7 KEBIASAAN PENYEBAB RAMBUT ALAMI PENUAAN

Wednesday, April 24, 2024

 Hi, everyone! Jangan dikira hanya kulit wajah saja yang mengalami penuaan, ya! Rambut juga bisa alami penuaan, loh! Hayooo.. Siapa yang baru tau? Bahkan, jika kalian masih ada di rentang usia 20-an, ada kemungkinan bahwa sebetulnya rambut kalian sudah menunjukkan tanda-tanda penuaan.

Rambut kering, kusam, mudah patah dan juga rontok merupakan tanda-tanda penuaan pada rambut. Biasanya nih, banyak yang mengabaikan tanda-tanda ini. Mungkin berpikir “ah kayaknya nggak cocok sama shampoo-nya deh”. Lalu gonta-ganti produk, padahal masalahnya bukan disitu! Coba cek 7 Kebiasaan Buruk yang menjadi penyebab rambut alami penuaan.

1. Tidak Menjaga Kebersihan Sisir

Tulis di kolom komentar, seberapa sering kamu mencuci bersih sisir? 1 minggu sekali? 2 minggu sekali? Atau satu bulan sekali? Atau lebih parahnya setahun cuma dua kali? Aduh, aduh, kalau kamu sudah lama belum bersihkan sisir, plis banget habis baca postingan ku langsung ambil sisir dan CUCI ya!!!

Menjaga kebersihan rambut memiliki peran penting untuk mencegah penuaan. Menjaga kebersihan rambut tidak hanya dengan keramas, tapi juga menjaga sisir tetap bersih. Setidaknya, bersihkan sisir satu minggu sekali. Sisir harus terjaga bersih karena di sisir tertinggal sel kulit mati, residu minyak ataupun keringat, dan itu akan kembali lagi ke rambut kita padahal barusan selesai keramas.

2. Cara Sisir Rambut Tidak Tepat (rambut masih basah, kusut, dan terlalu ditekan)

Ketika buru-buru maunya sat-set. Menyisir rambut jadi tergesa-gesa sampai tidak sadar kalau terlalu menekan sisir. Apalagi ketika rambut dalam kondisi kusut dan basah?!

Rambut basah sangat rentan untuk rontok. Jadi, gunakan handuk untuk menyerap kelebihan air, kemudian sisir secara perlahan. Sisir pada bagian bawah (ujung rambut) lalu sisir pada bagian atas. Di aku, cara ini ampuh untuk mengurangi rambut yang rontok saat masih basah.

3. Mengikat Rambut Terlalu Kencang

Jujuuur, ini tuh hal yang masih sulit juga untuk aku hindari. Bagi yang berhijab, kalau ikat rambut gak kencang tuh, rasanya nggak mantap gitu ya?! Karena pasti khawatir rambutnya berantakan dan justru akan keluar dari hijab.

Trik untuk menyiasatinya yaitu dengan menggunakan ciput (dalaman hijab) yang gak gampang bergeser. Jadi, kamu bisa renggangkan sedikit ikatan rambut. Sedikit tambahan, jangan ikat rambut dalam keadaan basah kalau nggak mau rambut semakin mudah rontok.

4. Selalu Menggunakan Air Hangat Saat Mandi dan Keramas

Memang paling nyaman ketika mandi menggunakan air hangat cenderung panas. Tubuh rasanya lebih rileks. Tapi, kebiasaan ini tidak baik untuk rambut karena akan menghilangkan kelembaban alami rambut dan membuat rambut menjadi kering.

Jika ingin tetap menggunakan air hangat, maka atur temperaturnya ke hangat cenderung normal, ya! Dengan begitu kamu tetap merasa nyaman, tidak kedinginan, dan dapat sekaligus mengurangi kemungkinan rambut menjadi kering yang merupakan salah satu tanda penuaan rambut.

5. Keramas Setiap Hari

Nah, kalau poin ini, kayaknya terlalu rajin ya?! Biasanya sih karena merasa nggak segar kalau nggak keramas. Tapi, keramas setiap hari justru menyebabkan berkurangnya kelembaban alami rambut juga loh. Rambut akan menjadi cenderung kering.

Kalau aku pribadi, karena tipikal rambut kering, biasanya keramas sebanyak 2x seminggu. Paling banyak, hanya 3x seminggu. Nggak pernah lebih dari itu. Nah, biasanya jadwal keramas juga disamakan dengan jadwal olahraga. Jadi, keramas di waktu yang tepat yaitu setelah berkeringat karena olahraga.

6. Cara Mengeringkan Rambut yang Salah

Setelah membahas jadwal keramas, selanjutnya, tidak kalah penting yaitu cara mengeringkan rambut setelah keramas. Apakah kamu masih suka acak-acak kasar dengan handuk? Atau pelintir rambut dalam handuk supaya airnya langsung keluar semua? Atau langsung tancap pakai hair dryer dengan tingkat panas paling tinggi?

Semua cara itu adalah cara yang salah ya! Jika diperlakukan secara kasar, rambut akan sangat mudah patah. Rambut kamu akan semakin cepat menunjukkan tanda-tanda penuaan. Jangan pernah diulangi lagi, oke?!

Cara yang tepat adalah keringkan rambut dengan handuk secara lembut. Pijat dan tepuk perlahan, biarkan kain handuk menyerap air. Selanjutnya, jika ingin menggunakan hair dryer, atur pada temperatur sedang, bukan yang paling panas! Perhatikan juga jarak antara kulit kepala/rambut dengan hair dryer. Jangan terlalu dekat!

7. Terpapar Panas Berlebihan

Selain panas dari hair dryer, alat styling rambut seperti catokan, ditambah rutin berkegiatan ditemani dengan panas terik sinar matahari akan menjadi perfect combo untuk rambut lebih cepat mengalami penuaan. Tapi, terkadang kondisi memang mengharuskan seperti itu, ya nggak sih?



Nggak usah panik, kamu bisa gunakan hair vitamin yang juga dapat memberikan proteksi dari panas styling tools maupun panas matahari. Iyaps, ada Ellips Hair Vitamin yang mengandung UV dan heat protection. Selain itu, Ellips Hair Vitamin juga mengandung Moroccan Oil sebagai antioksidan. Kandungan Vitamin A, C, E dan Pro Vitamin B5 dalam setiap satu butir Ellips akan menutrisi rambut sehingga rambut lebih sehat dan tidak mudah rontok.

PENYEBAB PENUAAN RAMBUT - Review Ellips Hair Vitamin Warna Ungu


Kurangi 7 kebiasaan buruk yang sudah disebutkan di atas dan gunakan perawatan rambut yang terpercaya dari Ellips untuk mencegah tanda-tanda penuaan muncul.

Dapatkan Ellips Vitamin Rambut dengan mudah di minimarket terdekat, supermarket, dan Shopee. Ellips Hair Vitamin tersedia dalam tiga pilihan, Hair Treatment (pink), Nutri Color (purple), dan Smooth & Shiny (yellow). Pilih variasinya berdasarkan kebutuhan rambut kamu untuk #RambutTetapMuda, ya! Di bawah ini aku sematkan link pembelian untuk mempermudah kamu nge-stok Ellips yang banyak!

You Might Also Like

0 comments

PART OF BLOGGER PEREMPUAN

Blogger Perempuan

Subscribe