Review Samsung Galaxy Tab S6 Lite : Sempurna untuk Kerja dan Belajar Bahkan Hiburan

Friday, November 12, 2021

Hi, everyone! Seperti yang kalian tau bahwa postingan blog ini mayoritas berisi review produk kecantikan. Tapi karena aku juga membahas lifestyle, nah nggak ada salahnya kan kalau aku mereview gadget yang juga bisa mempengaruhi lifestyle?! Empat bulan lalu aku membeli Samsung Galaxy Tab S6 Lite dengan harga spesial/promo di angka Rp 6.299.000,- di Erafone. Tiga pilihan warna, yaitu Chiffon pink, Angora Blue, dan Oxford Gray yang ditawarkan Samsung Galaxy Tab S6 Lite hadir untuk orang yang bosan dengan warna gadget itu-itu saja (white, grey, black). Aku pilih yang pink, karena warna S-Pen pink terlihat lucu dan menggemaskan. 

Samsung Galaxy Tab S6 Lite Chiffon Pink

Review yang akan kalian baca kali ini bukan detail tentang spesifikasinya, jujur aku tidak terlalu paham tentang itu. Review yang aku tuliskan sebatas pengalaman pemakaian yang berdasarkan tujuan utama yaitu meningkatkan produktivitas sebagai content creator (blog dan youtube -soon-). Review ini akan mencakup kelebihan dan kekurangan yang dirasakan setelah pemakaian 4 bulan.

Ukuran/Dimensi Samsung Galaxy Tab S6 Lite

Dengan dimensi 244.5 x 154.3 x 7 mm (9.63 x 6.07 x 0.28 in) menurutku tidak terlalu besar namun tetap nyaman karena ukuran layarnya 10,4". Bisa dibayangkan ukuran layarnya sedikit lebih besar dari ukuran kertas A5 (namun tidak sebesar B5). Semenjak dibangku sekolah dan kuliah aku memang lebih sering pakai kertas binder A5 sehingga sudah terbiasa dengan tampilan di kisaran A5.

Ukuran layar memiliki pengaruh ke beberapa hal seperti penggunaan Samsung Notes untuk belajar dan bekerja, kemudian Netflix atau aplikasi game untuk hiburan, dan juga mencakup kenyamanan bekerja saat membuka dua aplikasi.

Saat menggunakan Samsung Notes, dengan ukuran layar mirip A5 bagi aku tidak ada masalah dan aku masih nyaman karena bisa melakukan zoom out maupun zoom in di spot manapun. Namun, ketika ingin mencetak catatan, aku sarankan cetak diukuran kertas A5 atau B5 saja. Apabila lebih besar dari A5 atau B5, hasil cetakan Samsung Notes cenderung buram.

Spesifikasi Samsung Galaxy Tab S6 Lite Chiffon Pink 2021

Salah satu fitur yang sangat membantu meningkatkan produktivitas adalah membuka dua aplikasi bersamaan. Dengan ukuran layar 10,4" ternyata masih sangat nyaman loh karena kemampuan responsif layout yang baik pada aplikasi (umumnya). Walaupun memang, ada beberapa aplikasi yang tidak bisa menerapkan fitur ini, seperi instagram atau VLLO (aplikasi edit video).

Saat menonton di Netflix atau Youtube, ukuran layar Samsung Galaxy Tab S6 Lite masih sangat nyaman dan kualitas film yang ditayangkan juga tetap bagus alias tidak buram. Namun, untuk aplikasi game aku tidak tau karena aku sama sekali tidak menginstal game.

Hal ini berlaku juga untuk aplikasi lain di Playstore, yang mana ternyata masih sedikit aplikasi yang bisa responsif terhadap ukuran layar tablet android. Artinya, kebanyakan aplikasi android yang apabila ditampilkan dalam tablet  pasti akan terlihat buram, seperti ketika kita zoom/memperbesar gambar. Ketika dibuka dari layar smartphone android tampilannya bagus dan jelas, sedangkan dibuka di layar yang lebih besar (tablet) akan menjadi buram.

Review 4 Bulan Pemakaian Samsung Galaxy Tab S6 Lite Chiffon Pink 2021

Kualitas dan Fungsi S-Pen

Ketika kalian memutuskan untuk membeli Samsung Galaxy Tab S6 Lite secara online, pastikan dulu kalian tau cara cek kualitas gadget Samsung secara keseluruhan, termasuk cara cek kualitas S-Pen Samsung. Jangan sampai kalian hanya sekedar cek manual yaitu menulis coret-coret biasa di Samsung Notes, misalnya.

Cara cek kualitas tablet samsung dapat dilakukan dengan masukkan kode *#0*# pada Phone atau Dial Pad (ituloh bagian kalau kamu mau ngetik nomor telfon orang).

sudah dapat S-Pen Samsung Galaxy Tab S6 Lite

Sejak awal beli dan sampai pemakaian 4 bulan, ujung/tip S-Pen ku masih bagus dan sensitif. Selama ini pun aku cukup sering melakukan note taking menggunakan S-Pen. Tip S-Pen memiliki karakter material yang halus sehingga tidak perlu khawatir layar akan tergores. Tapi, justru kita harus rajin memastikan bahwa layar kita tetap bersih agar tidak ada debu kasar yang merusak tip S-Pen.

Kapasitas Penyimpanan Internal

Samsung Galaxy Tab S6 Lite 128 GB /4 GB artinya gadget yang aku beli memiliki kapasitas penyimpanan internal yaitu 128 GB dan kapasitas RAM 4 GB. Aku cukup puas dengan kapasitas ini. Kapasitas penyimpanan internal cukup longgar dengan catatan harus rutin sinkronisasi atau pindahkan file ke penyimpanan online, misal Google Drive atau Dropbox. Hal ini rutin aku lakukan karena aku mulai membuat konten video untuk Youtube. Tau sendiri kan, ukuran file video jauh lebih besar daripada ukuran file foto?!

Selain itu, jangan lupa cek bagian/folder "Sampah" karena file foto.video/notes yang kita hapus, sebenarnya belum terhapus permanen. Dalam waktu 30 hari, file tersebut masih tersimpan di bagian "Sampah". Makanya kalau sudah yakin untuk hapus filenya, langsung cek juga bagian "Sampah", ya!

Kapasitas penyimpanan internal dan RAM Samsung Galaxy Tab S6 Lite

Kemudian RAM 4 GB juga memberikan performa yang sangat baik. Memang, tablet ini aku gunakan cenderung untuk hal ringan, makanya performanya tetap baik-baik saja. Aku tidak tau bagaimana performanya untuk gaming. Bisa dibilang, aplikasi berat yang aku buka, mungkin hanya VLLO, yang merupakan aplikasi editing video. Dan sejauh ini, aplikasi VLLO masih terasa sangat ringan saat digunakan dalam gadget dengan RAM 4 GB.

Daya Tahan Baterai

Samsung Galaxy Tab S6 Lite memiliki tipe bateri Li-Po 7040 mAh dan non-removable. Tentang daya tahan baterai sebetulnya hal yang tidak bisa dibuat standarnya. Berapa lama daya tahan baterai sangat tergantung pada pemakaian pemiliknya. But, it's ok, aku akan kasih gambaran daya tahan baterai versi penggunaanku.

Daya tahan baterai sekitar 3 hari, apabila lebih dominan mengaktifkan mode pesawat sehingga tidak perlu daya untuk mencari sinyak internet/wifi. Kondisi ini biasanya ketika aku sedang restok tulisan untuk draft blog di Samsung Notes. Aplikasi bawaan samsung ini tidak memerlukan koneksi internet.

Daya tahan baterai sekitar 1-2 hari, apabila seimbang antara on dan off mode pesawat. Kondisi ini biasanya ketika aku ingin menggunakan tablet untuk menonton youtube/netflix sebagai hiburan atau editing video

Daya tahan baterai hanya 1 hari, apabila terus menggunakan wifi dan terus digunakan untuk bekerja seperti editing video, online meeting, atau maraton K-drama hahaha.

Untuk menjaga kualitas baterai agar tidak cepat boros, aku selalu menggunakan stop kontak timer saat proses charging. Ohiya, waktu yang diperlukan untuk mengisi daya dari 15% ke 100% adalah sekitar 3 jam 10 menit. Mengatur waktu pada timer stop kontak dapat mengurangi resiko over-charge.

Apakah Samsung Galaxy Tab S6 Lite masih bisa Upgrade Perangkat Lunak ?

Jawabannya, bisa! Walaupun S6 Lite ini akan perlahan tergantikan oleh Samsung Galaxy Tab S7atau S8 namun Samsung tetap memberikan izin untuk gadget ini bisa melakukan Upgrade Perangkat Lunak dalam beberapa tahun kedepan, setau aku sekitar 3-4 tahunan, masih bisa dilakukan upgrade. cmiiw.

Dalam rentang 4 bulan pemakaian sudah ada mungkin sekitar 3x upgrade, jujur aku lupa. Tapi, upgrade yang paling terbaru ini, aku senang banget karena microphone ektsternal yang tadinya tidak support, akhirnya bisa support! Yes, Microphone Boya BY-M1 Lavalier Clip On dapat digunakan pada Samsung Galaxy Tab S6 Lite. Dengan begitu akan sangat memudahkan dalam proses recording untuk voice over di video aku :)

Apa saja yang didapat dalam box?

Kalau kalian ingin tau lebih tentang apa saja isi dalam box, detailnya sudah aku record dalam video Unboxing Samsung Galaxy Tab S6 Lite. Silahkan ditonton ya :)


Kalau tertarik dan kepo tentang gimana Samsung Galaxy Tab S6 Lite bisa membuat aku menjadi semakin produktif, please subscribe my Youtube channel karena aku akan buatkan videonya :)

Accessories yang Support Samsung Galaxy Tab S6 Lite

Alasan aku memilih Samsung Galaxy Tab S6 Lite juga karena sudah banyak dijual accessories yang support pada jenis tablet ini. Mulai dari harga yang murah maupun mahal. Karena budget ku pas-pasan, aku memilih untuk membeli accessories yang harganya sangat terjangkau. Dan ternyata, aku tidak menyesal karena kualitasnya oke, kok!

Accessories apa saja yang aku gunakan dan dimana tokonya, akan aku share di blogpost berikutnya, ya! Kalau aku gabung di blog post sekarang akan terlalu panjang tulisannya. Nanti kalian bisa temukan di tag "Techno"


***
Yes! Finally, this is the end of my blog post today. Thank you so much for reading until the end and see you in my next post!

Oh! Don't forget to follow my blog:
GFC (you can click "join this site")

Instagram: @vidazenitha
Facebook: Vida Zenitha

Thank you!

You Might Also Like

4 comments

  1. Wow, it has really great specs! Something to add to my Christmas wish list!

    ReplyDelete
    Replies
    1. this one can increase your productivity. grab it dear :)

      Delete
  2. Aku tadinya galau antara ini sama s7 FE, berakhir dengan beli s7 FE soalnya butuh layar yang lebih besar hahaha. Dan memang sih tablet skrg udh perlu banget ya buat membantu produktifitas. Reviewnya bagus btw <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ukuran layar mmg jadi pertimbangan penting ya. Antara kepingin alih fungsi seperti laptop atau sbg pendamping saja.

      Trimakasii sudah mampir :)

      Delete

PART OF INDONESIAN HIJAB BLOGGER

PART OF INDONESIAN FEMALE BLOGGERS

https://www.facebook.com/groups/1949767178581022/

PART OF BLOGGER PEREMPUAN

Blogger Perempuan

Subscribe