REVIEW COSRX AHA/BHA CLARIFYING TREATMENT TONER

Wednesday, May 17, 2017

Assalaamu'allaikum, everyone! Akhir tahun 2016 yang lalu, brand COSRX sepertinya sedang melambung tinggi tidak hanya di Korea tetapi juga mulai terdengar namanya di Indonesia. Harga yang ditawarkan oleh COSRX nggak terlalu tinggi tapi juga nggak terlalu rendah, pas gitu deh menurutku. Produk pertama yang aku coba adalah COSRX AHA/BHA Clarifying Treatment Toner. Aku mulai mencoba sejak minggu ketiga bulan Desember 2016, berarti sudah sekitar 5 bulan aku menggunakan toner ini.


Alasan aku memilih COSRX AHA/BHA Clarifying Treatment Toner karena aku membutuhkan exfoliating toner yang bisa digunakan setiap hari. Nah, COSRX AHA/BHA Clarifying Treatment Toner ini kandungan AHA/BHA-nya masing-masing hanya 0,1%. Jadi, aku rasa sangat cocok untuk digunakan setiap hari. Well, review kali ini akan panjang karena aku akan menceritakan semua pengalaman seru aku secara detail saat menggunakan COSRX AHA/BHA Clarifying Treatment Toner. Silahkan disiapkan dulu camilannya XD

***
Product: COSRX AHA/BHA Clarifying Treatment Toner
Price: IDR 170.000 - IDR 200.000
Where to buy: online, I bought it from MatahariMall.com 
***

PACKAGING

COSRX AHA/BHA Clarifying Treatment Toner dikemas dalam botol 150 ml. Design packagingnya simple banget, nggak ada kesan lucu atau menggemaskan gitu, yaudah biasa aja.


Botol COSRX AHA/BHA Clarifying Treatment Toner sudah dilengkapi dengan pump spray, jadi praktis cuma perlu semprot sana semprot sini. Pump spray-nya nggak membuat produk keluar menyebar ke segala arah dengan cakupan luas (seperti umumnya setting spray), so pemakaiannya jadi lebih hemat karena produk nggak terbang mengudara secara sia-sia -apalagi kalau lebih suka disemprotkan terlebih dahulu di kapas-.

PRODUCT INFORMATION


Syukur alhamdulillah ada deskripsi produk dan penjelasan cara pemakaiannya dengan mengunakan Bahasa Inggris hahaha. Informasi produk lebih lengkap tertulis di kemasan box sedangkan di botolnya cuma tertulis claim/manfaat si produk.

Product description. "There is a reason to use best-quality AHA/BHA products daily"
AHA/BHA Clarifying Treatment Toner is an effective toner for your flaky skin caused by lack of moisture and occuring dead skin cell, helping with early prevention of whiteheads and blackheads. Contained in AHA/BHA Clarifying Treatment Toner are mineral water (as opposed to purified water) for your skin health, natural AHA, natural BHA to clean away dead skin cell. Additionally, valid substances like allantoin provide moisture and nutrition for moist and smooth skin.


Ohiya, sebetulnya ada juga informasi yang ditulis menggunakan huruf Korea di botolnya tapi aku buta huruf Korea. Sorry :p




TEXTURE & SCENTS

Teksturnya super ringan seperti air dan aromanya ada kecut-kecutnya gitu, tapi samar banget. Kalau kita fokus banget baru deh bisa tercium aromanya. Intinya, aku tidak merasa terganggu dengan aromanya.

DIRECTIONS
Berdasarkan saran cara pakai, COSRX AHA/BHA Clarifying Treatment Toner digunakan setelah tahap mencuci muka. Untuk pengaplikasiannya bisa langsung disemprotkan ke wajah ataupun menggunakan kapas.

Ketika aku menggunakan COSRX AHA/BHA Clarifying Treatment Toner setelah mencuci muka, sebelum masuk ke tahap skin care serum/cream dan lain-lain, aku merasa kulitku menjadi kusam seolah-olah aku tidak menggunakan skin care apapun. Aku menerapkan ini pada 2 minggu pertama mencoba. Bingung banget dan bete!


Setelah aku mencoba-coba, sepertinya aku salah step. Seharusnya, aku menggunakan serum terlebih dahulu dan dilanjutkan si toner. Jadi, urutan aku menggunakan COSRX AHA/BHA Clarifying Treatment Toner yang benar dan dapat membuahkan hasil adalah sebagai berikut:
  1. Serum Garnier
  2. COSRX AHA/BHA Clarifying Treatment Toner
FYI, skin care routine aku hanya Ultimate Serum Garnier Sakura White dan COSRX AHA/BHA Clarifying Treatment Toner. Jarang pakai day/night cream karena belum menemukan yang benar-benar aku suka. Kalau teman-teman punya rangkain skin care routine yang lebih komplit lagi dari aku, penggunaan COSRX AHA/BHA Clarifying Treatment Toner dapat dilakukan dengan urutan sebagai berikut:
  1. Serum atau essence
  2. COSRX AHA/BHA Clarifying Treatment Toner
  3. Hydrating toner
  4. Day/Night Cream
Urutan pemakaian yang aku sarankan mungkin akan berbeda hasilnya disetiap kulit, ya! Berdasarkan youtube channel WISHTREND, mereka menerapkan COSRX AHA/BHA Clarifying Treatment Toner dipakai setelah mencuci muka. Tapi, kembali lagi, karakteristik kulit setiap orang berbeda-beda dan reaksi antara skin care satu dengan skin care yang lainnya juga mungkin ada pengaruhnya entah sedikit atau banyak.

REVIEW ON USAGE
Setelah berhasil menemukan urutan pemakaian COSRX AHA/BHA Clarifying Treatment Toner yang tepat, akhirnya aku merasakan hasil yang sesuai dengan claim dari COSRX. Yeay!

It claimed. This advanced formulation reduces the appearance of whiteheads, blackheads, and blemishes, while cleansing pores.

Aku merasa yakin pori-poriku sekarang menjadi lebih bersih karena whiteheads dan blackheads ku sudah jauh berkurang. Hidung dan dagu biasanya merupakan bagian yang paling banyak ditumbuhi komedo, tapi sekarang terutama pada bagian dagu belum ada komedo yang terlihat muncul lagi. Kalau pada bagian hidung, masih bisa muncul satu atau dua gitu tapi nanti juga hilang lagi. Aku puas banget dengan hasil COSRX AHA/BHA Clarifying Treatment Toner. Padahal selama 5 bulan penggunaan, terkadang ada dua atau tiga hari aku lupa pakai, intinya sih nggak benar-benar rutin setiap hari pakai, tapi hasilnya sudah memuaskan banget!

Apa teman-teman mulai penasaran untuk mencoba COSRX AHA/BHA Clarifying Treatment Toner? Eits, sebelum teman-teman berekspektasi memiliki hasil yang sama dengan aku, penting banget untuk diketahui bahwa COSRX AHA/BHA Clarifying Treatment Toner hanya berperan untuk menjaga agar komedo nggak gampang balik alias kembali lagi!

Sebelum aku menggunakan COSRX AHA/BHA Clarifying Treatment Toner terlebih dahulu aku mengusir paksa si komedo dengan masker My Scheming Mask Set (sudah aku review di sini) dan untuk lebih menuntaskan si komedo aku melakukan squeezing menggunakan tweezers. Squeezing menimbulkan pro-kontra, tapi aku sudah terlanjur bete setengah mati dengan komedo ku. Akhirnya aku tetap melakukan squeezing. Aku melakukan ini semua sendiri di rumah. Kalau teman-teman takut membersihkan sendiri komedonya, teman-teman bisa pergi ke klinik kecantikan terpercaya untuk sekedar facial, nanti biasanya ada proses pembersihan komedo juga.

Setelah yakin komedo hilang, baru deh aku mencoba rutin menggunakan COSRX AHA/BHA Clarifying Treatment Toner. Dan penting banget untuk tidak menggunakan foundation atau heavy makeup dulu selama 1 minggu di awal. Lebih dari itu, silahkan menggunakan heavy makeup dan jangan lupa untuk membersihkannya seperti biasa.

Yap, tips membebaskan diri dari komedo sudah aku bocorkan untuk teman-teman :) Semoga dengan mencoba tips tersebut disertai rutin menggunakan COSRX AHA/BHA Clarifying Treatment Toner teman-teman bisa terbebas dari komedo juga ya.

Well, nggak cuma masalah komedo yang diredam oleh COSRX AHA/BHA Clarifying Treatment Toner, tapi juga milia pada sekitar hidung di bawah mata. Milia yang aku punya mulai mereda. Memang tidak permanen dan ternyata itu wajar. Aku tau setelah menonton videonya Female Daily.

Aku merekomendasikan COSRX AHA/BHA Clarifying Treatment Toner bagi teman-teman yang mempunyai masalah terhadap komedo ataupun milia. Dengan harga IDR 180.000-an isi 150 ml, menurutku harganya sesuai kok. Isinya banyak seperti nggak habis-habis. Aku pakai dua kali sehari pada pagi sebelum berkegiatan dan malam hari sebelum tidur. Aku lebih suka menyemprotkan langsung di wajah dengan rincian:
  • Empat kali pump untuk bagian pipi kanan, pipi kiri, dahi, dan dagu (masing-masing bagian cukup 1x pump). Kemudian ratakan keseluruh wajah.
  • Satu kali pump di telapak tangan, kemudian dengan jari di-tap ke bagian hidung terutama pada sela-sela hidung yang rawan ditumbuhi komedo dan juga pada bagian yang ada milianya.
CONCLUSION
Pros
- Cleansing my pores
- Reduces whiteheads, blackheads, and milia
- The price is just right with 150 ml, it can be used for more than 1 year for me

Cons
- Only available online

Finally, sudah sampai di penghujung postingan! Semoga postingan kali ini bermanfaat terutama untuk teman-teman yang bermasalah dengan komedo dan milia. Sebenarnya, aku kepingin membuat postingan terpisah tentang "How I get rid my white/blackheads" tapi akhirnya aku gabung dengan review COSRX AHA/BHA Clarifying Treatment Toner karena menurutku bahasannya sangat nyambung.

Ohiya, di bawah ini aku melampirkan video terkait COSRX AHA/BHA Clarifying Treatment Toner (cara pemakaian dan lain-lain), tahapan pemakaian toner, dan juga videonya Female Daily tentang Milia yang dibahas oleh Kak Affi Assegaf.







Bye, girls! See you on my next post!

Don't forget to follow my blog:
GFC (you can click "join this site" on the left side of this blog)
Instagram: @vidazenitha
Facebook: Vida Zenitha

Thank you!
Wassalam.

You Might Also Like

13 comments

  1. Aku baru coba benton Vida, dan liat dari cosrx seampuh itu jadi mau coba deh tahun depan pas abis hehe
    Btw aku baru tahu loh kalau pakai aha/bha skin toner cosrx ini setelah serum, agak beda ama brand lainnya :D


    www.destywidy.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaps, 2 minggu pertama pakai, urutanku toner dulu trus lanjut serum. karena setahu aku emang gitu yaaa, toner untuk mempersiapkan kulit kita menerima skin care berikutnya. Tapi ternyata yg ini berbeda hahaha.

      Ohiya, aku nggak tau apakah urutan yg berhasil di aku itu cocok juga diterapkan untuk serum selain Garnier ya?!

      Delete
  2. Aku baru tahu ternyata step skincare itu juga bisa disesuaikan dengan jenis kulit ya. Toner ini lumayan juga sih untuk daily exfoliation, apalagi bisa mencegah komedo. Makin bingung mau beli produk COSRX yang mana dulu hahaha T_T

    www.magellanictivity.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, isinya kan banyak banget dan untungnya AHA BHA nya cuma 0,1% jadi nggak takut mubazir keburu expired karena cocok untuk daily bisa pagi dan malam :D

      Delete
  3. Tertarik pengen cobain exfoliating toner sih cuma kek masi takut dan bingung gitu hahaha btw thanks reviewnya!

    kaniarda.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  4. susah memang ngilangin komedo, menurutku sebagus apapun produk buat komedo g akan bisa menghilangkan permanen, apalagi kalau distop pemakaiannya

    reflectionofflowrin.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  5. Kalo abis make berasa gatel berarti ga cocok kah?

    ReplyDelete
  6. Mukaku kok agak bruntusan gtu ya keluar bintik2 merah kecil2..katanya purging ada yg jerawatan jg..tpi aku kok bintik2 merah gtu apa gpp ya kyk gtu kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iy sama mba aku jg bintik merah gitu apa purging yaaa minta contak donkk kak aku bru pkai 2 hr
      Ni kontc aku kak glau aku 087899712181

      Delete
    2. mungkin tanda-tanda nggak cocok. coba hentikan pemakaian dan lihat bedanya, apakah bintik2 merah tidak bertambah? Kalau tidak bertambah, berarti bintik2 merah itu memang dikarenakan si toner ini. Jadi, mungkin memang nggak cocok. Lebih baik hentikan pemakaian.

      Delete

PART OF INDONESIAN HIJAB BLOGGER

PART OF INDONESIAN FEMALE BLOGGERS

https://www.facebook.com/groups/1949767178581022/

PART OF BLOGGER PEREMPUAN

Blogger Perempuan

Subscribe