyone! Ada yang sudah baca Belajar Ngonten Bareng Part 1 ? Pada tulisan sebelumnya aku sempat spill bagaimana mendapatkan uang dari konten, yaitu melalui kerjasama dengan brand. Nah, lebih spesifik lagi, aku akan bahas cara menghasilkan uang dari konten untuk pemula. Artinya untuk yang baru benar-benar mau memulai ya! Ini dia 5 Langkah Awal Menghasilkan Uang dari Konten.

menghasilkan uang dari konten untuk pemula


1. FOKUS MEMBUAT KONTEN ORIGINAL

Memang di awal, proses membuat konten ini tidak langsung menghasilkan uang, tapi ini penting. Konten-konten pertama merupakan portofolio teman-teman. Jika menarik, ide-idenya bagus, dan eksekusinya semakin terlihat pro, maka brand akan melirik dan tertarik untuk kerjasama.

Konten original adalah konten yang teman-teman produksi sendiri. Bukan ambil video orang lain atau scene drama kemudian re-upload. Boleh menggunakan metode ATM (amati, tiru, modifikasi), karena bagian modifikasi itulah yang akan membedakan konten teman-teman.

Bagi pemula, semakin sering membuat konten dan di-upload maka semakin cepat menemukan "gaya" kontennya. Semakin akrab dengan proses pra-produksi, proses produksi dan editing, serta tahap akhir yaitu publish maka kualitas konten akan semakin bagus dan kreatif. Pertumbuhan jumlah jangkauan pun akan meningkat.

2. TULIS KONTAK YANG BISA DIHUBUNGI

Apabila kualitas konten semakin bagus karena rutin membuat konten, pastikan ada kontak yang terpasang jelas agar brand tau bagaimana cara menghubungi teman-teman.

Jika masih pemula tidak perlu menuliskan nomor kontak WA pribadi yaa. Agak berbahaya dan bisa bikin risih (karena orang usil). Pada bagian bio profile, cukup tuliskan email atau keterangan "DM for endorsement". Jangan sampai sudah bikin konten bagus tapi nggak kasih keterangan di bio profile kalau teman-teman open endorse atau kerjasama.

3. TENTUKAN RATE CARD

Sebagaimana yang aku tulis di post sebelumnya, bahwa kerjasama dengan brand bisa datang langsung dari brand dengan cara menghubungi email ku atau DM. Nah, hal pertama yang ditanyakan dalam email tersebut adalah tentang rate card.

Rate Card merupakan rincian harga yang kita tawarkan untuk pemasangan iklan di berbagai media. Menentukan rate card ini tidak ada rumus pastinya. Setiap influencer atau content creator berhak menentukan sendiri rate card-nya dengan cara menilai kualitas kontennya, jumlah followers, waktu produksi, dll.

Asal-asalan dalam memberi rate card menyebabkan akan lebih sering di-ghosting oleh pihak brand hehehe. Jadi, sebisa mungkin teman-teman juga objektif terhadap kualitas yang ditawarkan dan jangkauan akun kalian ya!

Rate card bisa berupa dokumen yang dibuat dengan rapih dan menarik. Bisa juga langsung saja beri informasi harga, misal Rp 5.000.000,- untuk 1 artikel blog, Rp 3.000.000 untuk 1 video reels durasi 10 detik, atau Rp 7.000.000,- untuk 1 artikel blog + 2 ig story + 1 reel durasi 10 detik. Amin dulu aja yaa, siapa tau beneran bisa pasang ratecard dengan nominal segitu. Aamiiin.

Rate card bisa dinegosiasi atau tidak, itu terserah teman-teman sebagai content creator. Wajar kalau pihak brand mencoba nego, tapi bukan berarti kita harus ikuti.

Bagaimana kalau nggak tau sama sekali patokan menentukan rate card? Yuk lanjutin bacanya.

4. JOIN KOMUNITAS ATAU MANAJEMEN

Ada banyak komunitas sesuai dengan spesialisasi kontennya. Ada komunitas yang menerapkan syarat tertentu untuk bisa bergabung menjadi member dan ada yang sifatnya terbuka. Nah, dengan join grup komunitas teman-teman bisa mendapatkan informasi apabila suatu brand sedang mengadakan campaign. Alurnya begini:

5 tahap kerjasama dengan brand melalui komunitas

Apabila tugas telah selesai dan sesuai dengan timeline, maka fee akan dibayarkan sesuai dengan kesepakatan.

Sebagai member, tahap 1 dan tahap 2 bukanlah ranah kita, ya! Jadi, jika dirasa fee tidak cocok karena terlalu kecil, yasudah, tidak perlu mendaftar. Jangan sampai teman-teman malah komentar buruk di grup tentang fee itu.

Berkaitan dengan rate card, jika teman-teman lihat di grup, berapa fee yang dibayarkan untuk kriteria-kriteria tertentu, disitulah teman-teman bisa punya perkiraan menentukan rate card (apabila suatu saat dihubungi secara pribadi). Jangan sama persis atau hanya melihat fee dari satu campaign saja. Karena memang ada yang ngasih fee keciiiil banget bagaikan usaha dan kualitas konten tidak ada harganya. Jadi, pintar-pintarlah menentukan harga konten mu, ya!

TAPI YANG AKU MAU: DARI AWAL KONTEN SUDAH MENGHASILKAN UANG ? !

ITU YANG SHARE LINK KATANYA LANGSUNG DAPAT UANG ? !

Okee.. okee.. Memang bisa menghasilkan uang JIKA sasaran share linknya tepat. Selain itu, untuk mendapatkan nominal yang tinggi, jangkauan dari share link juga harus luas! FYI, ekspektasinya agak diturunin dulu ya bestie, karena realitanya juga tak segampang ituuu ~ ~ ~

5. IKUT PROGRAM AFILIASI

Share link kemudian dapat uang, merupakan pola dari afiliasi. Apa itu afiliasi? Gampangnya begini, kita merekomendasikan barang dari suatu toko di e-commerce, kemudian kita share link barang tersebut, dan ada orang yang tertarik untuk klik link tersebut sampai akhirnya dia beli barang yang direkomendasikan. Nah, kita akan mendapatkan uang dari komisi barang yang terjual itu.

Berapa persen jumlah komisinya? Ada aturannya masing-masing dan harus mau membaca informasi dari e-commerce.

Untuk mengikuti program afiliasi, teman-teman bisa mendaftar langsung ke e-commerce yang bersangkutan. Saat ini aku hanya mengikuti afiliasi Shopee. Jadi, jangan tanya tentang afiliasi yang lain yaa ;)

CARA MENDAFTAR PROGRAM SHOPEE AFFILIATE

  1. Baca pelan-pelan detail di halaman ini : https://shopee.co.id/m/affiliates 
  2. Klik "Yuk, Daftar Sekarang"
  3. Login (kalau belum punya akun, silahkan daftar akun dulu)
  4. Isi formulir
  5. Tunggu peninjauan dari pihak Shopee
DOKUMEN YANG HARUS DISIAPKAN UNTUK MENDAFTAR PROGRAM SHOPEE AFFILIATE

  1. KTP
  2. Buku Rekening Bank
  3. NPWP 
Jika sudah coba daftar sendiri dan gagal terus, silahkan follow dulu dan DM instagram aku @vidazenitha , aku akan memberikan undangan untuk teman-teman bisa join program afiliasi ini. Ada kuotanya, ya! Kalau ternyata kuotanya sudah habis, tetap follow aja karena akan ada ilmu gratis di instagram reels ku tentang Belajar Ngonten Bareng yang pastinya bermanfaat bagi pemula.

Selanjutnya, aku akan spill peralatan untuk membuat konten, ya! Ini juga salah satu titipan pertanyaan dari teman-teman. Untuk yang nggak sabar dengan jawaban "apakah bisa bikin konten cuma dari HP dan bukan iPhone?"

Aku pernah buat tulisan tentang cara foto pakai kamera HP non iPhone. Langsung klik link ditulisan pink itu untuk baca, ya!

Apabila masih ada pertanyaan terkait artikel kali ini, boleh banget tulis pertanyaan di kolom komentar.

Selamat mencoba! Terima kasih sudah membaca sampai akhir ;)

You Might Also Like

0 comments

PART OF BLOGGER PEREMPUAN

Blogger Perempuan

Subscribe