REVIEW WARDAH COLORFIT VELVET MATTE LIP MOUSSE | MAKEUP ERA NEW NORMAL

Tuesday, July 28, 2020

Hi everyone!
Bagaimana kabar kalian, apa sudah kembali beraktivitas dan menerapkan new normal? Kalau aku, sudah! Sempat bingung saat new normal karena kemana-mana harus pakai masker. Lipstick udah bukan jadi prioritas aku sehingga hampir lupa kalau punya beberapa lip product yang masih nganggur.

Pada blogpost terdahulu, daily lip product aku adalah bentukan lipstick klasik. Formula dari lipstick klasik yang berbentuk batang, memang biasanya tidak transferproof, sehingga kalau lagi pakai masker pasti akan transfer! Inilah alasan kenapa aku mulai beralih ke liquid lipstick. Hampir semua brand lokal pasti punya produk matte lipcream yang namanya bisa bervariasi, intinya klaim mereka adalah transferproof atau kissproof. Jadi, di era new normal merupakan waktu yang tepat bagi aku untuk mengeksplor lip product yang beneran transferproof.

Jujur, saat dunia beauty di Indonesia digempur oleh brand-brand lokal yang launching liquid lipstick dengan hasil akhir matte (mungkin sekitar dua tahun lalu), aku merasa nggak tergoda untuk mencoba. Kenapa? Karena bosan melihat berita launching dan semua influencer ngomongin itu dan semua produknya secara umum memiliki klaim yang sama.

Tapi sekarang, di era new normal, aku bersyukur karena pilihan liquid lipstick sudah ada banyak di saat memang sudah waktunya dibutuhkan. Well, tanpa berlama-lama lagi, ini review Wardah Colorfit Velvet Matte Lip Mousse, kira-kira oke nggak untuk menemani aktivitas selama new normal?

***
Wardah Colorfit Velvet Matte Lip Mousse
Harga: IDR 73.000 (netto 4g)
Shade: 05 Artisan Mauve dan 09 Ombre Charmer
Beli di semua counter Wardah atau online di sociolla.
Diproduksi oleh PT. Paragon Technology and Innovation
Official Website: www.wardahbeauty.com
***

KEMASAN
Aku suka dengan kemasan Wardah Colorfit Velvet Matte Lip Mousse karena warna dari setiap botolnya berbeda yang terlihat merepresentasikan shade yang ada di dalamnya. Dengan begitu akan memudahkan saat buru-buru ingin memilih warna shade.




Produk ini tidak ada kemasan boxnya. Jadi, kamu hanya akan menerima langsung botol/tube berukuran kurang lebih panjang 10,6 cm dan diameter 1,7 cm yang tersegel oleh label dan juga full plastik. Dimensi Wardah Colorfit Velvet Matte Lip Mousse menurutku tidak terlalu bulky jika ingin dimasukkan ke dalam makeup pouch untuk dibawa sehari-hari.

Fyi, 05 Artisan Mauve adalah shade yang launching terlebih dahulu sedangkan 09 Ombre Charmer merupakan shade baru dari kategori earthy tone. Jadi, wajar kalau pada bagian bawah botol, tag nomor shadenya terlihat berbeda.

APLIKATOR
Ukuran panjang tangkai aplikator yang menurutku pas (nggak terlalu panjang dan nggak terlalu pendek). Pegangan aplikatornya pun memiliki ukuran yang pas sehingga membuat aku merasa nyaman dan mudah saat mengaplikasikan produk ke bibir. Selain itu, kualitas brush tip-nya juga bagus karena memudahkan transfer produk ke bibir. Jadi, saat pengaplikasian, si produk tuh nggak geser-geser setiap kali tip aplikator digerakkan, sehingga sangat memudahkan untuk meratakan warna di bibir.


TEKSTUR
Sesuai dengan namanya "lip mousse". Mungkin ada yang belum paham dengan definisi mousse. Jadi, mousse itu seperti busa yang ngembang. Itu kan super ringan. Nah, formula lip mousse itu maksudnya adalah ringan. Kamu bisa merasakan sensasi beda antara lip cream biasa dengan lip mousse. Secara kasat mata kalau dilihat dari tekstur, nggak akan ada bedanya karena sama-sama cream. Tapi, saat itu menyentuh bibir, baru deh akan tau bedanya mana yang lip cream dan mana yang lip mousse. Rasanya tuh seperti nempelin si busa yang ringan.

SWATCHES
Alasan aku memilih dua warna dari Wardah Colorfit Velvet Matte Lip Mousse, yaitu 05 Artisan Mauve dan 09 Ombre Charmer adalah karena dua warna ini mewakili kategori bold dan nude. Nantinya aku akan memperlihatkan pada kalian di swatchesnya apakah keduanya memiliki formula maupun pigmentasi yang sama. Sudah jadi rahasia umum, kalau seringkali produk lipcream atau lipstick memiliki formula atau pigmentasi antara kategori warna bold dan nude yang berbeda. Semacam nggak konsisten gitu. Nah, apakah Wardah Colorfit Velvet Matte Lip Mousse memiliki konsistensi yang baik antara kategori bold dan nude?

09 Ombre Charmer

05 Artisan Mauve

Wardah Colorfit Velvet Matte Lip Mousse memiliki konsistensi formula dan pigmentasi yang sangat baik pada warna bold maupun nude. Terlihat di gambar kalau bibir aku lagi kering banget dan masih ada stain dari warna lip balm. Untuk bagian gambar 09 Ombre Charmer, kulit bibir kering pecah-pecah masih sangat terlihat karena memang bibir aku super kering saat ngeswatch. Sedangkan di 05 Artisan Mauve, tekstur kulit bibir pecah-pecah terlihat samar karena ketika aku menghapus hasil swacth sebelumnya, kulit bibir keringku juga ikut terkelupas.

Berdasarkan pengalaman aku berkali-kali memakai produk ini, kalau memang dari awal bibir sudah kering, maka tetap akan terlihat jelas kulit bibir yang kering. Seiring berjalannya waktu produk ini tidak akan melembabkan si bagian yang kering itu. Jadi, tetap akan kering sepanjang hari. Tapi, bukan berarti produk ini membuat bibir kering ya! Kalau dari awal bibir memiliki kelembaban yang bagus dan tidak ada bagian yang kering, maka Wardah Colorfit Velvet Matte Lip Mousse akan terlihat cantik di bibir. Produk ini memiliki formula yang tidak terlalu melembabkan tapi juga tidak membuat bibir semakin kering. Jadi, akan lebih baik kalau kita memastikan terlebih dahulu bibir dalam keadaan yang lembab.

Pigmentasi warna nude yaitu 09 Ombre Charmer sama bagusnya dengan warna bold yaitu 05 Artisan Mauve. Sama-sama  mampu menutupi bagian bibir yang gelap  sehingga si 09 Ombre Charmer ini bisa banget dijadikan base untuk bikin gradient lips ala-ala cewek Korea. Nah, di bawah ini hasil gradient lips dari dua warna Wardah Colorfit Velvet Matte Lip Mousse yang aku punya.


Aku sukaaa banget dengan perpaduan dua warna 09 Ombre Charmer dan 05 Artisan Mauve. Ohiya, ketika mencoba untuk memadukan warna ini, aku membaurkan bagian warna tengah bibir dengan mengecap bibir atas dan bawah berkali-kali, walaupun tanpa meratakan dengan jari, tapi  hasilnya bisa membaur sempurna dan terlihat natural. Selain itu, karena tekstur dari lip mousse ini yang super ringan, ketika aku mengecap bibir, nggak ada tuh jiplakan tertentu. Jadi, warna yang aku pakai di bagian tengah bisa terdistribusi dengan baik.

By the way, aku agak bingung mendeskripsikan "jiplakan" hahahaha.. but let me try. Misalnya nih, warna bibir yang awalnya sudah rata, kemudian aku mengecap bibir (menempelkan bibir bagian atas dan bawah), maka nanti warnanya jadi ada yang ngeblok di bagian atas bibir. Alhasil, maksud hati biar warna semakin rata, tapi malah bikin penampakannya jadi nggak bagus karena ada jiplakan.

Bisa dibilang aku akan memberikan nilai 10 dari 10 untuk tekstur lip mousse ini. Pokoknya, tekstur Wardah Colorfit Velvet Matte Lip Mousse adalah yang terfavorit dari beberapa lipcream yang sudah pernah aku coba.

Well, kemasan, pigmentasi, tekstur, dan formula, semuanya aku suka.  Aromanya  pun aku suka, samar-samar tercium aroma manis dan tidak mengganggu. Sayangnya  daya tahan  dari Wardah Colorfit Velvet Matte Lip Mousse tergolong biasa saja. Apabila terkena makanan berminyak, ya pasti warna akan memudar bahkan menghilang.

Apakah akan meninggalkan stain? Semakin lama dipakai maka ada kemungkinan meninggalkan stain. Oleh karena itu, kalau dipakai seharian maka untuk membersihkan sisa produk akan sulit kalau hanya menggunakan micellar water karena stainnya sudah terlanjur menempel. Tapi, kalau baru aplikasi ke bibir dan 20 menit kemudian langsung makan, ya jangan berharap ada stain. Sudah pasti warnanya menghilang.

Bagiku, walaupun daya tahannya biasa saja, aku nggak masalah untuk reapply produknya. Ketika akan mengaplikasikan ulang, bisa langsung ditimpa saja. Jadi, nggak perlu repot membersihkan sisa yang sebelumnya. Gampang banget, deh!

Pertanyaan terakhir yang pasti muncul di benak kalian terkait new normal, apakah Wardah Colorfit Velvet Matte Lip Mousse transferproof? Ya, 98% transferproof dengan catatan pastikan lip mousse sudah kering sebelum menggunakan masker. Jadi, masih ada sedikiiit transfer di masker dan menurutku masih sangat bisa ditoleransi. Selain itu, nodanya yang samar juga mudah untuk dibersihkan (kalau kalian pakai masker kain).


Secara keseluruhan, aku sangat suka dengan Wardah Colorfit Velvet Matte Lip Mousse terutama untuk 05 Artisan Mauve dan 09 Ombre Charmer. Baik dari kategori bold maupun nude, keduanya memiliki pigmentasi dan formula yang sama bagusnya yaitu mampu menutupi warna bibir yang gelap, terasa ringan dan juga tidak membuat bibir kering. Selain itu, walaupun dengan daya tahan yang standar tetapi masih bisa memberikan stain di bibir dan bisa dibilang transferproof sehingga cocok untuk menemani aktivitas di saat new normal seperti sekarang.

Well, sampai sini saja review Wardah Colorfit Velvet Matte Lip Mousse. Kalau ada yang mau ditanyakan, silahkan tulis pertanyaan di kolom komentar, ya! Atau mungkin mau share tentang shade favorit kalian, boleh banget ngobrol cantik di sini ;)

Dan untuk teman-teman yang berminat mengoleksi beberapa atau semua shade dari Wardah Colorfit Velvet Matte Lip Mousse, kalian bisa memanfaatkan kode voucherku, yaitu SBNLAW9H saat berbelanja di Sociolla. Dengan menggunakan kode voucher SBNLAW9H saat checkout, kalian bisa mendapatkan potongan sebesar Rp 50.000,- untuk minimal pembelanjaan Rp 250.000,-



Yes! Finally, this is the end of my blog post today. Thank you so much for reading until the end and see you in my next post!

Oh! Don't forget to follow my blog:
GFC (you can click "join this site")

Instagram: @vidazenitha
Facebook: Vida Zenitha

Thank you!

You Might Also Like

3 comments

  1. Ini salah satu lipstik yang bakal transfer-prof kalau pakai masker.. Matte banget hasilnya..

    ReplyDelete
  2. Coveragenya emang bagus buat nutup bibir yang gelap tapi aku ngerasa bibirku agak gerah sama kering gitu pake ini :(

    ReplyDelete
  3. Warnanya cakep bener, apalagi yang mauve.

    ReplyDelete

PART OF INDONESIAN HIJAB BLOGGER

PART OF INDONESIAN FEMALE BLOGGERS

https://www.facebook.com/groups/1949767178581022/

PART OF BLOGGER PEREMPUAN

Blogger Perempuan

Subscribe