Review Logitech K380 Keyboard Wireless and Bluetooth

Friday, November 26, 2021

Hi, everyone! Melanjutkan review gadget untuk meningkatkan produktifitas, aku punya Logitech Multi Device Bluetooth Keyboard K380 yang ingin aku bahas. Tentunya, aku beli keyboard wireless ini karena ingin digunakan bersama dengan Samsung Galaxy Tab S6 Lite.

Review Logitech K380 Keyboard Wireless and Bluetooth Pink

Keyboard wireless Logitech K380 Pink merupakan keyboard wireless dan tanpa akses receiver berupa USB, aksesnya hanya menggunakan Bluetooth. Jadi, keyboard ini dapat digunakan pada perangkat laptop maupun tablet, yang menggunakan basis Windows, Android, atau iOS/Mac asalkan bisa melakukan koneksi Bluetooth.

Desain Keyboard Logitech K380

Hadir dengan ukuran yang compact 12,4x27,9x1,6 cm Keyboard Logitech K380 terlihat minimalis, elegan, dan manis dengan adanya pilihan warna pink pastel. Dengan ukuran yang tidak terlalu besar, nggak makan tempat di tas, tentunya keyboard ini menjadi sangat cocok untuk pengguna yang memiliki mobilitas tinggi. Apalagi berat produk hanya 423 g (sudah termasuk baterai), masih tergolong ringan. Namun, tetap memiliki kesan kokoh, nggak ringkih.

Terlepas dari kemudahannya untuk dibawa, ukuran keyboard ini mungkin lebih kecil sehingga bagi beberapa orang akan membutuhkan waktu tersendiri dalam hal penyesuaian. Kalau aku pribadi, ukuran dari keyboard dan setiap hurufnya 90% mirip dengan keyboard laptop yang biasa aku pakai dan ukuran jari tangan aku yang mungil jadi semakin memudahkan aku untuk bisa langsung menyesuaikan sejak pemakaian pertama.

Review Logitech K380 Keyboard Wireless and Bluetooth Pink

Aku bisa melihat bahwa Keyboard Logitech K380 dirancang dengan mengutamakan kenyamanan selama pemakaian dengan adanya empat penyangga berbahan karet yang ditujukan agar saat mengetik, keyboard tidak mudah bergeser. Penyangganya memiliki kualitas yang sangat bagus, sehingga benar-benar tidak bergeser loh. Selain itu, keyboard ini tidak didesain datar, tapi semakin tinggi pada bagian atas ~bingung mendeskripsikannya, lihat foto aja biar tau ya~. Tentunya hal ini membuat aktivitas ngetik jadi lebih nyaman. Dan dapat dilihat bahwa keyboard ini disertai tombol On/Off yang dapat membantu untuk menghemat baterai.

Review Logitech K380 Keyboard Bluetooth Pink

Cara Pairing Bluetooth Keyboard Logitech K380 dengan Gadget.

  1. Pastikan baterai telah terpasang dengan benar.
  2. Cek tombol power, untuk posisi On, arahkan ke atas.
  3. Pada gadget aktifkan mode scanning, supaya bisa menangkap sinyal Bluetooth dari keyboard. Proses ini dibarengi dengan tekan tombol F1 atau F2 atau F3 sekitar 5 menit.
  4. Berhenti tekan tombol F1/F2/F3 apabila lampu indikator sudah menyala lama dan stabil, biasanya pada kondisi ini Bluetooth Keyboard telah terdeteksi oleh Gadget.
  5. Pada gadget, pilih nama bluetooth keyboard yang muncul, lalu akan muncul pop up bar berupa password.
  6. Ketikkan password di bluetooth keyboard.
  7. Bluetooth keyboard telah terkoneksi.
Nah, apa sih maksud ada 1(F1) atau 2(F2) atau 3(F3)? Well, sesuai dengan namanya, bahwa produk ini bisa connect ke multi device. Kita bisa pairing ke maksimal 3 gadget. Proses pairing dengan memasukkan password hanya ada di awal saja, selanjutnya ketika ingin digunakan cukup tekan tombol F1/F2/F3.

Contoh, awal pairing untuk F1 sebagai akses bluetooth keyboard ke tablet, F2 sebagai akses bluetooth keyboard ke laptop, nah nanti ketika akan menyambungkan lagi ke tablet, cukup tekan F1 saja sekitar 2-5 detik. Kalau tekan F2 ya nggak bisa, karena kan F2 untuk nyambungin ke laptop. Begitupun sebaliknya. Intinya tekan F1/F2/F3 sesuai dengan di awal kamu gunakan dia untuk pairing di gadget mana.

Detail untuk unboxing dan proses pairing bisa kalian lihat di video Youtube aku, ya!


Daya Tahan Baterai

Dibekali dengan dua baterai AAA dari logitech yang diklaim dapat bertahan hingga 2 tahun, aku belum bisa memberikan pernyataan, apakah benar atau tidak. Karena sampai saat tulisan ini tayang, yaitu 4 bulan pemakaian, memang masih belum bermasalah atau ganti baterai.

Cek Semua Fitur Control dan Command

Aku beli online di shopee dan ketika keyboardnya datang aku buat video unboxing yang mencakup crosscheck fungsi dari tombol control dan command. Setelah aku cek dengan menggunakan keyboard checker online, ternyata semua berfungsi dengan baik bahkan support 100% terhadap Samsung Galaxy Tab S6 Lite. Selain itu, bisa dibilang bahwa fitur Keyboard Logitech K380 ini menyerupai keyboard yang biasa digunakan di laptop berbasis Windows.

Spesifikasi keyboard logitech k380


Kelebihan dan Kekurangan Keyboard Bluetooth

Secara umum kekurangan dari keyboard Bluetooth adalah masalah baterai, bisa saja boros baterai sehingga boros juga pengeluaran untuk bolak-balik beli baterai. Tapi, hal itu belum terjadi pada Keyboard Logitech K380 yang masih menggunakan baterai bawaan karena memang baterainya  awet.

Selain itu, pasti akan meguras baterai dari gadget, karena gadget mengeluarkan daya lebih untuk terus memancarkan sinyal Bluetooth, dibandingkan kalau kita pakai keyboard yang berkabel (nyambung USB). Tapi sejauh ini daya tahan baterai gadgetku masih dalam kategori wajar, bukan yang sampai boros banget.

Jadi, kalau ditanya apa kekurangan yang spesifik terhadap Keyboard Logitech K380 Wireless/Bluetooth, menurutku tidak ada. Sampai detik ini aku belum menemukan kekurangan maupun masalah dalam penggunaan keyboard bluetooth Logitech K380. Dengan begitu, tentu dominan sekali kelebihannya, yaitu ukuran compact, kokoh tapi ringan, memberikan experience mengetik yang nyaman, bisa tersambung pada lebih dari 1 perangkat (multi device), semua fitur control dan command berfungsi pada tablet Android, dan ada pilihan warna pink yang super cantik matching dengan warna tablet ku. Semuanya sebanding dengan biaya yang telah  dikeluarkan yaitu sekitar Rp 360.000 sampai Rp 400.000,-

Kenapa nggak beli yang harganya relatif murah? Aku gak mau sebut brand, tapi kalian pasti bakal menemukan keyboard bluetooth yang tampilannya tipis, lebih ringan, tersedia dalam banyak warna pastel, tapi bagian belakangnya ada lapisan logam tipis, yang fungsinya biar menempel pada magnet di book cover. Panjang banget ya deskripsinya. Well, seperti yang aku imajinasikan, ternyata memang banyak yang memberi review bahwa produknya terlalu ringkih. Aku juga nggak yakin dengan quality control sebelum barang dikirimkan. Apalagi, memang tidak ada garansi yang jelas, berbeda dengan produk dari Logitech.

***
Yes! Finally, this is the end of my blog post today. Thank you so much for reading until the end and see you in my next post!

Oh! Don't forget to follow my blog:
GFC (you can click "join this site")

Instagram: @vidazenitha
Facebook: Vida Zenitha

Thank you!

You Might Also Like

0 comments

PART OF INDONESIAN HIJAB BLOGGER

PART OF INDONESIAN FEMALE BLOGGERS

https://www.facebook.com/groups/1949767178581022/

PART OF BLOGGER PEREMPUAN

Blogger Perempuan

Subscribe