REVIEW LANEIGE WATER BANK BLUE HYALURONIC CLEANSING OIL - BAHASA INDONESIA

Tuesday, October 17, 2023

 Hi everyone! Bisa dibilang aku lebih suka memakai cleansing oil daripada micellar water. Alasannya simpel karena cleansing oil lebih cepat untuk membersihkan sisa make up waterproof dan debu halus di wajah yang biasanya sangat rentan untuk menyebabkan munculnya komedo. Selain itu aku juga tidak membutuhkan kapas atau sejenisnya, karena dapat langsung dibilas dengan air. Cara ini juga praktis karena cleansing oil dapat langsung diletakkan di kamar mandi berdampingan dengan facial wash. Jadi, setelah bilas wajah, bisa langsung mandi deh! Produk oil based cleanser yang sedang aku gunakan adalah Laneige Water Bank Blue Hyaluronic Cleansing Oil dengan harga normal Rp 500.000,- (tapi lebih sering diskon di harga Rp 463.000-an).

Pembaca setia blog ini, biasanya memiliki ketertarikan pada produk skincare/makeup dengan rentang harga di bawah Rp 250.000,- sama seperti aku 💗 Jadi, menurut aku harga cleansing oil Laneige termasuk kurang affordable, ya?!

Ini bukan pertama kalinya aku beli produk Laneige. Sebelumnya, karena sudah pernah punya pengalaman yang bagus dengan brand ini, tentunya jadi muncul rasa percaya untuk mengeluarkan uang lebih. Selain itu, aku sengaja cari preferensi baru, karena terlalu lama merasa nyaman dengan BI*RE Cleansing Oil yang entah sudah habis berapa botol selama beberapa tahun terakhir. Sekalian, aku mau tau, apa sih bedanya cleansing oil harga Rp 100.000-an dengan harga Rp 500.000 ?!

***
LANEIGE WATER BANK BLUE HYALURONIC CLEANSING OIL
Harga Rp 463.400,- (netto 250 mL)
Beli di Shopee
Diimpor dan didistribusikan oleh PT. Laneige Indonesia Pacific
BPOM: NA26221200070
***

REVIEW LANEIGE WATER BANK BLUE HYALURONIC CLEANSING OIL

KEMASAN LANEIGE WATER BANK BLUE HYALURONIC CLEANSING OIL

Untuk harga normal Rp 500.000,- menurutku kemasannya cukup simple, elegan, dan manis dengan warna biru muda. Awal datang produk masih dalam kondisi tersegel dengan pump terpisah. Siapa tahu kalian mau bawa travelling, ini tipikal pump yang bisa diputar dan akan terkunci. Praktis banget!

REVIEW JUJUR PEMAKAIAN CLEANSING OIL LANEIGE BAHASA INDONESIA


Pump-nya memang tipikal travel friendly, tapi botol dengan isi 250 mL cukup makan tempat untuk dibawa bepergian.

DESKRIPSI PRODUK LANEIGE CLEANSING OIL

Informasi deskripsi produk dan manfaat utama di bawah ini, aku dapatkan dari official website Laneige.

Minyak pembersih dengan formula ringan yang menghilangkan makeup tahan air tanpa rasa lengket. Laneige Water Bank Blue Hyaluronic Cleansing Oil menyegarkan hingga ke pori-pori. Tanpa terasa lengket. Pembersih menyeluruh yang menenangkan dan dapat digunakan sehari-hari.

KLAIM LANEIGE WATER BANK BLUE HYALURONIC CLEANSING OIL

Manfaat utama Laneige Water Bank Blue Hyaluronic Cleansing Oil

  1. membersihkan riasan menyeluruh untuk riasan berat dan anti air. Dengan melakukan pemijatan di kulit, minyak dapat membersihkan riasan anti air dan riasan berat.
  2. membersihkan sisa minyak yang menyumbat pori-pori dan mencegah timbulnya komedo. Kulit terasa berat dengan diskolorasi warna karena memiliki pori-pori yang tersumbat. Bersihkan wajahmu setiap hari dengan "minyak pembersih" dan bersihkan debu, minyak dan kotoran dari pori-pori.
  3. minyak pembersih tanpa rasa lengket, menyegarkan tanpa rasa berat. Mengontrol minyak dengan ekstrak daun jagung dan mint sekaligus menghaluskan kulit berkat kandungan ekstrak Centella Asiatica. Minyak teremulsi dengan sensasi menyegarkan tanpa rasa lengket, meninggalkan kulit terasa lembap serta bersih setelah proses pembersihan.

Cara pakai Laneige Water Bank Blue Hyaluronic Cleansing Oil

  1. Pastikan tangan dan wajah dalam kondisi kering. Tidak lembap apalagi basah.
  2. Aplikasikan pada seluruh bagian wajah dan pijat selama 30-60 detik.
  3. Jika semua make up sudah luntur dan debu-debu halus juga sudah mulai terangkat, basahkan tangan dengan sedikit air dan pijat sekali lagi hingga minyak berubah warna menjadi putih/keruh (teremulsi).
  4. Bilas wajah dengan air bersih.

Saat membilas aku lebih suka untuk membiarkan air mengalir ke wajah ~bukan basuh wajah dengan air di tangan~. Cara ini dapat membuat kotoran ikut luruh/turun seutuhnya mengikuti arah aliran air. Karena itu, biasanya aku langsung sekalian mandi.

Cara yang aku ceritakan di atas itu juga untuk meminimalisir mata terasa buram. Jangan lupa selanjutnya untuk membilas lagi dengan menggunakan facial wash sebagai second cleanser.

Ohiya, kebiasaan aku, urutan bagian yang dibersihkan: pipi, dagu, dahi kemudian bagian hidung. Setelah itu, aku lanjut ke bagian mata dan bagian terakhir yaitu bagian mulut.

Takaran pemakaian Laneige Water Bank Blue Hyaluronic Cleansing Oil

Masih berkaitan dengan cara pakai kali ini aku mau cerita kebiasaan aku seberapa banyak aku pakai cleansing oil.

  • Satu pump biasanya untuk kondisi wajah yang tidak menggunakan make up tapi pake sunscreen. Atau hanya pakai Compact powder tipis dan lipcream saja.
  • Satu setengah hingga dua pump biasanya untuk kondisi wajah yang sedang heavy make up seperti pakai cushion, foundation, maskara atau eyeliner Waterproof dan lain sebagainya.
Kamu nggak harus mengikuti takaran pakai yang biasa aku lakukan. Sesuaikan saja dengan kebutuhan dan nyamannya kamu, ya!

REVIEW JUJUR LANEIGE WATER BANK BLUE CLEANSING OIL

Yes! Masuk ke inti Review Laneige Water Bank Blue Hyaluronic Cleansing Oil. Bagi teman-teman yang follow aku di Instagram pasti tahu kalo aku tuh bertahun-tahun menggunakan BI*RE cleansing oil karena harganya sangat terjangkau. Menurutku, masih apple to apple untuk membandingkan dua produk ini karena sama-sama memiliki fungsi dasar untuk membersihkan make up waterproof dan sama-sama cleansing oil.

Dari segi kemampuan membersihkan aku bisa bilang Bi*re dan Laneige ini sama! Sama-sama bersih maksimal dan dengan takaran pemakaian yang sama. Namun ada perbedaan yang tipis banget dan itu dimenangkan oleh Laneige. Kecepatan teremulsi jauh lebih cepat Laneige, sehingga cleansing oil Laneige lebih mudah untuk dibilas dan sama sekali tidak meninggalkan rasa licin berminyak, namun kulit tetap lembap. Efeknya pun sama, mampu mencegah munculnya komedo! Artinya, baik Bi*re ataupun Laneige sama-sama mampu membersihkan wajah secara maksimal. Selain itu produk ini sama-sama tidak membuat mata terasa perih. Jadi sama-sama nyaman ya!

Cara pakai cleansing oil laneige water bank blue

Ilustrasi di atas menggunakan produk waterproof. Liptint Azarine, Maybelline super matte ink, Focallure eyeliner pen, Focallure eyeliner pencil, dan Somethinc badass foundation. Setelah dibersihkan dengan Laneige Water Bank Blue Cleansing Oil hanya tersisa stain dari liptint Azarine.

Sedikit kekurangan menurut aku tapi ini benar-benar tergantung preferensi setiap orang, yaitu aroma dari Laneige Cleansing Oil cukup kuat (bagi hidung aku yang sensitif). Tipikal aromanya itu masih enak jadi butuh beberapa waktu bagi aku untuk menyesuaikan dengan aroma dari cleansing oil Laneige. Setelah pemakaian lebih dari satu bulan, sekarang aku sudah terbiasa dengan aromanya.

Hanya pakai bedak dan lipcream, apa iya butuh cleansing oil?

Kalau saran aku pribadi lebih baik tetap pakai apalagi kalau kulit kamu tipikal yang  yang gampang jerawatan atau gampang komedoan seperti aku. Karena berdasarkan pengalamanku, pakai facial wash tidak cukup untuk membersihkan maksimal hingga pori-pori.

Memangnya kalau tipe kulit berminyak kemudian pake cleansing oil bukannya jadi nambah terasa berminyak ya?

Setelah aku baca lebih lanjut di official website Laneige, ternyata varian Laneige Water Bank telah tersertifikasi "Water Footprint" sebagai salah satu usaha Laneige untuk menghadirkan produk hemat air dan memastikan efisiensi sumber air yang digunakan. Jadi, sesuai banget dengan pengalaman pemakaianku. Laneige Water Bank Blue Hyaluronic Cleansing Oil sangat mudah untuk teremulsi sehingga mudah juga untuk dibilas dan tidak meninggalkan rasa licin atau berminyak. Ditambah lagi dengan adanya kandungan ekstrak daun jagung, daun mint, dan ekstrak Centella Asiatica yang dapat mengontrol minyak dan membuat kulit terasa lebih halus. Jadi, cleansing oil ini cocok juga untuk pemilik kulit berminyak.

Perlu diingat juga cleansing oil itu adalah first cleanser yang kemudian dilanjutkan dengan sabun muka (facial wash), ya! Jadi, tentu saja enggak akan ada rasa minyak yang masih menempel di kulit. Bagaimana nih, bagi kamu yang punya kulit berminyak masih ragu atau sudah yakin mau pakai cleansing oil?

Mungkin ada yang belum terbayang karena belum pernah cobain pembersih makeup berbahan dasar minyak. Produk cleansing oil sifatnya lebih lembut di kulit karena kulit tidak terus menerus tergesek oleh kapas (walaupun gesekannya halus). Jadi, cleansing oil sangat cocok untuk semua jenis kulit. Laneige Water Bank Blue Hyaluronic Cleansing Oil juga cocok untuk semua jenis kulit.

Apa saja yang bisa dibersihkan dengan cleansing oil?

Makeup ringan maupun makeup waterproof dan juga body painting. Jadi kalo anak-anak atau adik kamu habis ikut karnaval, biasanya tampil dengan makeup warna-warni baik di wajah atau bagian tubuh lain, nggak perlu habisin banyak kapas, cukup pakaikan cleansing oil kemudian langsung cus mandi 😅

Semoga teman-teman yang masih ragu pakai cleansing oil, sekarang lebih mantap untuk level up proses pembersihan wajahnya. Karena kalau kalian sudah menemukan produk yang cocok, kulit kalian bakal improve!

Kulit sehat itu berawal dari seberapa bersih kalian menjaga kulit wajah. Jadi kalau selama ini merasa kalian sudah pakai berbagai macam serum tapi kok hasilnya begitu-begitu saja?! Nah, kalian harus koreksi dulu nih, sudah benar dan maksimal belum membersihkan wajahnya?

Apakah Laneige Water Bank Blue Hyaluronic Cleansing Oil sepadan dengan harganya?

Ditinjau dari penilaian performa membersihkan makeup berat, Laneige Cleansing Oil bekerja dengan baik sebagaimana yang harganya Rp 100.000-an. Tapi, harus aku akui bahwa Laneige lebih cepat untuk dibilas tanpa meninggalkan rasa licin. Hal ini sudah dibahas, karena sesuai dengan sertifikasinya ya, Water Footprint. Selebihnya? Yaa, secara performa, Laneige oke aja, gitu! TAPI ... penilaiannya nggak cuma tentang performa membersihkan saja!

Hal yang aku sadari ketika mengulik lebih, ternyata ada sisi lain yang harus diperhatikan. Brand luar sudah mulai memperhatikan bagaimana dampak produk yang mereka jual terhadap lingkungan! Apakah memiliki potensi mencemari air? Bahkan sampai ke proses untuk mendapatkan bahan baku pun, apakah ada potensi merusak lingkungan, hutan, misalnya?! Tentu potensi merusak itu ada, tapi brand luar negeri dari negara maju sudah berpikir bagaimana mengurangi potensi dampak negatif terhadap lingkungan.

Istilah untuk pemikiran yang lebih maju ini disebut "sustainable" atau berkelanjutan. Jadi, beberapa brand dari luar negeri sudah mulai menerapkan prinsip berkelanjutan. Dua brand yang pernah aku kulik, Laneige dari Korea dan Anessa dari Jepang, memang harga produknya lebih mahal. Hal ini bisa disebabkan karena proses riset, biaya untuk sertifikasi khusus, biaya memperoleh bahan baku secara khusus, dan lain-lain, pasti lebih tinggi.

Apa saja prinsip berkelanjutan yang diterapkan Laneige?

Aku bahas hanya untuk varian Laneige Water Bank saja ya! Dari website resminya, Laneige mengklaim bahwa: 

  • semua produk Laneige Water Bank telah tersertifikasi "Water Footprint" untuk menghemat air.
  • kertas kemasan telah tersertifikasi FSC dalam upaya menjaga pelestarian hutan
  • menggunakan minyak sawit berkelanjutan untuk produk krim, yang diproduksi tanpa adanya penebangan hutan.
  • meningkatkan formula produk yang dapat terurai secara alami (bahan biodegradable) untuk mengurangi dampak produk pada lingkungan, akuatik dan berfokus pada manfaat kulit.

KESIMPULAN REVIEW CLEANSING OIL LANEIGE [ BAHASA INDONESIA ]

Semua klaim Laneige Water Bank Blue Hyaluronic Cleansing Oil terbukti benar, yaitu mampu membersihkan makeup waterproof, mudah dibilas, tidak meninggalkan rasa licin atau berminyak, dan tekstur kulit menjadi halus karena bersih dari komedo. Selain itu, untuk kulitku yang berminyak, menggunakan cleansing oil Laneige tidak membuat kulit semakin berminyak.

Aku tidak merasa rugi telah mengeluarkan budget lebih dari biasanya karena Laneige telah memulai untuk perlahan ikut menerapkan sustainable beauty. Menurutku, ini sangat pantas untuk diapresiasi. Semoga brand lokal juga mulai berinovasi untuk mengembangkan formula yang ramah lingkungan, ya! Atau mungkin teman-teman ada yang tau, brand lokal mana yang sudah memulai untuk menerapkan prinsip sustainable? Tulis di kolom komentar dong ;)

Untuk teman-teman yang tertarik beli Laneige Water Bank Blue Hyaluronic Cleansing Oil aku rekomendasikan beli di toko ini << klik langsung link ke toko. Di toko rekomendasi aku sering dapat free gift dan harga diskon tanggal kembarnya best price banget deh!

Rekomendasi Beli Laneige Water Bank Blue Hyaluronic Cleansing Oil Original


Kalau mau lihat video pemakaiannya, bisa main ke instagram aku di @vidazenitha yaa. Jangan lupa untuk follow juga supaya kamu update review produk terbaru dan gak salah pilih produk :)

You Might Also Like

0 comments

PART OF INDONESIAN HIJAB BLOGGER

PART OF INDONESIAN FEMALE BLOGGERS

https://www.facebook.com/groups/1949767178581022/

PART OF BLOGGER PEREMPUAN

Blogger Perempuan

Subscribe