Cara Mencegah dan Mengatasi Rambut Menua

Monday, March 25, 2024

 Hi, everyone! Identik dengan istilah “rambut adalah mahkota bagi perempuan’, pasti rambut yang sehat menjadi dambaan setiap orang, khususnya para perempuan. Namun ternyata,tidak semua perempuan menyadari bahwa sejak usia 20-an, penuaan terhadap rambut akan mulai menghantui. Hiks, salah satu perempuan yang tidak menyadari hal itu adalah aku 🙁

Setelah menyadari bahwa rambutku mulai menunjukkan tanda-tanda penuaan seperti rambut mudah patah, rontok, kering dan kusam, aku baru berusaha mencari tau penyebabnya. Ternyata penyebab penuaan pada rambut bisa disebabkan karena kebiasaan-kebiasaan buruk seperti:

  1. Membiarkan sisir dalam keadaan kotor. Yuk, coba diingat lagi, dalam satu bulan ini sudah berapa kali membersihkan sisir?
  2. Menyisir rambut secara langsung dari atas ke bawah ~apalagi dalam keadaan rambut masih basah~. Padahal, menyisir rambut dalam kondisi basah, akan memperparah jumlah rambut yang rontok.
  3. Mengikat rambut terlalu kencang. Jujur, menyesal banget! Setiap selesai beraktivitas, lepas hijab, kemudian lepas ikat rambut, pasti selalu ada rambut rontok yang tersangkut di ikat rambut. Jangan abaikan ini, ya! Tanda-tanda penuaan rambut (berupa rambut rontok) terjadi hampir setiap hari tapi gak sadar :(
  4. Keramas menggunakan air hangat cenderung panas. Bagi orang-orang yang tinggal di daerah cenderung sejuk-dingin, jujur, kebiasaan ini sulit ditinggalkan. Aku yang dulu tinggal di kampung halaman, Malang, gak bisa kalau keramas pakai air suhu normal. Dingiiiin bangeeeet airnya! Tapi, sekarang merantau ke Jakarta, kebiasaan itu hilang total. Aku selalu keramas dengan air suhu normal (tidak hangat, tidak dingin), dan benar saja memperbaiki kebiasaan ini membawa pengaruh yang positif. Kerontokan rambut saat mandi/keramas berkurang.
  5. Buru-buru mengeringkan rambut. Entah itu menggunakan handuk secara kasar atau menggunakan hair dryer pada suhu tinggi agar bisa cepat kering. Keduanya adalah cara mengeringkan rambut yang salah. Biarkan handuk secara lembut menyerap air, sehingga rambut tidak mudah patah. Lanjutkan dengan hair dryer pada suhu rendah. Angin hangat sudah cukup untuk mengeringkan rambut. Posisi hair dryer pun tidak boleh terlalu dekat dengan rambut, ya! Panas hair dryer merupakan penyebab rambut mengalami penuaan.
  6. Aktivitas padat dan selalu terekspos dengan matahari. Sama halnya dengan panas dari hair dryer, panas dari sinar matahari langsung juga merupakan penyebab rambut mengalami penuaan.
  7. Rutin melakukan hair styling menggunakan catokan. Lagi dan lagi, rambut terekspos suhu tinggi (panas) yang merupakan faktor paling ampuh menjadi penyebab rambut mengalami penuaan.

Kalau kebiasaan pada nomor 1-4 adalah hal yang bisa kita kontrol dan perlahan kita ubah. Namun, kondisi pada nomor 5-7 yang mana rambut terus-terusan terekspos panas adalah hal yang sulit untuk dihindari. Apalagi kalau itu merupakan suatu tuntutan pekerjaan. Pasti sulit banget untuk berkompromi dengan “panas” si penyebab rambut menua. Terekspos panas berlebihan tidak hanya menyebabkan rambut mudah rontok/patah, tapi akan membuat rambut menjadi sangat kering dan tampilannya pun akan kusam.

Cara mencegah rambut menua yang diakibatkan oleh panas, baik panas dari matahari langsung ataupun panas dari alat seperti hair dryer dan catokan dapat dilakukan dengan menggunakan vitamin rambut yang mengandung heat protection. WAJIB ya!


Cara pemakaiannya yaitu dengan mengeringkan rambut menggunakan handuk terlebih dahulu. Setelah rambut setengah kering, gunakan vitamin rambut ke seluruh batang rambut. Lanjutkan dengan penggunaan hair dryer. Apabila ingin melanjutkan ke tahap hair styling, biasanya aku akan gunakan lagi vitamin rambut kemudian tunggu beberapa saat hingga terserap, kemudian baru bisa dicatok.



Vitamin rambut dengan kandungan heat protection yang paling mudah didapatkan yaitu Ellips Hair Vitamin. Mampir ke setiap minimarket terdekat atau di supermarket ketika belanja bulanan, pasti ada Ellips deh! Mau belanja online pun bisa, Ellips ada di Shopee. Aku pun sangat merekomendasikan Ellips Hair Vitamin karena juga mengandung nutrisi yang membuat rambut tetap muda, seperti adanya kandungan Moroccan Oil sebagai antioksidan, Vitamin A, C, E dan Pro Vitamin B5.


Nah, untuk yang mau checkout Ellips Hair Vitamin, aku kasih linknya!

Yap, Ellips Hair Vitamin tersedia dalam beberapa varian untuk disesuaikan dengan kondisi rambut. Kamu bisa pilih sesuai dengan kebutuhan rambut. Pakai Ellips untuk #RambutTetapMuda, sehat, dan berkilau.


You Might Also Like

0 comments

PART OF INDONESIAN HIJAB BLOGGER

PART OF INDONESIAN FEMALE BLOGGERS

https://www.facebook.com/groups/1949767178581022/

PART OF BLOGGER PEREMPUAN

Blogger Perempuan

Subscribe