ATURAN #PAKAISAMPAIHABIS | MASA KADALUARSA SKINCARE SETELAH DIBUKA

Thursday, March 30, 2023

 Hi everyone! Selama vakum 8 bulan, sebagaimana aku ceritakan di post sebelumnya, aku berambisi untuk #pakaisampaihabis produk skincare dan makeup yang aku punya. Tentunya ada dari produk PR package dan yang beli sendiri. Normalnya untuk toner (100 mL) aku butuh waktu 2 bulan dan Serum (20 mL) selama satu setengah bulan untuk menghabiskan. Pokoknya, jarang banget bisa habis dalam 1 bulan pemakaian. Ini tuh karena tipikal kulit ku yang kalau kebanyakan pakai malah gampang muncul milia. Yes, kulitku terlalu mudah untuk kena over moisturized. Maka dari itu, aku selalu pakai produk sedikit saja (secukupnya) agar mendapatkan manfaatnya. Nggak apa-apa terlihat lama hasilnya daripada cepat panen milia 😎

masa kadaluarsa skincare setelah dibuka

Kelihatan banyak botol toner ya! Jadi, toner-toner ini aku habiskan selama kurang lebih 3 bulan. Ada 1 botol lagi yang mana botolnya ada di kontrakan ku, jadi nggak ikut terfoto. Dalam waktu 3 bulan, aku menghabiskan 1/4 sisa toner SNP Prep Ciceronic, kurang dari 1/2 sisa toner N'pure Marigold Flower Toner, dan 3/4 sisa toner Nature Republic Mild Green Tea. Pada 5 bulan terakhir, aku menghabiskan 1 botol Mamonde Rose Toner. Ohiya, volume pada masing-masing produk berbeda ya! Adapun aku juga berhasil #pakaisampaihabis exfoliating toner dari Sarange yaitu AHA/BHA/PHA Phyto Toner yang saat itu isinya tersisa  1/4  botol. Setelah habis, aku lanjutkan exfoliasi pakai toner pad dari N'pure.

Seperti yang aku sampaikan di post sebelumnya, aku nggak rutin eksfoliasi seperti dulu. Jadi, setelah selesai masa uji coba (karena ini produk PR package) exfoliating toner pad dari N'pure , aku menurunkan frekuensi pemakaian. Alasannya ada di post sebelumnya.

Well, ada beberapa produk yang aku pakai dalam rentang 8 bulan terakhir, tapi tidak masuk frame! Ada yang botolnya sudah aku reuse, ada yang botolnya entah nyelip dimana, ada juga yang ditinggal di kontrakan, dan ada juga yang belum habis sudah terlanjur ada perubahan warna/tekstur/aroma.

ATURAN #PAKAISAMPAIHABIS

Pakai lagi produk yang kemasannya sudah telanjur dibuka harus memperhatikan Expired Date dan PAO (period after opening)!!! Kalau sudah melewati tanggal kadaluarsa, mau nggak mau harus say goodbye! Tapi kalau masih belum kadaluarsa, perhatikan PAO.

PAO atau period after opening adalah rentang waktu yang disarankan untuk masa pakai skincare setelah kemasan dibuka. Biasanya dalam kemasan skincare akan selalu ada logo jar dengan tutup terbuka dan tertulis angka diikuti huruf M, yang artinya "month" (bulan). Misal tertulis 12M artinya produk bisa dipakai selama 12 bulan setelah kemasan dibuka, selama belum melewati tanggal kadaluarsa. Cek contoh pada gambar di bawah ini.

arti PAO period after opening masa pakai skincare setelah kemasan dibuka

Jika memang belum lewat PAO, wajib memperhatikan kondisi (perubahan fisik) seperti tekstur, warna, dan aroma. Kalau sudah mengalami perubahan, nggak bisa dilanjutkan. Tapi, kalau tidak ada perubahan, boleh dipakai. Aplikasikan sedikit saja pada bagian tertentu untuk melihat apakah produknya masih aman. Hal ini karena bisa jadi ada perubahan senyawa dalam produk yang tidak bisa diamati oleh mata (tidak menimbulkan perubahan fisik pada skincare). Perubahan ini, bisa saja menimbulkan efek yang tidak diharapkan. Kalau kulit tidak menunjukkan reaksi alergi/iritasi, dengan kata lain masih cocok, maka boleh lanjutkan pemakaian.

PAO sudah lewat tapi belum kadaluarsa? Tidak ada perubahan pada tekstur, aroma dan warna? Sudah coba dipakai sedikit di kulit beberapa kali dan tidak muncul efek buruk, lanjut pakai aja atau say goodbye? Pilihan masing - masing, ya! Karena pada akhirnya, kulit kalian adalah tanggung jawab kalian sendiri 🥰 Bukan tanggung jawab beauty brand yang kamu percaya, dan bukan tanggung jawab beauty blogger/influencer. Jadi, belajarlah bijak pada pengambilan keputusan. Aku pribadi, sempat melanjutkan pemakaian dan alhamdulillah tidak ada masalah di kulitku. Mampir ke instagram aku, yuk! Ada rekomendasi skincare, makeup, dan update reviewnya di @vidazenitha .

Jujur saat menerima terus menerus kerjasama, aku senang banget. Apalagi kalau produknya cocok dan experience selama pemakaian juga menyenangkan. Tapi, aku merasa sayang banget kalau masih tersisa. "Sayang banget" lebih ke arah tanggung jawab untuk dihabiskan supaya nggak nyampah ! Masih belajar untuk bisa ikutan #ZeroWaste. Nantinya, botol-botol skin care dan kemasan makeup bisa dibawa ke outlet penampungan kemasan beauty product. Setau aku, yang paling gampang ditemukan adalah Socialla store dan outlet Nature Republic. Kalau kalian sudah pernah kemana nih?

You Might Also Like

0 comments

PART OF INDONESIAN HIJAB BLOGGER

PART OF INDONESIAN FEMALE BLOGGERS

https://www.facebook.com/groups/1949767178581022/

PART OF BLOGGER PEREMPUAN

Blogger Perempuan

Subscribe