INFORMATIF, EDUKATIF, DAN BUKA PELUANG KOLABORASI ! KOMUNITAS INI JANGKAUANNYA NGGAK MAIN-MAIN !

Tuesday, October 10, 2023

 Hi everyone! Sebagai penulis blog kecantikan tentu saja aku harus update informasi terbaru tentang skin care ataupun make up. Bukan cuma update tentang produk-produk apa saja yang baru launching tetapi juga informasi seputar fakta-fakta di bidang kecantikan. Contohnya: "apa iya semua skin care dengan bahan natural pasti aman dan cocok?" Atau kalian pernah dengar seperti ini: "jangan pakai produk kecantikan yang ada pengawetnya karena itu berbahaya". Crosscheck tentang informasi seperti contoh tadi sangatlah penting karena jangan sampai ikut-ikutan terbawa informasi yang kurang tepat. Maka dari itu aku butuh banget yang namanya komunitas sebagai wadah tempat aku berdiskusi, belajar hal baru ataupun mendapatkan informasi yang lebih akurat.

Lebih jauh lagi ya, sebetulnya komunitas tidak hanya sebagai tempat untuk bertemu dengan orang-orang yang memiliki ketertarikan di bidang yang sama loh! Ada empat hal lain yang harus kamu pertimbangkan untuk ikut komunitas.

1. Sebagai support system untuk kesehatan mental.

Tidak sedikit orang yang merasa masalah kulit dapat mengganggu rasa percaya diri. Terutama bagi yang mengalami bully secara verbal.

"Ih jerawatnya banyak! Jelek banget."

"Kulitnya berminyak kayak kilang minyak! Lusuh banget sih!"

Perkataan seperti itu dan kondisi kulit yang sedang bermasalah akan menghancurkan rasa percaya diri, membuat seseorang rentan menyalahkan diri sendiri, bahkan sampai tidak tertarik untuk berinteraksi dengan orang lain. Apakah kamu lagi ada di fase ini?

Pada kondisi seperti ini penting banget untuk menemukan komunitas yang tepat. Dalam komunitas yang sehat kita akan mendapatkan support dari member lainnya, bisa berupa:

  • energi positif dan juga motivasi karena ada member lain yang menghadapi masalah kulit serupa sehingga dapat saling menguatkan satu sama lain. Jadi kamu tidak akan merasa sendirian menghadapi masalah ini.
  • rekomendasi produk untuk masalah kulit yang serupa berdasarkan pengalaman pemakaian member lain
Dengan kondisi mental yang tenang dan stabil maka seseorang akan dapat berfikir lebih jernih untuk mencari solusi atas masalahnya.


2. Update informasi dan edukasi ilmiah di bidang kecantikan.

Memang pada dasarnya suatu komunitas adalah sekumpulan orang-orang yang memiliki ketertarikan pada bidang yang sama. Secara spontan dalam suatu komunitas pasti akan saling bertukar informasi. Maka dari itu, sangat penting untuk memilih dan memilah komunitas agar informasi yang kita peroleh adalah informasi yang tepat.

Berdasarkan pengalamanku tergabung dalam suatu komunitas, sejauh ini, yang aku dapatkan hanya seputar update tentang produk baru kemudian juga tentang informasi yang sifatnya berupa opini karena didasarkan pada pengalaman pribadi dan tidak ada diskusi ilmiahnya. Tapi, sekarang aku menemukan komunitas baru yang menjawab keresahanku!!

Kali ini aku mau memperkenalkan suatu komunitas yang didirikan oleh Skinproof yaitu Skinsociate! Sebelum bahas tentang Skinsociate, mungkin ada teman-teman yang belum baca postingan aku sebelumnya tentang Skinproof jadi aku jelaskan sedikit dulu tentang Skinproof ya.



Skinproof adalah anak perusahaan Arya Nobel yang bergerak dalam bidang cosmetic testing dan consumer research. Skinproof sangat memahami pentingnya ulasan dan feedback dalam mendukung riset dan pengembangan produk kosmetik yang akan dipromosikan oleh para pelanggan setianya. Nah, untuk meningkatkan loyalitas pelanggan (beauty company) Skinproof mengembangkan komunitas Skinsociate yang di dalamnya terdiri dari para pengguna dan penggemar kosmetik yang tertarik untuk mencoba dan juga memberikan feedback.


Jika kamu tergabung dalam komunitas ini, kamu akan bertemu dengan beauty enthusiast lainnya dan juga expert yang akan saling berbagi pengetahuan mengenai kesehatan kulit. Dengan hadirnya expert dalam komunitas ini maka kita bisa belajar dan update tentang perkembangan Sains dan teknologi (ilmiah) yang berperan dalam bidang kesehatan & kecantikan. Informasi yang kamu dapatkan juga bukan informasi yang berupa katanya A, katanya B, atau katanya C tapi merupakan review literatur yang dilakukan oleh expert dari Skinproof. Bisa aku bilang komunitas ini bukan sekedar memberi “informasi” ya tapi lebih berbobot karena memberikan edukasi juga.

Buktinya? Coba cek instagram @skinsociate.id deh. Ada member dari komunitas yang datang langsung ke laboratoriumnya Skinproof untuk melihat bagaimana pengujian SPF! Keren nggak tuh?! Jujur aku mau banget sih kalo diundang datang apalagi background pendidikan ku Kimia, serius deh penasaran!!

Selain itu ada juga konten yang dibuat berdasarkan review literatur dari expert, dr. Henny Lim, Dermabeauty Scientist, tentang fakta Paraben, klaim Chemical dan Natural pada produk kosmetik, dan lain-lain.

Head of Skinproof, Theresia Sinandang menyatakan bahwa “Skinsociate merupakan komunitas yang diciptakan Skinproof dengan tujuan mempromosikan kesehatan kulit melalui saran ahli, konten informatif, serta wawasan konsumen dalam ekosistem yang suportif dimana para Panelist Skinsociate akan memiliki kesempatan untuk terhubung dengan sesama penggemar kecantikan dan individu yang peduli tentang kesehatan kulit, membentuk hubungan yang erat, dan mendukung satu sama lain dalam perjalanan kecantikan mereka.

Sadar enggak sih kalau informasi yang kita peroleh turut menentukan pengambilan keputusan. Nah kalau informasi yang didapatkan itu nanggung atau tidak akurat, sangat rentan salah dalam mengambil keputusan loh! Jadi penting banget untuk memilih komunitas yang tidak hanya memberikan informasi tapi juga memberikan edukasi. Selesai baca postingan ini langsung follow aja Instagram Skinsociate yaa!

3. Membuka peluang untuk kerjasama dengan brand kecantikan.

Teman-teman yang tertarik dengan makeup atau skincare dan terlebih lagi merupakan seorang konten kreator atau UGC creator pemula, yang mungkin belum pernah bekerjasama dengan brand kecantikan, coba deh gabung dengan komunitas Skinsociate.

Dijelaskan oleh Theresia, “dengan bergabung di komunitas Skinsociate, anggota komunitas memiliki berbagai keuntungan seperti berkesempatan untuk terlibat dalam riset-riset yang dilakukan Skinproof dan bisa mencoba berbagai produk baru secara gratis hingga memperoleh kompensasi atas partisipasi mereka dalam riset tertentu”.

Berdasarkan pengalamanku, sebagai konten kreator, bekerjasama dengan brand kecantikan dan mencoba produk baru mereka merupakan kesempatan yang menguntungkan karena bisa menambah portofolio aku ;)

Lalu bagaimana cara bergabung dengan Skinsociate?

Untuk bergabung menjadi anggota komunitas Skinsociate persyaratannya cukup mudah, yaitu hanya dengan mengisi form kesediaan menjadi anggota pada link berikut https://bit.ly/VolunteerSkinsociate.

Saat ini Skinsociate telah memiliki 10.000 anggota yang sudah berpartisipasi dalam berbagai macam riset di Skinproof, dengan rentang usia 17 – 57 tahun, yang sebagian besar tersebar di Jabodetabek dan Banten. Tertarik untuk bergabung?

4. Sarana kolaborasi sempurna untuk terciptanya industri kecantikan Indonesia yang lebih baik.

Kolaborasi antara beauty enthusiast (sebagai volunteer yang mencoba produk) dengan perusahaan dari industri kecantikan (beauty company), adalah kolaborasi yang sempurna. Kenapa?

Sebagaimana pernyataan Theresia bahwa Skinsociate juga membantu bagian consumer research Skinproof untuk lebih memahami perilaku konsumen terkait klaim produk atau perilaku konsumen secara umum sehingga mendapat insight yang lebih kredibel.

Artinya, brand akan mendapatkan umpan balik atau feedback berupa review jujur dan jelas terkait detail kelebihan dan kekurangan produknya yang telah dicoba oleh beauty enthusiast di komunitas Skinsociate. Dari feedback yang diberikan, brand dapat menggunakannya untuk melakukan improvement terhadap produk atau menemukan tips agar konsumen dapat memaksimalkan penggunaan produkHal ini tentu dapat meningkatkan nilai atau “branding” suatu perusahaan di industri kosmetik yang semakin kompetitif.

Nggak salah nih Skinproof Bangun Komunitas untuk Tingkatkan Loyalitas Pelanggan :)

Penting juga diketahui oleh brand, bahwa dalam pemilihan volunteer, Skinproof menerapkan syarat dan kriteria yang sangat detail. Tentunya, hal ini menjadi aspek penting juga dalam pengembangan produk, kan?! Sebagaimana dalam press release-nya, "Kami percaya bahwa keterlibatan komunitas adalah kunci dalam membangun loyalitas yang kuat  terhadap produk para pelanggan kami maupun terhadap Skinproof sebagai penyedia layanan research. Kami telah melihat bagaimana komunitas bisa menjadi wadah untuk berbagi tips dan pengalaman akan penggunaan produk-produk kosmetik. Inisiatif ini memungkinkan kami untuk lebih mendekatkan diri dengan anggota Skinsociate dan memberikan layanan terbaik bagi para pemilik brand kosmetik selaku customer Skinproof," tutup Theresia.


Kolaborasi ini tidak hanya menguntungkan bagi pihak brand saja tapi juga bagi pihak volunteer. Selain seperti yang sudah aku katakan sebelumnya yaitu mendapatkan kompensasi atas keterlibatan dalam pengujian suatu produk dan juga mencoba produk gratis, sebagai beauty enthusiast, berarti kita juga turut berperan dalam riset perkembangan industri kosmetik. Oleh karena itu penting banget untuk memberikan review yang jujur dan membangun agar tercipta inovasi-inovasi terbaru yang bermanfaat bagi pengguna produk kecantikan di Indonesia.

*** 

Kalau menurut kamu, komunitas seperti apa sih yang kamu harapkan? Menurutku, dengan adanya Skinsociate, komunitas yang dibangun oleh Skinproof sangat membantu dan bagaikan solusi untuk semua, baik bagi pengguna yang berperan sebagai pemilik masalah kulit, beauty enthusiast ataupun kreator pemula, dan tentunya bagi customer Skinproof yaitu perusahaan kosmetik.

Butuh informasi lebih lanjut terkait Skinproof? Coba cek websitenya di https://skinproof.co.id atau kamu bisa follow instagramnya di @skinproof.id dan @skinsociate.id juga ya!

You Might Also Like

0 comments

PART OF INDONESIAN HIJAB BLOGGER

PART OF INDONESIAN FEMALE BLOGGERS

https://www.facebook.com/groups/1949767178581022/

PART OF BLOGGER PEREMPUAN

Blogger Perempuan

Subscribe