REVIEW WARDAH LIGHTENING LIQUID FOUNDATION 03 IVORY

Friday, June 12, 2020

Hi everyone!
Aku punya foundation Wardah terbaru! Sebetulnya aku sudah beli dari sebelum Wardah resmi mengumumkan launchingnya Wardah Lightening Liquid Foundation di instagram karena awalnya aku tau dari youtube. Kemudian pada tanggal 2 Juni 2020, Wardah mengumumkan bahwa produk ini resmi launching. Yeay! Sekedar mengingatkan nih, review Wardah Lightening Liquid Foundation akan jadi blogpost yang panjang. Jadi, santai aja bacanya.

review wardah liquid foundation

Awalnya aku kehabisan shade 03 Ivory, untungnya seller di shopee orchidcosmetic kooperatif banget  dengan memberikan info kapan restock-nya. Kenapa sih aku pingin banget Wardah Lightening Liquid Foundation 03 Ivory ? Karena berdasarkan swatch 4 shade di beberapa akun youtube, 03 Ivory memiliki undertone warm-yellow untuk skintone medium. Sekilas dari pengamatan aku, 01 Light beige bakal terlalu terang di kulit aku; 02 Beige dengan pink undertone sudah pasti akan membuat kulit wajahku terlihat abu-abu; 04 Natural sepertinya akan membuat kulitku terlihat kusam.

KEMASAN
Kemasan kartonnya bukan berupa box gitu ya, jadi terlihat transparan karena kombinasi dengan mika plastik. Konsep seperti ini oke sih, karena semacam produknya tersegel rapat. Pada bagian depan kemasan tertulis klaim produk dan kode shade sedangkan pada bagian belakang kemasan tertulis ingredients, cara pakai, informasi pabrikan, nomor BPOM dan tertulis lagi klaim produk yang dilengkapi dengan informasi keunggulan formulanya.



Botol foundation jenis tube dan mulutnya tuh kecil presisi. Cocok banget dengan jenis tekstur foundationya yang liquid (agak cair) sehingga lebih mudah untuk mengontrol keluarnya produk. Tapi, kalau boleh jujur dari segi pilihan warna kemasan, aku kurang suka. Kurang terlihat menarik karena warna botolnya terkesan kusam.



DESKRIPSI PRODUK
Bagian depan kemasan: Natural coverage, natural matte finish, SPF 30 PA+++, cerah tahan lama 12 jam, non comedogenic formula.
Bagian belakang kemasan:
Liquid foundation yang terasa ringan natural dan nyaman digunakan sehari-hari.
  • Micronized Bright Pigment, mencerahkan dan jadikan kulit tampak lebih halus.
  • Tahan lama hingga 12 jam* untuk wajah cerah natural di setiap aktivitas. *berdasarkan uji terhadap 30 panelis
  • Oil absorber untuk bantu menyerap minyak secara optimal.
  • SPF 30 PA+++ optimal bantu melindungi kulit dari sinar UV berbahaya yang menyebabkan warna kulit lebih gelap.
  • Vitamin E bantu menjaga kelembapan di kulit
  • Non comedogenic
  • Dermatologically tested
  • For all skin types
REVIEW PEMAKAIAN WARDAH LIGHTENING LIQUID FOUNDATION 03 IVORY
Karena klaim dari produk ini lumayan banyak, aku akan bahas satu persatu sehingga reviewnya akan agak panjang ya.

PILIHAN SHADE
Seperti di awal, aku menjelaskan dasar pemikiranku memilih shade 03 Ivory, yaitu karena menurut prediksiku shade ini cocok untuk aku yang memiliki undertone warm-yellow dan medium skintone. Ternyata aku salah!



Dibandingkan dengan 3 shade lainnya, memang shade 03 Ivory cenderung memiliki undertone warm-yellow terbukti dengan  hasil di kulit wajahku tidak terlihat abu-abu. Sayangnya, yang membuat tidak cocok adalah tipe skintone. Menurutku kalau mau lebih detail, shade 03 Ivory cocok untuk skintone yang medium to dark/tan sedangkan tipe skintone aku adalah medium to light. Maka dari itu, Wardah Lightening Liquid Foundation shade 03 Ivory ini membuat kulitku terlihat sedikit gelap.

Mungkin cara ku memilih shade foundation agak aneh. Umumnya teman-teman yang tidak berhijab akan menjadikan warna kulit leher sebagai patokan, tapi karena aku berhijab tentu bagian leher aku terlihat lebih cerah sehingga bikin aku was-was shade foundation akan terlalu terang. Maka dari itu aku menggunakan tanganku sebagai patokan.

Warna punggung telapak tangan dengan warna kulit pada jari ku sedikit berbeda karena kalau naik motor bagian yang sangat terpapar adalah punggung telapak tangan sehingga wajar kalau lebih gelap. Nah, aku jadikan warna kulit jari yang cerah sebagai patokan utama untuk memilih shade foundation sebagai antisipasi bahwa jika foundation mulai teroksidasi setidaknya akan mirip dengan warna punggung telapak tanganku.

liquid foundation wardah
Aslinya warna foundation sediikit leebih gelap. Tapi di kamera nggak terlalu terlihat.
Lumayan masih bisa di pakai foundationnya kalau untuk foto-foto keperluan blog.
Saat aku tidak pakai hijab, warna kulitku yang menjadi gelap akan kontras dengan leher. Tapi karena aku pakai hijab yaa lumayanlah nggak kelihatan kontrasnya. Well, kalau skintone kalian juga medium to light, aku menyarankan untuk mix dua shade yaitu 01 Light Beige + 03 Ivory.

COVERAGE
Beralih dari pembahasan tentang pilihan shade sekarang aku mau bahas coverage. Klaimnya adalah natural coverage. Aku setuju apalagi kalau diaplikasikan menggunakan sponge, sama sekali tidak terlihat dempul. Karena klaimnya natural coverage, bagi teman-teman dengan kemerahan bekas jerawat yang cukup banyak, maka harus ditunjang menggunakan concealer lagi. Tapi aku pribadi yang bekas jerawatnya termasuk samar, dan aku hanya memiliki kemerahan/warna dari garis-garis (urat) kulit, menurutku Wardah Lightening Liquid Foundation ini cukup baik untuk meratakan warna kulit.
review wardah lightening liquid foundation 03 ivory
Warna kulit terlihat lebih rata
KLAIM: Natural Matte Finish
Pada foto di atas, juga terlihat bahwa wajahku masih bisa memantulkan cahaya, seperti pakai foundation yang vivid matte gitu loh! Kalau dipegang, foundation ini tidak memberikan hasil yang dead matte. Jadi masih agak basah. Mungkin inilah yang dimaksud sama klaimnya, yaitu natural matte finish alias bukan dead matte yang bakal bikin kulit terlihat kering :)

KLAIM: Micronized Bright Pigment mencerahkan dan jadikan kulit tampak lebih halus
Efek mencerahkan dari micronized bright pigment cukup bekerja dengan baik. Buktinya, walaupun aku salah pilih shade (sedikit kegelapan) tapi foundation ini nggak bikin kulitku terlihat kusam. Apakah ini berarti formulanya tidak mengalami oksidasi? Kayaknya, iya deh! Karena di kulitku nggak terlihat perubahan menjadi semakin gelap, makanya nggak bikin kusam.

Efek kulit terlihat halus, setuju sih tapi kalau dilihat dari jarak minimal 1 meter ya. Kalau dilihat dari dekat yaa tetap aja bakal keliatan tekstur kulit yang geradakan hihihi. Selain itu, efek halus ini bakal menghilang kalau terkena keringat dan mulai muncul minyak berlebih.

KLAIM: Tahan lama hingga 12 jam
Untuk uji ketahanan aku coba tanpa di-set menggunakan bedak, ya! Selama 2 jam pemakaian terlihat foundation masih menempel dengan sempurna di wajah. Namun, saat 3 jam pemakaian, foundation ini mulai sedikit nge-crack pada bagian mata dan terlihat cakey parah pada daerah dagu. Setelah itu aku membasuh wajah untuk perumpamaan ketika wudhu, hasilnya foundation sedikit luntur. Bagusnya bagian yang cakey tadi jadi lebih tersamarkan dan foundation terlihat semakin halus natural nempel di kulit.

review foundation wardah terbaru
setelah 3 jam pemakaian: cakey banget di bagian dagu

Pemakaian masih aku lanjutkan sehingga total pemakaian adalah 5 jam. Hasilnya foundation semakin luntur karena aku wudhu lagi untuk ke dua kalinya. Jadi, untuk ketahanan 12 jam, aku nggak setuju, karena foundation ini akan luntur sedikit demi sedikit saat terkena air maupun keringat dan juga mulai nge-crack dan cakey bahkan hanya setelah 3 jam pemakaian.

KLAIM: Oil Absorber untuk menyerap minyak secara optimal
Wajahku mulai berminyak setelah 3 jam pemakaian (ketika tidak di-set dengan bedak). Apabila di-set dengan bedak dan setting spray hasilnya bisa lebih baik. Jadi, menurutku oil absorbernya kurang bekerja optimal sehingga masih harus ditunjang dengan produk lain.
baru tiga jam pemakaian sudah mulai berminyak seperti ini
KLAIM: Non-comedogenic formula
Oke, setuju! Dengan catatan harus dibersihkan secara maksimal (setidaknya double cleansing).

Karena sudah resmi launching kalian bisa dapatkan WARDAH LIGHTENING LIQUID FOUNDATION di berbagai official store Wardah secara online atau offline di counter Wardah. Tapi karena produk ini lagi hype, mungkin bakal cepat habis di official store maupun di counternya. Kalian bisa dapatkan di beberapa online reseller seperti di Shopee orchidcosmetic. Blogpost ini tidak disponsori oleh pihak manapun. Aku beli di akun shopee tersebut menggunakan uangku sendiri ;)

Sebelum tulisan ini diakhiri, aku mau sedikit menambahkan. Kalau aku ingat-ingat, Wardah Liquid Foundation ini mirip dengan BB Cream Wardah dari seri lightening juga (kemasan tubenya warna biru muda dan warna tutupnya abu-abu). Keduanya memiliki tekstur liquid yang mirip, natural coverage juga, bahkan ketahanannya sama. Dan keduanya memang produk yang ditujukan untuk penggunaan sehari-hari. Apakah cuma aku yang ngerasa seperti ini? Bagi yang sudah pernah coba, boleh banget cerita juga di kolom komentar.

KESIMPULAN
Secara keseluruhan produk ini biasa saja. Jadi, untuk foundation dengan harga di bawah Rp 50.000 Wardah Lightening Liquid Foundation  memang tidak bisa memberikan kualitas maksimal terutama untuk daya tahannya yang hanya 3 jam pada kulit wajah ku. Oleh karena itu produk ini cenderung untuk sehari-hari saja bukan untuk special occation.

Aku beli dengan harga diskon yaitu Rp 38.900,- sedangkan harga normal dari Wardah adalah Rp 49.000,-

Is it worth to try? B aja sih ✌ Maaf ya Wardah untuk produk ini aku nggak terlalu suka, tapi mascara mu ku cinta kok hihihi.
***

Yes! Finally, this is the end of my blog post today. Thank you so much for reading until the end and see you in my next post!

Oh! Don't forget to follow my blog:
GFC (you can click "join this site")

Instagram: @vidazenitha
Facebook: Vida Zenitha

Thank you!

You Might Also Like

1 comments

PART OF INDONESIAN HIJAB BLOGGER

PART OF INDONESIAN FEMALE BLOGGERS

https://www.facebook.com/groups/1949767178581022/

PART OF BLOGGER PEREMPUAN

Blogger Perempuan

Subscribe