PENTING ! ALASAN MENGAPA MEMILIH PRODUK LOKAL YANG WAJIB KAMU PERTIMBANGKAN

Wednesday, August 30, 2023

 Flashback sekitar tahun 2016 ketika aku mulai belajar tentang step skin care termasuk mencoba-coba make up. Brand asing dari Amerika, Eropa, dan Korea masih dianggap produk dengan teknologi terbaik, produk paling berkualitas, mewah, dan *ehem bergengsi! Aku pernah ikutan jastip produk kecantikan dari luar negeri. Aku harus membayar harga produk, pajak, dan tentu harga jasa termasuk ongkos kirim. Totalnya, MAHAL BANGET! Apakah produknya BAGUS? BIASA AJA!!! Overprice, iya! dan warnanya nggak cocok untuk kulitku yang khas Indonesia ini. Duh! Kecewa dan cukup satu kali itu saja ikutan jastip produk luar.

Pengalaman pahit inilah yang membuat aku berpikir "bukankah lebih baik explore produk-produk lokal?". Nah, ada beberapa alasanku mengapa memilih produk lokal yang kamu perlu tahu!

skinproof alasan mengapa memilih produk lokal review wardah perfect bright beauty moisturizer oil control


1. Harga produk yang kompetitif

Diproduksi dalam negeri dan proses distribusi yang cepat membuat konsumen lebih mudah untuk mendapatkan produk lokal. Tentu saja hal ini mempengaruhi harga jual.  Produk asing yang diimpor membutuhkan biaya distribusi lebih besar seperti ongkos kirim antar negara, perubahan nilai mata uang, dan juga pajak impor produk. Selain itu, sebagai produk impor yang legal, harus mengikuti regulasi yang ada seperti mendapatkan ijin edar BPOM. Dengan kualitas produk yang sama, harga produk lokal akan relatif lebih terjangkau dibandingkan produk asing, apalagi bahan baku juga tersedia di dalam negeri.

2. Mendukung perkembangan teknologi riset dalam negeri

Memilih produk lokal tidak hanya berperan dalam membantu perekonomian lokal karena terciptanya lapangan pekerjaan baru. Dari sudut pandang konsumen, nilai suatu produk jadi lebih terukur. Semakin tinggi teknologi sains dalam proses pengembangan produknya, maka wajar harganya semakin mahal. Key-ingredients yang unik dan hasilnya terbukti bagus pasti nilainya lebih mahal karena proses penemuan inovasi dan penelitiannya tidak mudah. Jadi, lebih baik bayar mahal untuk produk lokal karena mendukung perkembangan teknologi sains lokal juga.

Teknologi formulasi dalam pengembangan produk yang selalu update dibarengi dengan riset yang lebih valid membuat produk lokal lebih menjanjikan performanya. Kenapa?

Produk lokal tentu akan mengutamakan konsumen lokal, dong!

Jika produk skin care atau perawatan kulit, tentu perusahaan akan mencari tahu apa saja masalah kulit yang umum bagi warga Indonesia, termasuk mempertimbangkan kondisi iklim di Indonesia. Jika produk kosmetik, pasti akan mengutamakan warna-warna kulit khas warga Indonesia sehingga siapapun, mau itu pemilik kulit kuning langsat atau kulit sawo matang pasti akan terpenuhi kebutuhannya. Untuk itu, penting sekali melakukan riset langsung terhadap warga lokal dalam setiap proses pengembangan produk.

Riset yang dilakukan bersama volunteer tidak bisa asal riset sebatas nyobain produknya saja, tapi harus dalam pengawasan dan treatment tertentu agar hasilnya valid. Kalau selama ini kita hanya mengenal perusahaan yang memproduksi, kali ini aku perkenalkan suatu perusahaan yang bergerak pada bidang evaluasi produk kosmetik dan riset konsumen.

Kita sebagai konsumen juga perlu loh aware dengan perusahaan riset konsumen agar semakin yakin bahwa produk yang akan kita beli memang cocok dan asli buatan Indonesia. Karena banyak yang nge-klaim bahwa produknya adalah produk lokal, tapi ternyata proses produksi dan risetnya dilakukan di luar negeri.

SKINPROOF, anak perusahaan Arya Noble ( @aryanoblelife ) yang sejak tahun 2017 telah dipercaya oleh berbagai perusahaan kecantikan (kosmetik dan skincare) dalam hal consumer insight, cosmetic claim support, sensory research hingga konsultasi dan layanan regulasi. Kamu bisa kepoin Skinproof dari instagramnya @skinproof.id bahwa setiap evaluasi dan riset yang dilakukan saat uji coba produk ke volunteer dalam pengawasan dan treatment yang jelas. Informasi/Product Knowledge SKINPROOF juga bisa di cek pada websitenya di https://skinproof.co.id/ 


logo skinproof


Berikut kutipan narasumber pada press release : Head of Skinproof, Theresia menjelaskan "Kami membantu pelaku usaha kosmetik mulai dari proses product development, cost reduction, identifikasi keunikan produk, benchmarking dengan produk sejenis atau kompetitor, hingga respon konsumen, untuk mengembangkan produk terbaik yang aman dan sesuai regulasi". Theresia juga menambahkan bahwa saat ini konsumen semakin paham akan kandungan dan keamanan produk kosmetik, sehingga mendorong produsen kosmetik untuk terus berinovasi mengembangkan produk yang layak dan sesuai dengan regulasi.

Dari penjelasan yang dipaparkan oleh Ibu Theresia, produk yang telah diuji oleh Skinproof berarti lebih dapat dipercaya. Setiap brand pasti memberi klaim yang bagus tentang produknya, tapi banyak loooh yang OVERCLAIM atau klaimnya terlalu berlebihan. Nah, pada product skincare by Skinproof, klaim yang tertera di setiap kemasan produk, bukan klaim kosongan untuk menarik konsumen, tapi klaim yang memang sudah teruji.

Salah satu produk yang telah diuji oleh Skinproof adalah Wardah Perfect Bright Moisturizer. Aku sudah coba produknya dan yeeeeess semua klaim terbukti! Pokoknya, klaimnya nggak berlebihan.

Pemakaian rutin Wardah Perfect Bright Moisturizer + Oil Control akan membuat wajah cerah, sehat, dan bebas kilap. Oil control-nya bekerja dengan baik pada kulit wajahku yang normal cenderung berminyak. Ditambah dengan adanya SPF 30 PA+++, moisturizer ini berperan sebagai day cream andalanku yang dapat melindungi kulit dari paparan sinar UV A dan UV B dari matahari. FYI, Skinproof juga bisa cek kadar SPF produk tabir surya looh. Jadi, klaim SPF 30 PA+++ ini terjamin validitasnya!

tekstur wardah perfect bright moisturizer oil control


Inovasi produk Wardah Perfect Bright Moisturizer juga tertulis jelas pada kemasannya. Kombinasi formula unik dari 4 Bright Berries  (goji berry, cranberry, acai berry, dan amethyst berry) yang kaya akan vitamin B3, vitamin C, dan vitamin E memiliki manfaat mencerahkan, menutrisi, serta meratakan warna kulit bekas jerawat. Cocok untuk kulitku yang selalu ada jerawat setiap bulannya. Ditambah dengan kandungan Zinc, Wardah Perfect Bright Moisturizer + Oil Control dapat menjaga dari tampilan minyak berlebih.

review wardah perfect bright oil control moisturizer untuk kulit berminyak

Kalau diamati lebih detail, pada bagian belakang kemasan, terdapat label VEGAN. Yes! Ini salah satu produk yang Vegan Friendly. Tentunya, klaim ini juga sudah dipantau oleh Skinproof dengan menyesuaikan regulasi sesuai BPOM!

3. Komunitas yang terhubung langsung dengan brand lokal

Saat dan setelah launching produk, setiap brand lokal pasti meninjau bagaimana respon konsumen terhadap produk mereka. Hal ini sangat menguntungkan, baik bagi konsumen dan brand. Review atau testimoni setiap konsumen akan lebih cepat diketahui oleh brand.

Positif ataupun negatif testimoni dari konsumen sangat berperan penting bagi brand. Kita pun sebagai konsumen merasa senang jika brand mendengar bahkan sampai direalisasikan. Entah itu berupa improved formula dari batch sebelumnya, atau produk yang benar-benar baru untuk masalah kulit baru yang lebih spesifik.

Mungkin teman-teman juga sadar, bahwa sekarang kosmetik lokal jika launching produk complexion paaaasstii pilihan shade-nya banyak! Kita sebagai warga lokal, apapun skintone dan undertonenya pasti menemukan shade yang cocok. Itulah salah satu keluhan konsumen lokal yang sudah direalisasikan solusinya oleh brand lokal. Good job!

***

Kalau kamu, brand lokal mana nih yang jadi kecintaan?? Atau masih suka ikut jastip beli produk luar? Aku sih sudah nggak pernah, karena nggak mau coba-coba produk non BPOM. Pilihan yang aman dan teregistrasi BPOM sudah banyak kok! Apalagi sudah banyak juga brand lokal yang diuji oleh SKINPROOF ;)

You Might Also Like

0 comments

PART OF INDONESIAN HIJAB BLOGGER

PART OF INDONESIAN FEMALE BLOGGERS

https://www.facebook.com/groups/1949767178581022/

PART OF BLOGGER PEREMPUAN

Blogger Perempuan

Subscribe