TAKARAN PENGGUNAAN SUNSCREEN YANG TEPAT DUA JARI ATAU DUA RUAS JARI

Thursday, August 17, 2023

Hi everyone! Berapa banyak sih takaran pemakaian sunscreen yang tepat? Viral di T*kT*k saling stitch untuk koreksi tentang takaran pemakaian sunscreen. Baik itu antara beauty influencer, dokter, maupun content creator kategori non-beauty. Banyak yang bingung dan akhirnya memilih "senyamannya aja deh".

Sebelum lanjut, sebentar niiih, kita satukan suara dulu yaa. Amati gambar di bawah ini biar kita satu kata tentang takaran "dua jari" dan "dua ruas jari".

Berapa takaran sunscreen yang tepat untuk wajah dan leher


Jadi, berapa takaran penggunaan sunscreen yang tepat untuk wajah ?

Lebar keseluruhan wajah dan leher setiap orang berbeda, apalagi bagian tubuh lain seperti tangan atau kaki yang juga terpapar oleh sinar UV. Jadi, banyak expert yang menggunakan "perkiraan takaran"

Pakai sebanyak 2,5 gram atau 1 sendok teh untuk keseluruhan wajah dan leher. Ribet kan masa harus nimbang dulu? Walaupun menjadi subjektif namun penggunaan takaran dengan jari relatif lebih praktis. Takarannya: *disarankan pemakaian sebanyak DUA JARI (menggunakan jari tengah dan jari telunjuk) untuk diaplikasikan pada WAJAH DAN LEHER.

Pemakaian sunscreen sebanyak dua jari bertujuan agar sunscreen benar-benar diaplikasikan secara merata ke seluruh kulit wajah dan leher. Kata "rata" disini artinya:

"Banyaknya jumlah sunscreen yang diaplikasikan pada setiap bagian wajah (seperti pipi, dahi, dagu) dan leher (depan dan belakang) adalah sama."

Nggak ada yang terlalu tipis atau terlalu tebal di bagian tertentu. Dengan begitu *diharapkan kulit dapat terlindungi secara optimal.

Kalau pakai sunscreen hanya dua ruas jari untuk wajah dan leher, *ditakutkan terlalu tipis sehingga perlindungan kurang optimal.

INTINYAAA pakai dua jari itu adalah SARAN dengan HARAPAN bisa memberikan proteksi yang optimal. Tapi, yaaa balik lagi, kamu punya harapan yang sama atau tidak? Kulit mu cocok atau enggak jika menerapkan pemakaian seeebanyak itu? Jadi, mau mengikuti saran itu atau tidak, semua kembali lagi ke masing-masing individu.

PERTIMBANGAN LAIN TERKAIT TAKARAN PENGGUNAAN SUNSCREEN

1. FORMULASI PRODUK. Takaran dua jari untuk wajah dan leher dapat diterapkan pada sunscreen minimal SPF 30 ya. Jadi, penting banget untuk pilih produk sunscreen dari brand yang kredibel yaa. Kok rasanya agak ngeri-ngeri syedap gituuu, kalau ternyata antara formulasi produk dan klaim SPF yang tertulis di kemasan ternyata nggak sama. Jangan sampai, di formulasi produk SPF sesungguhnya hanya 10 tapi klaim di kemasan tertulis SPF 50, ups!

2. AREA PEMAKAIAN SUNSCREEN. Setiap membaca tentang takaran penggunaan sunscreen, perhatikan area yang disebut. Misal, di awal aku sebut DUA JARI untuk area WAJAH & LEHER sedangkan di akhir (nanti) aku menuliskan SATU JARI hanya untuk area WAJAH ! Penting banget untuk nggak skip info ini karena beda area bisa beda loh takarannya.

3. TEKSTUR SUNSCREEN. Tekstur produk sunscreen ada yang seperti gel lotion dan cair (like a milky texture).  Perbedaan jenis sunscreen berpengaruh pada takaran juga. Takaran dua jari untuk wajah dan leher dapat diaplikasikan pada sunscreen dengan tekstur cenderung cair. Sebelumnya, aku mention bahwa pemakaian yang disarankan adalah 2,5 gram. Secara massa (gram) jumlahnya sama, baik cair atau gel, tapi karena kita pakai takaran jari, maka yang kita perkirakan adalah volumenya. Itulah mengapa beda tekstur, bisa beda takaran jarinya.

Jadi, aku harap setiap produk sunscreen bisa memberikan informasi cara pakai dengan takaran pemakaian untuk anak dan dewasa disertai ilustrasi yang jelas.

4. KONDISI KULIT. Gunakan takaran yang tepat sesuai kondisi kulit yaa. Coba perlahan dari takaran yang sedikit dulu, misal satu jari untuk wajah dan leher. Kemudian tingkatkan takarannya. Jika pemakaian sedikit saja kulit mu menunjukkan tanda-tanda negatif seperti kemerahan atau jerawat. Bisa jadi kulit mu tidak cocok dengan sunscreen tersebut. ATAU kamu tidak membersihkan sisa-sisa sunscreen di wajah dengan tepat sehingga memunculkan masalah baru. Jadi, wajib bersihkan wajah dengan benar setelah pakai sunscreen!

***

Kalau aku, karena berhijab, jujur nih, bagian leher nggak pakai sunscreen. Tapi, tetap pakai day cream yang sudah ada UV filternya aja (terkadang nggak tertulis SPF berapa).

"Aku pakai sunscreen untuk wajah dengan takaran 1 jari (jika tekstur sunscreen cair) atau 2 ruas jari (jika tekstur sunscreen gel)."

Coba baca juga artikel dari Healthline.com tentang konversi pengukuran takaran sunscreen untuk wajah dengan menggunakan jari sebagai alat bantu ukur yang lebih praktis.

Apakah takaran penggunaan sunscreen mu sudah tepat? Tulis dong di kolom komentar, selama ini berapa sih takaran penggunaan sunscreen mu dan lagi pakai sunscreen apa nih? Boleh juga follow aku di instagram @vidazenitha untuk ngobrolin lebih banyak hal tentang skin care dan make up!

You Might Also Like

0 comments

PART OF BLOGGER PEREMPUAN

Blogger Perempuan

Subscribe