VITAMIN UNTUK CEGAH PENUAAN RAMBUT

Friday, April 19, 2024

 Hi, everyone! Melepas usia 20-an, Januari tahun ini, aku sudah genap masuk ke usia 30. Maasyaa Allah. Bercermin dan menyadari bahwa semakin bertambahnya usia, bukan hanya kulit yang mengalami tanda-tanda penuaan, tapi rambut juga loh! Sayangnya, aku tidak tau kalau ternyata rambut menua bisa dialami juga oleh wanita di usia dua puluhan. 

Kalau sekarang kamu baca ini ketika usia masih dua puluhan, kamu harus tau nih apa aja sih faktor penyebab rambut bisa menua?!

Rambut yang cepat menua, biasanya rambut yang sering terpapar panas. Sumber panas bisa saja dari matahari, hair dryer, ataupun juga alat catok rambut.


Aku berhijab, ya aku pede bahwa rambutku akan lebih sehat karena tidak terpapar sinar matahari secara langsung. FYI, Sinar matahari secara langsung akan disertai dengan paparan sinar UV yang tidak hanya memberikan efek buruk untuk kulit tetapi juga untuk rambut.


Radiasi sinar UV B terus menerus akan mengakibatkan berkurang hingga hilangnya protein pada rambut sedangkan radiasi paparan sinar UV A akan berpengaruh pada perubahan warna rambut, yaitu rambut menjadi kusam. Paparan sinar UV B akan memberikan dampak kerusakan yang lebih tinggi terhadap rambut dibandingkan dengan paparan sinar UV A. Ketika kadar protein di rambut terganggu bahkan sampai berkurang secara drastis maka bisa terlihat bahwa rambut akan menjadi kering, mudah patah ataupun rontok. Nah, hati-hati ya karena itu semua merupakan tanda-tanda rambut menua.

Jika kalian tidak berhijab maka paparan sinar UV A dan B merupakan sumber penyebab utama rambut menua. Lalu bagaimana dengan orang orang seperti aku yang berhijab? Sama saja, ciri-ciri rambut menuanya yaitu rambut mudah patah, rontok, kering dan juga kusam, namun biasanya disebabkan oleh paparan panas dari hairdryer. Nah hal inilah yang terkadang membuat lupa kalau ternyata ada kebiasaan yang bisa menyebabkan terjadinya penuaan pada rambut.


Ada fakta yang menarik ketika aku mencari tahu lebih lanjut tentang rambut yang berubah warna menjadi abu-abu ataupun putih (rambut beruban). Faktanya rambut tidak berubah menjadi abu-abu sama sekali. Setelah follicle rambut menghasilkan rambut warnanya pun terbentuk. Warna yang dihasilkan ini tidak akan pernah berubah, jadi kalau awalnya memang hitam, maka dia akan tumbuh dengan warna hitam lagi. Namun follicle rambut kita menghasilkan lebih sedikit warna seiring bertambahnya usia. Jadi ketika rambut melewati siklus alami kematian dan regenerasi, Kemungkinan besar rambut akan tumbuh menjadi abu-abu mulai setelah usia 35 tahun.


Sayangnya nih kalau rambut kamu itu mudah rontok maka siklus alami kematian dan regenerasi itu akan terjadi lebih cepat. Nah, otomatis rambut yang tumbuh berikutnya lama kelamaan kepekatan warnanya akan berkurang.


Kalau sudah tahu tanda-tanda dan penyebab rambut menua lebih baik dari sekarang kalian harus mulai memperhatikan perawatan rambut. Dan di sini aku juga ingin banget mengajak perempuan-perempuan yang berhijab tetap merawat rambut sebaik mungkin. Karena rambut itu tetaplah mahkota kamu jadi walaupun banyak orang tidak bisa melihat kamu bukan berarti kamu jadi cuek sama kesehatan rambut. Tapi justru seharusnya kita membuat rambut terlihat spesial untuk orang yang spesial :)


Nah, ini ada beberapa cara yang sudah aku lakukan untuk mengatasi rambut menua.


  1. Berikan nutrisi untuk rambut melalui pola makan yang sehat. Konsumsi makanan yang kaya akan protein, Vitamin A, C, D dan E serta mineral seperti Zinc dan zat besi.

  2. Hindari mengikat rambut terlalu kencang dan terlalu lama.

  3. Jika memungkinkan kamu bisa kurangi penggunaan alat pemanas seperti pengering dan catok. Namun jika memang sangat dibutuhkan kamu tetap bisa menggunakan dengan catatan harus menggunakan produk yang mengandung heat protection. Tujuannya untuk melindungi rambut kamu dari panas alat-alat tersebut.

  4. Memilih rangkaian perawatan rambut sehari-hari yang tepat. Hal ini penting banget karena rambut seperti bagian tubuh yang lain, berarti harus dirawat setiap hari. Saat memilih produk perawatan rambut harus disesuaikan dengan jenis rambut, ya!


Untuk mengatasi tanda penuaan pada rambut kamu bisa menggunakan Ellips Hair Vitamin yang mengandung Moroccan Oil sebagai antioksidan. Selain itu Ellips Hair Vitamin juga mengandung UV dan heat protection, jadi dapat digunakan setiap kali kamu akan pakai styling tools. Rambut akan terasa lebih halus, wangi, mudah diatur dan #RambutTetapMuda. Kandungan Vitamin A, C, E dan Pro Vitamin B5-nya akan menutrisi rambut sehingga rambut lebih sehat dan tidak mudah rontok.




Ellips Vitamin Rambut bisa kamu dapatkan di minimarket terdekat, supermarket, dan Shopee. Ellips Hair Vitamin ada tiga pilihan nih, Hair Treatment (pink), Nutri Color (purple), dan Smooth & Shiny (yellow). Pilih variasinya berdasarkan kebutuhan rambut kamu, ya! Di bawah ini aku sematkan link pembelian untuk mempermudah kamu nge-stok Ellips yang banyak!

You Might Also Like

0 comments

PART OF INDONESIAN HIJAB BLOGGER

PART OF INDONESIAN FEMALE BLOGGERS

https://www.facebook.com/groups/1949767178581022/

PART OF BLOGGER PEREMPUAN

Blogger Perempuan

Subscribe